linoleum123Avatar border
TS
linoleum123
Buah Kelapa Dengan Bentuk Yang Mirip......(Lady's Butt Coconut)




Selamat pagi / siang / sore agan dan sista semua, kali ini ane mau berbagi info mengenai Buah Kelapa yang bentuk dan namanya cukup aneh dan lucu. Selamat membaca.....

Inilah buah kelapa terbesar di dunia yang dijuluki dengan berbagai nama yaitu sea coconut, coco-de-mer, love nut, lady's butt coconut, coco fresse, double coconut serta Seychelles nut. Tidak semua iklim wilayah bisa membudidayakan Pohon kelapa yang dinamakan Lodoicea Maldivica ini. Habitat aslinya berada di Seychelles (Negara Kepulauan Seiselensa) perbatasan Samudra Hindia dengan laut madagaskar.
Namun saat kita berkunjung ke tempat wisata Pattaya di Bangkok Thailand, kita juga bisa mencicipi buah kepala istimewa ini. Dan hanya negara Thailand saja yang sampai saat ini berhasil membudidayakan lady's butt coconut, buah kelapa dengan ukuran super besar bahkan terbilang raksasa. Masyarakat Thailand sendiri hanya mengenalnya dengan istilah lady's butt coconut, karena bentuknya yang sangat unik menyerupai bentuk bokong besar seorang wanita hehehee.



Berat buah kelapa terbesar "lady's butt coconut" bisa melebihi 20 sampai 42 kilogram, gilak kebayang bukan kalo ditabok pake bokong super besar ini dijamin sekarat. Selain nikmat untuk disantap, buah kelapa ini juga sudah lama dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Konon kemasyurannya sebagai obat mujarab sampai disebutkan dalam pengobatan Ayurweda India hingga pengobatan tradisional China.
Pohon kelapa Lodoicea maldivica ini hanya tumbuh di dua wilayah saja dari sekitar 115 pulau yang mengelilingi kepulauan Seychelles, dan jumlah mereka sangat sedikit bisa dihitung dengan jari.
Tinggi pohon kelapa Lodoicea lumayan besar bisa mencapai 25 sampai 34 meter. Daunnya berbentuk kipas raksasa dengan panjang 7 sampai 10 meter dan lebarnya 4,5 meter. Masing-masing daun mempunyai tangkai sekitar 4 meter. Ukuran diameter buahnya sekitar 40-65 cm. Dan hanya setiap 2 tahun sekali saja ia mulai memunculkan bibit baru buah kelapa muda. Untuk yang boleh dimakan atau diperjual belikan untuk wisatawan, harus yang sudah berusia matang yakni 6 sampai 7 tahun.



Umurnya pun diperkirakan sudah mencapai ribuan tahun, dan anehnya tidak pernah ditemukan bibit baru atau generasi keturunan mereka di tempat lain. Sekalipun para ahli tanaman mencoba untuk membudidayakan pohon kepala langka ini agar tidak punah dan bisa dikembangkan untuk diekspor ke negara-negara lain, sayangnya upaya mereka selalu menemukan kegagalan.
Jadi wajar untuk membeli buah kelapa paling besar ini harganya cukup mahal, dan tidak bisa sembarangan untuk membelinya meskipun kita mempunyai banyak uang. Harus terlebih dahulu memesannya jauh-jauh hari.
Konon, keberadaan Pohon kelapa Lodoicea maldivica ini ada kaitannya dengan cerita mistis leluhur masyarakat Thailand. Dikatakan pohon kelapa yang setinggi pohon palem tersebut tumbuh dengan sendirinya tanpa ada satu pun orang yang menanaminya. Tiba-tiba ia muncul dari dasar laut begitu saja.





Selain dipercaya baik untuk kesehatan serta ampuh sebagai obat keracunan, sejak dulu masyarakat Thailand masih meyakini bahwa siapapun manusia yang tak sengaja menemukan buah kelapa raksasa ini terhanyut di tengah-tengah laut atau menemukannya di pinggir pantai akan mendapatkan hoki, peruntungan serta nasib baik.
Terlepas dari kebenaran cerita mitos rakyat Thailand, sampai kini Pemerintah Thailand melindungi pelestarian pohon kelapa langka tersebut, karena tidak dapat ditemukan di negara lain dan sudah masuk dalam daftar flora yang sangat terancam punah di dunia. Dan untuk hidangan kuliner para wisatawan lokal atau mancanegara yang ingin merasakan sensasi nikmatnya buah kelapa terbesar di dunia ini pun sangat dibatasi jumlahnya.

Sekian trit ane, terimakasih buat yang udah mampir emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Spoiler for sumber:
0
22.7K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan