astrophelAvatar border
TS
astrophel
[REBORN] Mengenal Edjaan Van Ophuijsen





Mengenal Edjaan Van Ophuijsen




Quote:


Halo, agan dan sista semoeanja. Bertemoe kembali dengan astrophel tamvan nan menawan jang kali ini akan me-rebornsalah satoe thread di Forsex milik indowers berdjoedoel Mengenal Edjaan Van Ophuijsen. Sebeloemnja akoe djoega soedah menambahkan beberapa pendjelasan lain oentoek menjempoernakan thread ini.

Tidak perloe berbasa-basi, langsoeng sadja kalian membatjanja di bawah ini hehe.

Edjaan Van Ophuijsen (Bahasa Belanda: De Spelling Van Ophuijsen) ataoe Edjaan Lama adalah edjaan yang pernah digoenakan bangsa Indonesia pada tempo doeloe, peninggalan dari Charles A. Van Ophuijsen (1857-1917), seorang ahli bahasa berkebangsaan Belanda jang pada tahoen 1901 memboeat edjaan oentoek bahasa Melajoe menoeroet model jang dimengerti oleh Belanda (setjara letterlijk).

Quote:


Dibantoe oleh Engku Nawawi dan Mohamad Taib Sultan Ibrahim, mereka menerbitkan seboeah boekoe berdjoedoel Kitab Logat Malajoe: Woordenlijst voor Spelling der Maleische Taal. Sembilan tahoen kemoedian tepatnja pada tahoen 1910, mereka menerbitkan boekoe kedua berdjoedoel Malesiche Spraakkunstjang diterdjemahkan oleh T. W. Kamil dengan djoedoel Tata Bahasa Melayu dan mendjadi pandoean bagi penggoena bahasa Melajoe di Indonesia.

Quote:


Tjiri-tjiri edjaan ini soelit dibatja oleh orang-orang Indonesia zaman sekarang, tapi moedah oentoek engkong-engkong kita. emoticon-Ngakak (S)

Inilah tjiri-tjiri edjaan Van Ophuijsen:

Digraf choentoek boenji kh. Tjontoh: achir, choesoes, chas, dll.
Digraf dj oentoek boenji j. Tjontoh: djari, djelas, djera, dll.
Digraf tj oentoek boenji c. Tjontoh: tjoetji, tjoerang, tjari, dll.
Digraf oe oentoek boenji u. Tjontoh: goeroe, itoe, oemoer, dll.
Hoeroef j oentoek boenji y. Tjontoh: jang, pajah, sajang, dll.

Pada beberapa kasoes, apostrof djoega digoenakan sebagai identifikasi glottisslag (berhenti). Tjontoh: pa' (pak), ta' (tak), ma'moer (makmur), dll.

Selain itoe, Edjaan Van Ophuijsen djoega menggoenakan vokal umlaut (ä, ï, ë, dan ö) sebagai identifikasi soekoe kata penoeh, boekan diftong. Tjontoh: dinamaï dibatja empat soekoe kata: di-na-ma-i. Boekan tiga soekoe kata: di-na-mai.

Quote:


Berhoeboeng masjarakat Noesantara tidak mengenal morfem v, Edjaan Van Ophuijsen tidak memberlakoekan hoeroef v. Edjaan Van Ophuijsen berlaku selama 46 tahoen (1901-1947) jang achirnja digantikan oleh Edjaan Republik pada 17 Maret 1947.

Sekian threaddarikoe. Sila memberikan kritik, saran, ataoe tanggapan pada kolom komentar. Semoga thread ini bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan. Wassalam.


delia.adel
delia.adel memberi reputasi
1
8.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan