danielreagyAvatar border
TS
danielreagy
[Fakta] Motor Pertama di Dunia Gunakan Teknologi VVA
Motor sport matik Yamaha NMAX hadir dengan sejumlah teknologi baru, salah satunya VVA (Variable Valves Actuation). VVA sendiri merupakan teknologi terbaru Yamaha dan baru digunakan pada model motor 2015



Yamaha NMAX yang belum lama ini diperkenalkan ternyata menjadi sepeda motor pertama yang menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Soalnya, teknologi pintar ini biasanya sering ditemui pada kendaraan roda empat.



"Ini pertama kalinya sepeda motor pakai teknologi VVA. Dan VVA sendiri sudah menjadi teknologi yang dipatenkan oleh Yamaha," ucap Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.



Penggunaan VVA pada dasarnya ditujukan agar tenaga dan torsi tetap terjaga pada semua putaran mesin. Tanpa adanya VVA, motor akan mengalami penurunan tenaga dan torsi saat putaran tinggi. Pada kasus NMAX terjadi pada putaran 6000 rpm.



Pada teknologi VVA, mesin NMAX dilengkapi dua profil cam yaitu Low Speed Cam dan High Speed Cam. Low Speed Cam yang memiliki profil lebih rendah menyebabkan bukaan klep tidak terlalu besar dan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih irit. Sedangkan High Speed Cam yang berprofil agak tinggi menyebabkan bukaan klep menjadi besar.

Cara kerjanya seperti ini, saat mesin berputar di bawah 6000 rpm, hanya Low Speed Cam saja yang bekerja menekan klep in. Ketika mesin mencapai putaran 6000 rpm, High Speed Cam akan terhubung dengan sebuah pin dan menekan klep in lebih jauh. Begitu pun sebaliknya, saat putaran mesin turun, secara otomatis pin akan terlepas dari High Speed Cam.

Dengan teknologi ini Yamaha NMAX dapat mencapai dua fungsi yaitu mode irit dan mode performance.

Gimana menurut agan?
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 13 suara
Apakah Teknologi ini bagus?
Ya, karena keren!
69%
Tidak biasa banget
31%
0
9.2K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan