BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Pernyataan Ahok soal surat Al Maidah memicu debat netizen

Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (keempat kanan) selaku pihak pemohon memberikan keterangan pers seusai sidang uji materi UU No. 10/2016 tentang cuti kampanye calon kepala daerah petahana saat Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (26/9).
Jagat media sosial jadi riuh karena pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang membahas penggunaan surat Al Maidah ayat 51, dalam suasana Pemilihan Gubernur DKI 2017.

Sekadar catatan, ayat itu memang kerap menjadi salah satu materi kampanye untuk mengarahkan warga DKI--terutama muslim--untuk tidak memilih Ahok. Semisal ketika dipakai Hizbut Tahrir Indonesia dan Gema Pembebasan, dalam kasus video #TolakPemimpinKafir, beberapa waktu silam.

Adapun pernyataan Ahok yang jadi sorotan termuat dalam pidato singkatnya di hadapan warga Kepulauan Seribu, pekan lalu (27/9).

Saat itu, Ahok berpidato guna menjelaskan program kerja sama Pemerintah Provinsi DKI dan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta dalam bidang perikanan--termasuk memberikan bantuan 4.000 benih ikan kerapu.

Dalam pidatonya, Ahok menjelaskan bahwa warga tak perlu takut soal keberlanjutan program bantuan itu, bila dirinya tak terpilih dalam Pilgub DKI 2017. Lebih kurang, Ahok menjelaskan bahwa program itu akan tetap berjalan, apa pun hasil Pilgub kelak.

"Jadi enggak usah pikiran. 'Akh! Nanti kalau enggak kepilih, pasti Ahok programnya bubar'. Enggak! Saya masih terpilih (menjabat) sampai Oktober 2017," kata Ahok.

Setelahnya, terseliplah pernyataan dia soal penggunaan surat Al Maidah ayat 51 jelang Pilgub DKI 2017.

"Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu enggak pilih saya. Dibohongin pakai surat Al Maidah ayat 51, macam-macam itu. Itu hak bapak ibu."

Pernyataan itulah yang jadi bola liar di jagat daring.

Tangkapan layar judul berita di VOA ISLAM dan Islamedia.id. VOA ISlam memosisikan Ahok menyebut Surat Al Maidah bohong belaka. Sedangkan Islamedia menyebut Ahok berpandangan Al Quran sebagai kitab yanng membodohi umat muslim.
Kecaman datang

Sejumlah situs web ikut memanaskan suasana pasca-pernyataan Ahok itu.

Semisal yang terlihat dalam judul tulisan Islamedia.id, "Dihadapan Warga Kepulauan Seribu, Ahok Sebut Al-Qur'an Sebagai Kitab yang Membodohi Umat Islam".

Ada lagi judul artikel yang memosisikan Ahok telah menyebut surat Al Maidah bohong belaka. Contohnya dalam judul VOA Islam, "Soal Pemimpin Kafir, Ahok Sebut Umat Islam Telah Dibohongi Surat Al Maidah Ayat 51".

Perkara makin ramai setelah munculnya petisi bertajuk "Ahok Jangan Lecehkan Ayat Al-Quran!" di Change.org. Kurang dari 24 jam, petisi yang digagas akun Irfan Noviandana itu sudah menuai lebih dari 31 ribu dukungan, Kamis malam (6/10).

Di linimasa Twitter keriuhan pun tercipta. Kata kunci "Basuki Tjahaja Purnama" dan "Al Maidah" ikut masuk Tren Twitter Indonesia, Kamis (6/10).

Kecaman terhadap Ahok pun berdatangan. Video pendek berdurasi 30 detik yang memuat pernyataan Ahok itu ikut tersebar.
Anak Bangsa, umat agama apa pun juga, ayo dukung petisi ini. Taktik memecah-belah yg dilakukan Ahok hrs diakhiri. [URL="https://S E N S O RLza0a0LYZf"]https://S E N S O RLza0a0LYZf[/URL]
— SiBonekaKayu (@SiBonekaKayu) October 6, 2016 Koh kok rasis sih? kok lucu deh jadi pengen saya gibeng -,- al-quran sudah ada sejak lama kok bilangnya... [URL="https://S E N S O RL63oED9cxt"]https://S E N S O RL63oED9cxt[/URL]
— Aditya N Saputra (@AdityaNS_ID) October 6, 2016 Yg ngebegoin dan ngebodohin warga dgn Almaidah 51 itu siapa mas @basuki_btp ? Anda ngerti emangnya tafsir Almaidah 51? cc: @lukmansaifuddin
— #TolakReklamasiJKT (@Reiza_Patters) October 6, 2016 Pak @basuki_btp mengatakan dibodoh2i Surat Al-maidah, terang penghinaan thdp keberagaman dan Pancasila bukan Cuma UMAT Islam.
— Dahnil A Simanjuntak (@Dahnilanzar) October 6, 2016 Pembelaan para pendukung
Di sisi lain, sejumlah pengguna Twitter juga tampil membela Ahok. Para pembela Ahok menyebut bahwa pernyataan Ahok tidak mengarah pada penghinaan Al-Quran ataupun Surat Al Maidah.

Mereka menekankan bahwa yang Ahok sampaikan adalah "Dibohongin pakai (dengan) surat Al Maidah ayat 51." Kata mereka, Ahok tidak menyatakan "Dibohongin oleh surat Al Maidah ayat 51."

Lebih kurang, menurut para pembela ini, pernyataan Ahok lebih menekankan pada praktik penggunaan surat Al Maidah ayat 51 jelang Pilgub DKI 2017.

Merujuk itu, judul-judul tulisan di sejumlah situs web--macam Islamedia.id dan VOA Islam--jadi terkesan bombastis dan cenderung ingin memanaskan suasana.

Pun bila memerhatikan [URL="[youtube]6gYdUjNmVkk[/youtube] pidato Ahok (menit 24-25)[/URL], yang bersangkutan juga mempersilakan warga untuk tidak memilihnya, bila memang meyakini punya tafsir berbeda atas surat Al Maidah ayat 51.

"Itu hak bapak ibu, jadi kalau bapak ibu enggak bisa memilih nih, 'karena saya (bapak ibu) takut masuk neraka', enggak apa-apa," kata mantan bupati Belitung Timur itu.

Pernyataan lanjutan itu menunjukkan sikap Ahok untuk memberi kebebasan kepada warga dalam memilih dan meyakini sesuatu.

Salah satu akun berpengaruh (influencer) sekaligus relawan pendukung Ahok, Rudi Valinka (@Kurawa) ikut menyampaikan penjelasan soal perkara ini. "Bukan kitab sucinya yang bohong, tapi politisasi kitab sucinya," tulis @kurawa.

Konon pula, pada pendukung Ahok telah meminta agar Ahok rehat membicarakan agama. "Kita sudah meminta ke Gubernur @basuki_btp untuk stop dulu berbicara soal agama. Karena kami sayang beliau yang selalu dizolimi oleh fitnah-fitnah keji lawan," kicau @kurawa.

Berikut sejumlah kicauan pengguna Twitter yang membela Ahok.
6x memutar cuplikan pidato Pak Ahok, yg saya dengar adalah"dibohongi PAKE surat Al-Maidah 51,"& BUKAN"dibohongi OLEH surat Al-Maidah 51."
— Lydia Levitania (@lydialevitania) October 6, 2016 "Dibohongi DENGAN surah Al Maidah"dan"Surah Al Maidah itu bohong"itu dua hal yg berbeda sik. Media sengaja menyamakan keduanya.
— H Ramadhan أبو علي (@hramad) October 6, 2016 Ahok sdh berapa kali di fitnah lewat potongan2 rekaman yutub yah..gubernur gue ini emang terlalu sabar,dia gak pernah mau balas pemfitnahnya
— Rudi Valinka #HOKI (@kurawa) October 6, 2016 Prof Quraish Shihab saat ditanya al-Maidah ayat 51 & pemimpin non-muslim, simak penjelasannya | @temanAhok @nongandah [URL="https://S E N S O RYs0dsuJYET"]pic.twitter.com/Ys0dsuJYET[/URL]
— Mohamad Guntur Romli (@GunRomli) October 6, 2016
Pernyataan Ahok

Pernyataan Ahok ini juga mendapat respons dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), yang konon akan melapor ke Badan Pengawas Pemilu DKI. Mereka menuding Ahok telah melakukan tindakan rasial dan menghina agama.

Satu insiden sempat terjadi saat seorang anggota ACTA, Novel Bamukmin meneriaki Ahok di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (10/9). "Ahok, lu gila lu! Ayat suci dimainin!," demikian pekikan Novel.

Adapun Ahok merasa tak salah karena membawa Surat Al Maidah ayat 51 dalam pidatonya. Pun dia mengaku tidak bermaksud melecehkan agama tertentu. "Semua orang boleh mengutip kitab suci. Kitab suci terbuka untuk umum," ujar tokoh berusia 50 itu, dilansir Tribun News.

Ihwal teriakan Novel, Ahok mengatakan pria tersebut sekadar "mancing-mancing". Dia pun mempersilakan ACTA untuk melaporkan perkara ini ke Bawaslu.

Sebagai catatan, Surat Al Maidah ayat 51 punya bermacam tafsir di kalangan muslim. Ada yang meyakininya sebagai seruan untuk tidak memilih pemimpin non-muslim.

Namun ada pula yang menafsirnya berbeda. Ahli tafsir, Quraisy Shihab, merupakan salah seorang yang beranggapan demikian. "Kalau seandainya dia yang memimpin itu (non-muslim), kepemimpinannya memberikan kemaslahatan buat kita. Maka tidak ada masalah."

Berikut video lengkap kunjungan Ahok ke Kepulauan Seribu, yang berujung kontroversi ini (simak menit 24-25).
SPESIAL Ahok Tanya Jawab dengan Warga Kepulauan Seribu Dalam Rangka Kerja Sama Dengan STP


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-debat-netizen

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jessica digoda atau tergoda oleh trik penyidikan?

- Sadisnya Dimas Kanjeng menghabisi bekas muridnya

- Istri polisi tega membunuh dan memutilasi anak kandungnya

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
58.1K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan