Flyc710Avatar border
TS
Flyc710
[SHARE] LINE Creator's Stickers


Quote:


Apa sih LINE Creator's Market?
Semua tau dong aplikasi LINE messenger yang cukup populer di Indonesia. Brown and Cony? Hampir semua pernah lihat pastinya karakter yang super cute dari LINE. Yang bikin LINE menonjol dibandingkan aplikasi messenger lainnya adalah fitur sticker-nya. Nah, sejak sekitar hampir setahun lalu, LINE meluncurkan Creator's Market sebagai yempat buat para desainer untuk menjual stickers bikinan sendiri.
Untuk lebih jelasnya silahkan maen ke website resmi LINE Creator's Market.

Tujuan ane bikin trid ini adalah buat tempat sharing sesama LINE Stickers Creator. Bisa tips dan trik buat bikin stickers yang hit sampai saling ngebantu promosiin stickers. Karena sekarang Creator's Market masih didominasi dengan stickers desainer Jepang. Sedangkan Indonesia sendiri berada di urutan ke-3 negara pengguna LINE Messenger terbanyak, dengan jumlah sekitar 20 juta pengguna.

Sebagian mungkin pernah baca laporan revenueLINE Creator's Market taon 2014 kemaren. Dalam 6 bulan saja udah meraup sekitar US$30 juta. Dengan 50% margin loyalty fee untuk desainer, berarti US$15 juta itu masuk ke kantong para desainer yang kalau dirupiahin sekitar 180 Milyar!!! Tapi memang itu dibagi ke sekitar 30,000 desainer aktif yang sticker-nya sudah terjual di stickers market.



Yang paling bikin ngiler sih konon 10 sticker yang bertengger di top 10 rata-rata sudah terjual sebanyak 36 juta Yen. Desainer mendapat 50%, sekitar 18 juta Yen, kalo dirupiahin kira-kira hampir 2 Milyar! Kebayang ga dapet 2 Milyar cuma dari jual sticker doang???


Full report bisa dibaca di link ini : LINE Release 6 Month Post-Launch Sales and Usage Figures for LINE Creators Market

Indonesia sendiri punya 20 juta users. Coba bayangin kalo sticker kalian dibeli oleh 0.1% aja users tersebut. Dengan margin loyalty sekarang yang sudah diturunin ke 35%, berarti dapetnya sekitar $0.35 per sticker. Dikaliin 20,000 uga totalnya sekitar $7,000 = 80 jutaan men. Memang, it's easier said than done. Tapi ga ada salahnya dicoba.

Berangkat dari mindset tersebut, ane beberapa bulan lalu mulai submit. Di luar dugaan, proses review cukup strict dan super lama. Set pertama ane di-submit sejak Desember dan sampai sekarang masih 'in review'. Sampe sekarang ane udah submit 3 sets dan semuanya masih 'in review'. Ane bakal share desain ane kalau udah launch di Sticker Shop emoticon-Smilie

Jadi buat desainer-desainer yang ada masukin stickers ke LINE, monggo share di mari. Bisa sharing performance-nya gimana? Is it worth your time? Sampai sekitar bulan lalu, ane lihat ada sticker bikinan desainer lokal dengan nick NIKSEN, yang judulnya Si Udin. Mungkin sebagian tau sticker ini. Karena sering bertengger di top 50. Ane penasaran yang punya dapet berapa so far emoticon-Big GrinHey NIKSEN, if you're reading this, kindly share.

Terlepas dari apakah untuk nyari uang jajan tambahan atau pengen memperkenalkan karya desainer lokal, menurut ane Creator's Market adalah salah satu sarana yang sangat menarik untuk berkarya emoticon-Malu (S)

===========================================================================

KOLEKSI STICKERS BIKINAN KASKUSER
Ane juga bakal share sticker-sticker bikinan kaskuser di halaman ini. Jadi kalo kamu kaskuser dan punya sticker yang dijual di LINE, silahkan gabung di trid ini dan PM ane buat nge-post karya kamu di sini. Ayo dukung desainer lokal emoticon-I Love Indonesia (S)
*klik gambar untuk link

Quote:


===========================================================================

BUAT YANG RAJIN NGEDESAIN STICKER, INI ADA LINK BUAT PREVIEW STICKER KAMU SEPERTI APA DI CHAT SCREEN LINE.
Credits to agan cucuks911yang udah nemu link berguna ini

Quote:

ARTIKEL TENTANG SALAH SATU CREATOR INDONESIA YANG CUKUP SUKSES.
Quote:

Diubah oleh Flyc710 28-07-2015 01:20
sealgeek
sealgeek memberi reputasi
1
166.9K
827
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan