alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Putra Mahkota Kesultanan Pontianak Bersama Perwakilan Ormas Temui Kapolda Kalbar
3.67 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/587898ccde2cf2d2598b4569/putra-mahkota-kesultanan-pontianak-bersama-perwakilan-ormas-temui-kapolda-kalbar

Putra Mahkota Kesultanan Pontianak Bersama Perwakilan Ormas Temui Kapolda Kalbar

Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 18
fpi berubah nama jadi gnpfmui? biar diakui kemendagri?
Quote:


oh gitu ya gan? baru denger ane hoax kaya gini emoticon-Ngakak
Quote:


Bagi kami semua muslim adalah saudara,,,,,,, dayak muslim bisa membedakan mana yg muslim & mana yg tapir taik macam kalian,,,,,,
Quote:


Untuk daerah kalbar, mau ngaku atau nggak emang sudah ada asimilasi antara suku asli(ente bilang penamaan dayak dari belanda kan?) dengan melayu pendatang(muslim)

Sedangkan sejak awal ente gak ada menekan kan hal tersebut ada pada daerah tertentu di Kalimantan, ente menggeneralisasikan bahwa kalau ada orang dayak masuk Islam maka dia akan menjadi melayu atau lebih ngaku melayu daripada dayak(coba baca ulang post ente). Coba jalan2 ke daerah lain, lihat bagaimana dayak muslim masih merasa sebagai orang dayak dan muslim
Karena dayak itu adalah ras kami, takdir kami terlahir sebagai dayak, dayak adalah darah daging kami, yang sampai mati gak bisa berubah.
Islam merupakan agama kami, beberapa dari kami mungkin terlahir sebagai muslim dari orang tua tapi itu jadi pilihan hidup kami, jalan hidup kami yang sampai mati gak akan kami ubah.
So sejak awal ane mempertahankan argumentasi bahwa dayak asli muslim tetap dayak, gak akan berubah jadi melayu dan bukan berarti sebagai dayak kami mau digeneralisasikan oleh dedengot FPI sebagai kafir
Meweknya selalu bawa bawa umat. Gentle lah pekok!
Yg ditolak elu doang. Yg lain nggak.
Makanya ngaca! Ulama kok bs dimusuhin.
Quote:
nah ini yang Bener emoticon-thumbsup

Diubah oleh CBR25OR
Terimakasih sultan...


Hati anda masih ada harga diri muslim
Nastak gk dimana mana emg ngelunjak, jumlah seonggok, sok petatantang petenteng, begitu di ladenin ngumpet ke gorong gorong



emoticon-DP
Quote:


baca jawaban ente jd ingat bapak gw di kampung di pedalaman kalimantan jago banget berburu pake sumpit dia bisa bunuh burung pake peluru tanah liat dulu waktu kecil kami sampai naik ke pohon kalau berburu burung dan kalau kemarau berburu ikan pake racun tuba...setiap meracun ada aja yg baca mantera akhirnya racunnya gak mempan tapi kadang2 buaya yg timbul...kangen gw sumpahhh
anjeng lah... gara2 satu mulut busuk, kang taik indonesia di ambang perpecahan.. emoticon-Najis
Quote:


sori ane nd baca hbs..nd ptg &kpnjngn..lha ane konteks pd trit ts kasus dikalbar..wajar tho ane sesuai ap yg ada dsana? ente nya aj nylonong msk..stilah dr kololonial emg general sluruh klmntn..kl ente msh merasa yh monggo trserah ente emoticon-Embarrassment
Quote:

Gan knp banjar di bawa2, unda urang banjar. Banjar itu terdiri dari keturunan Maanyan, ngaju, lawangan, siang murung dan melayu. Dalam sejarah kerajaan banjar, sultan pasti memperistri wanita dayak. Dan menurunkan sultan berikutnya.

Pada sok jagoan
Sok sakti
Gue di jawa (jawa tengah,jawa timur jogaja) paling aman2 aja,gak pernah bawa nama suku2.
Pdhl disini bnyak pedatang berbagai suku dr luar..
Klo bisa,adanya persatuan dayak itu lbih ke pelestarian budaya,bukannya malah sok jagoan
Mulai lagi ngadu domba...nga bosen ??
Nastak suka Babi gimana ya perasaannya emoticon-Big Grin
Jelas sudah yang menghadang WaSekjen MUI kemarin adalah Dayak KW.. cuma bayaran doang ...
Quote:


begitulah nastaik gan... cuma seuprit dikit, merasa sudah mewakili aspirasi semua warga Dayak

Quote:


balik ke mengleng gan, udah ga punya daya lagi..bingung mau gimana, kebongkar semua tipu2 nyaemoticon-Frown emoticon-Frown
Quote:


ane ga mau tau soal dayak muslim non muslim
yang ane bold itu, kenapa dikasi nama Pontianak? setau ane Pontianak = Miss K. ada sjarah/asal usul nama Pontianak?
Quote:


setau gue jg begitu bre
emoticon-Hammer2
Quote:


Baca dari awal, ane fokus dalam klasifikasi suku di Kalimantan yang secara umum di bagi 3. Dayak, banjar, dan melayu.
OK kita ngomong suku banjar.
Kalau kita tarik ratusan tahun suku banjar emang suku asli kalimantan, tapi tarik lagi ribuan tahun lalu sebelum kerajaan banjar berdiri suku banjar itu suku pedagang dari wilayah barat(sumatera) yang nanti akhirnya terbagi 3 yaitu banjar pahuluan yang menjadi berasimilasi dengan dayak sana dan menjadi asal usual suku meratus nantinya, banjar kuala yang jadi asal usul Banjarmasin sekitarnya dan sekitarnya, dan banjar pinggir Sungai di sepanjang sungai negara.

Nah suku dari melayu kuno tersebut berasimilasi dengan penduduk sekitar kalsel yang akhirnya menjadi suku banjar sekarang.

So apa suku banjar sama dengan dayak? Berdasarkan asimilasi ribuan tahun dan arah kebudayaan maka suku banjar gak bisa dibilang suku dayak, gak mau dibilang dayak, dan menjadi suku sendiri.
Bukti kalau suku banjar itu gak bisa dibilang suku dayak juga dilihat dari kebudayaan ya yang emang lebih maju dan berperadaban(mengenal sistem pemerintahan berbentuk kesultanan yang berdaulat)

Bukti kalau suku banjar itu berasal dari melayu kuno bisa dilihat di kebudayaan dan bahasa nya, yang mana unik nya suku banjar itu berada di bagian Timur kalimantan tapi kebudayaan dan bahasa nya seperti pulau yang di sebelah barat kalimantan(sumatera dan malaka).

Fokus awal ane kenapa ada klasifikasi ini karena ada yang menebar isu kalau dayak muslim itu bukan dayak tapi melayu.
Dan ini fatal, karena nanti bisa berkembang ke isu orang dayak itu adalah kafir.

Kenapa banjar Kebawa? Karena sebagai 1 kesatuan suku asli kalimantan mau gak mau sejarah nya juga kena bahas.
Kalau kata ente suku banjar itu asli kalimantan sejak ribuan tahun yang lalu maka kenapa bentuk bahasa dan kebudayaan nya justru mirip melayu yang notabene berada di pulau2 di sisi lain kalimantan selatan?
Diubah oleh cosebel
Halaman 12 dari 18


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di