KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Semua tentang Administrasi pernikahan Masuk SINI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004393381/semua-tentang-administrasi-pernikahan-masuk-sini

Semua tentang Administrasi pernikahan Masuk SINI

Tampilkan isi Thread
Halaman 60 dari 65
selamat malam agan sista, ane mau konsultasi masalah administrasi pernikahan.

Tadi calon ane ke perangkat desa buat nitip surat pendaftaran nikah sebelum ke KUA tempat kami nikah nanti. surat numpang nikah dari KUA tempat tinggal ane & KUA tempat tinggal calon ane udah beres dan komplit. nah tadi calon ane dikasih tau kalo ane harus ngasih KTP orang tua, masalahnya disini orang tua ane udah cerai dan ane gak tau tempat tinggal bokap ane sekarang (keluarga bokap ane jg gak tau tinggal dimana bokap ane sekarang ). yg mau ane tanyain, apakah wajib melampirkan fotocopy bokap ane? kalo pake surat cerai orang tua ane aja apa gak bisa ya?

mungkin ada pencerahan dari agan & sista dimari... terimakasih sebelumnya
Numpang nanya. Klo kita udah cerai. Akte cerai ada. Tp di ktp ma kk masih single. Klo kaya gitu bisa ga buat nikah. Apa di ktp ma kk harus tertulis janda or duda
Haloo gan...
Ane mhon pencerahan dan jawaban yg menyankinkan
Ane mau nikah desember taun ini cma ada beberapa kendala :
1. Clon suami KTP nya blum yg e-ktp, dia domisili tambun
Awal nya blan 9 kemaren ane dan calon pergi ke tambun untuk mendaftarkan diri bkin e-ktp tpi kesana cuma dpat jadwal fto sja untuk tgl 4 nov ini sedangkan ane bilang ke pihak kecamatan bhwa ane mau bkin surat nikah secepat nya bagaimana alternatif lain selama ane tnggu pembuatan ktp tpi berkas ane untuk ke KUA bisa dimasukan dlu?? Dan di kasih tau untuk minta surat RESI di kantor desa bahwa si calon suami sedang membuat e-KTP.. dan hari ini ane pergi lgi ke kecamatan nya untuk fto tpi tanpa di duga no nik si calon suami gak muncul di database kecamatan 😂😂
Jdi, sekarang ane sedang di bntu oleh petugas kecamatan untuk lbh mempercepat proses no nik si calon muncul ke database lgi...
Mslah nya yang bkin ane bnggung apa bakal ngaruh data" yg sudah ane daftarkan ke KUA??
2. Ane bnggung soal BUKU NIkAH di agama islam...
Apa kan buku nikah ithu sah di negara seperti catatan sipil??
Apakah saat ane cerai buku nikah ithu kuat untuk mendapatkan hak yang seharus nya ane dpat??
Quote:


Status singel di KK siapa?
sync error ya? emoticon-Confused
Quote:


nggak
Quote:

tanya langsung ke KUA emoticon-Embarrassment
Quote:

salah satu syarat persidangan perceraian adalah kasi buku nikah ke pengadilan agama
kalo perceraian di sahkan, buku nikah di ambil negara
kalo perceraian batal buku nikah balik


kesimpulan, kalo udah cerai, ga punya buku nikah lagi emoticon-Nohope
Gan, ane mw tanya. Ane cwek. Ane mau nikah insha Allah bln januari. Ane sm calon ane KTP+KK jakarta (ane udh misah KK sm ortu krn ane pnya rmh djkt dan gamau pindah dr jkt.) nah ortu ane krn pindah k bandung jd bikin KTP+KK bandung. ceritanya akhir bln ini mw bikin surat keterangan numpang nikah d jkt krn mw nikah dr daerah rmh ortu dibandung. Yg ane mw tanya apa nnt mudah gan bkin pengurusannya krn KK ane misah sm ortu? Mohon ipohnya emoticon-Matabelo
gan, tanya donk.

ane pernah nikah, tapi lupa isi N4 tentang apa ya?
bisa kasih tau?

makasih
Quote:



dulu ane juga pisah KK, tp tetap diminta KK yg masih bareng ortu. Terus ane juga dulu numpang nikah di kabupaten lain, Alhamdulillah gak dipersulit sih.
Quote:


harus diganti dulu statusnya.
Quote:

surat keterangan tentang orang tua

emoticon-terimakasih
Gan, tolong masukannya. Berhububg ane sama cami blm ada pengalaman. Jadi rencana ane sama suami cuma mau melakukan pernikahan secara adat saja dan tidak ada istilah pemberkatan maupun resepsinya. Ini kira2 gmana cara urus catatan sipilnya ya?
Kemudian secara tradisi saya kan biasa ada cari hari baik untuk menikah, apakah memungkinkan untuk di kertas catatn sipil tertera tanggal adat tersebut? Mohon prncerahannya dan apa yang harus di siapkan. Apakah ada jasa untuk pengurusan catatan sipil juga?
mo tanya kan nih aku mo akad-resepsi januari nanti... nah persiapan awalnya pembuatan buku nikah ya... waktu antaran harta imam yang di tempat pasangan aku blng klo pembuatan n1 n2 n4 awalnya ketemu imam di mesjid deket rumah... apakah memang seperti itu? khawatirnya malah aku di malu2in lagi gak tau apa2 klo bertemu ke imam mesjid deket rumah terus nanyain itu n1 n2 n4... emang gw dah cari penjelasan di internet2, dan thread starter ini klo n1 n2 n4 itu kan dr awal prosesnya rt/rw dan lanjut ke kelurahan ya? kok beda dgn ucapan imam yg ada di pasangan aku itu? ato supaya di permudah mungkin maksdunya setiap imam mesjid ada jasa untuk pembuatannya ya? ato memang ada proses pembuatan aturan yg berbeda tiap daerah/kota/desa makanya imam di tempat pasangan aku blngnya pertama ke imam mesjid dulu?
Quote:


Mungkin kalo di tempat sy namanya mudin ya.. kalo ditempat sy mudin ini bisa bantu agan untuk urus surat2 yg diperlukan dri kelurahan sampai ke Kua nanti tpi Rt Rw tetep minta sendiri kalo ga salah.. tpi sy waktu nikah itu urus sendiri dibantu bokap ga masalah kok urus sendiri malah lebih dipercepat sy waktu itu krn di urus ortu capeng jadi bisa langsung ketemu kepala Kua dan proses selanjutnya (rapak) ga perlu nunggu lagi besok nya bisa langsung setelah itu tinggal nunggu hari akad nya yg sudah dijadwalkan..
Quote:


nggak harus emoticon-Nohope
Quote:


aturan yang dibikin sama negara - melalui undang undang pernikahan - mengharuskan calon mempelai membawa keterangan dari pemuka lingkungan setempat.
di jawa umumnya struktur pemuka lingkungan berupa RT/RW.
di daerah lain bisa aja beda
di Bali gak ada RT/RW
Quote:


Quote:


gw udah selesai ngurusin surat n1 n2 n4... btw pengurusannya klo di kelurahan yang gw tinggali gak perlu ke rt/rw, dan yg ngeluarin n1 n2 n4 itu bukan kelurahan tetapi bapak imam mesjid besar di kelurahan yg gw tinggali (klo agama lain pendeta etc)... dan nanti klo udah selesai ngisi semua2... nanti baru deh ke kelurahan utk minta ttd lurah serta cap lurahnya...
Quote:


sip semoga sukses gan emoticon-shakehand
Halaman 60 dari 65


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di