victimofgip.99Avatar border
TS
victimofgip.99
Video 'Sumbangan Kampanye' Beredar, Ahok: Fitnah Tak Cerdas


Jakarta - Sebuah potongan video penandatanganan kontribusi tambahan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pengembang reklamasi beredar di media sosial. Peristiwa dalam video itu berlangsung pada 14 April 2014 di Balai Kota, Jakarta.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat itu menjabat sebagai wakil gubernur DKI mewakili pemerintahan provinsi Jakarta untuk membubuhkan tanda tangan. Dari pihak pengembang pulau reklamasi hadir antara lain perwakilan dari PT Muara Wisesa Samudra, PT Jaladri Kartika Ekapaksi, dan PT Taman Harapan Indah.

Salah satu percakapan dalam video itulah yang kemudian menimbulkan tanda tanya. Seperti dilihat detikcom pada Selasa (17/1/2017), di video tersebut, Ahok menyinggung soal biaya kampanye untuk 2017.

"Kalau ini diberesin, 2017 tidak usah kasih duit kita kampanye, Pak," kata Ahok sambil membolak-balik berkas perjanjian kerja sama dan membubuhkan paraf.

Suasana yang sejak awal sudah penuh keakraban itu pun kian cair. "Asyik… enggak usah. Ini saja sumbangan saya, ya, Pak. Sudah jadi langsung, ya," kata Direktur Utama PT Muara Wisesa Samudra, Ariesman Widjaja menimpali.

Bagian saling sahut antara Ahok dan Ariesman inilah yang kemudian beredar di media sosial dan percakapan grup WhatsApp. Terkait beredarnya potongan video tersebut, Ahok meminta semua pihak menonton video itu secara utuh.

Dia menilai pihak yang menyebarkan video itu secara sepotong-potong hanya ingin memfitnah. "Nonton saja versi Pemprovnya. Yang upload video semua itu siapa? Kami yang upload semua, memang otaknya mau fitnah saja," kata Ahok saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (17/1/2017).

Menurut Ahok, saat itu dia menyampaikan ke semua pengembang pulau reklamasi, termasuk Podomoro jika membayar kewajiban dan memberikan kontribusi tambahan, maka dia tidak perlu lagi uang mereka untuk kampanye.

"Saya sampaikan jika semua pengembang termasuk Podomoro bayar kewajiban mereka dan berikan kontribusi tambahan bangun DKI Saya tidak perlu uang mereka untuk kampanye lagi.

Terbukti mereka bayar (kontribusi) dengan bangun Rusunawa. Saya memang tidak perlu uang kampanye dari pengembang," kata Ahok.

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 itu pun membeberkan bukti bahwa di kampanye Pilgub kali ini dia menghimpun dana dari rakyat. Tim sukses pun saat ini sudaha menutup penggalangan dana kampanye.

Ahok menilai pihak yang menyebarkan video tersebut tidak cerdas dalam memfitnah. "Fitnah kok kurang cerdas. Video yang mereka potong pendek sumbernya dari mana? resmi kami upload dari Pemda," ungkap Ahok.

Inilah video utuh Ahok soal perjanjian kontribusi tambahan tersebut.


https://m.detik.com/news/berita/d-33...nah-tak-cerdas

Fitnahnya dimana ya?

Kan memang faktanya adalah dalam video itu KEWAJIBAN PENGEMBANG dibater dengan SUMBANGAN KAMPANYE.

Jadi kalau sudah bayar kewajiban pengembang maka tak perlu lagi sumbang kampanye.

Mari kita kaji, apa yang diberikan pengembang itu sama saja dengan gratifikasi. Demi mendapat proyek reklamasi maka ditukar dengan uang yang diberi nama kewajiban pengembang. Siapa yang dapat untung? Adalah pengembang dan si Hoktod.

Jadi misalkan ada uang suap dibayarkan ke seorang politikus lalu sama si politikus dibelikan sembako, atau bangun jalan, atau bangun fasum, dll. Karena si politikus melakukan itu mau maju Pilkada.

Jadi sama saja. Si Hoktod mau maju pilkada lalu dibangunkan Fasum, Rusun, jalan oleh pengembang. Lalu si Hoktod koar koar itu karena dia dan dijual secara politik.

Tidak ada bedanya.

Jadi kalau si Hoktod terima langsung duit 300 miliar maka akan langsung terdeteksi oleh PPATK. Tapi kalau uang diberikan dalam bentuk barang berupa fasilitas publik atas nama kewajiban pengembang maka dia bisa berkilah kalau itu untuk rakyat. Padahal dia tetap dapat keuntungan politik dengan menjual kemana mana kalau semua pembangunan dari kewajiban pengembang itu jasa dia. Maka secara politik dia akan untung.

Untunglah akhirnya tersandung di kasus penistaan agama. Tuhan memang tidak pernah tidur.
Diubah oleh victimofgip.99 17-01-2017 17:44
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
27.5K
471
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan