alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengenal Sosok Ahok Si Calon Petahana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57e6034da09a39605b8b456a/mengenal-sosok-ahok-si-calon-petahana

Mengenal Sosok Ahok Si Calon Petahana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga bakal calon gubernur yang akan bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Salah satunya adalah bakal calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Meski berstatus petahana, ini merupakan pertama kalinya ia maju sebagai calon gubernur DKI. Pada Pilkada sebelumnya, Ahok masih berstatus sebagai calon wakil gubernur mendampingi Joko Widodo.

Saat itu, pasangan Jokowi-Ahok menjadi pemenang mengalahkan petahana, Fauzi Bowo. Sebelum menjabat Gubernur DKI, Ahok sudah pernah beberapa kali menduduki jabatan politik.

Karier politiknya dimulai pada 2004 saat ia mencalonkan diri sebagai calon legislatif untuk menjadi anggota DPRD di kampung halamannya, Kabupaten Belitung Timur. Melalui Partai Perhimpunan Indonesia Baru, Ahok berhasil terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur.

Setahun menjabat, pada 2005, ia memutuskan maju pada Pilkada Belitung Timur sebagai calon bupati. Diusung oleh Partai Perhimpunan Indonesia Baru, Ahok berhasil terpilih mejadi Bupati Belitung Timur.

Namun, baru belasan bulan menjabat, pada 2016, Ahok mengundurkan diri dari jabatannya. Saat itu ia memutuskan ingin maju pada Pilkada Bangka Belitung 2007. Pada Pilkada Bangka Belitung 2007, Ahok dikalahkan oleh pesaingnya, Eko Maulana Ali.

Ahok sempat menggugat hasil Pilkada Babel ke Mahkamah Agung. Dalam permohonannya, MA menolak permohonan keberatan Ahok dan pasangannya, Eko Tjahjono.

Dua tahun berlalu, Ahok mencalonkan diri maju sebagai calon legislatif untuk menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2009. Melalui Partai Golkar, ia berhasil menjadi anggota DPR RI.

Ahok kemudian menjadi anggota Komisi II DPR RI. Tiga tahun berselang, Ahok memutuskan maju menjadi calon gubernur pada Pilkada DKI 2012 melalui jalur independen.

Namun, jumlah data KTP yang dikumpulkannya tak memenuhi syarat. Dalam perkembangannya, Ahok akhirnya diajukan Partai Gerindra untuk mendampingi calon gubernur yang diajukan PDI-P, yang juga Wali Kota Solo, Joko Widodo.

Keduanya pun maju pada Pilkada DKI 2012 dan memenangkan pemilihan dalam dua putaran. Setelah menang pada Pilkada DKI 2012, Ahok mundur sebagai anggota DPR RI dan keluar dari keanggotaan Partai Golkar, untuk kemudian bergabung dengan Gerindra.

Ahok menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta selama sekitar dua tahun. Pada November 2014, ia naik jabatan menyusul terpilihnya Jokowi menjadi Presiden.

ak lama sebelum dilantik menjadi gubernur, Ahok menyatakan keluar dari Partai Gerindra karena merasa tak sepaham dengan partai tersebut terkait proses pemilihan kepala daerah.

Selama menjabat Gubernur DKI, Ahok tak bergabung dengan partai manapun. Dalam persiapan menghadapi Pilkada DKI 2017, Ahok sempat menyatakan ingin maju melalui jalur independen. Melalui bantuan kelompok relawannya, "Teman Ahok", ia sudah memiliki modal 1 juta data KTP.

Namun dalam perkembangannya, Ahok akhirnya membatalkan niatnya maju melalui jalur independen menyusul datangnya dukungan dari Hanura, Golkar, dan Nasdem. Sehari sebelum dibukanya pendaftaran oleh KPU DKI, dukungan kepadanya juga datang dari PDI-P.

Ahok kemudian mendaftar sebagai calon gubernur dengan diusung empat partai. Pada Pilkada DKI 2017, Ahok menyebut secara garis besar visi misinya sama dengan visi misi saat dirinya maju mendampingi Joko Widodo pada Pilkada DKI 2012.

"Kami ingin kepala, dompet, sama perut warga Jakarta penuh," ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (23/9/2016).

Otak penuh berarti pendidikan terjangkau dan berkualitas, mengembalikan tempat ibadah menjadi pusat kegiatan masyarakat, dan membuka semua data secara transparan guna meningkatkan partisipasi publik dengan berbagai program e-government.

Kemudian perut penuh berarti masyarakat menikmati makanan yang aman dan bergizi serta memperkuat BUMD sebagai penyeimbang harga dan menjaga suplai kebutuhan.

Sementara kantong penuh berarti pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan penghasilan dan subsidi di berbagai bidang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar sesuai kebutuhan hidup cukup.


http://megapolitan.kompas.com/read/2...ahana?page=all

baru profil petahana. anies sama agus mungkin menyusul.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
penantang yang patut diperhatikan : anies - uno.
Anies Uno menjadikan pertarungan imbang, siapapun yg menang, jakarta ga rugi
Calon lain juga dikenalkan, banyak nggak tahu sudah berkarya nyata apa saja.
Quote:


Quote:



Agos dong Coy emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Wah aku baru tahu
kalo lihat peserta2nya (bukan partai/pendukung/tim sukses), pilkada DKI ini cukup menjanjikan (dpt memberikan kualitas yang lebih baik). mudah2an sampai hari pemilihan itu bisa tetap terjaga baik.
kalo si kokoh maju independent without sokongan dari siapa pun ya perlu di apresiasi sii emoticon-Big Grin

secara merintis karir nyah dari bawah emoticon-Big Grin
Kasian buat calon indy next pilkada dki!😆😆😆
Dah ga ada yg percaya yg mau indy lagi di next pilgub dki kali yee😆😆😆
Ngerusak harapan golputer lo hok!😆😆
Pindah2 partai ya gan? emoticon-Bingung
Quote:


dalam politik banyak yg pindah partai kok..
sudah biasa, bukan barang baru emoticon-Shakehand2
dari independen hingga jadi jongos papa mama, emoticon-Imlek
Quote:

sipp.. emoticon-Shakehand2
Quote:


Qoute ini aja dah aneemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
si mulut comberan
Mengenal Sosok Ahok Si Calon Petahana
bagus" semua ni yang maju
kutu loncat ternyata! palagi 2019 ultrasnya udah koar2 mendampingi jokowik sbg wapres.. ck ck ck jabatan cuman buat pencitraan
Quote:


gpp gan....2021 biar nyalonin jadi sekjen PBB
Quote:


Jadi anak buahnya ucil dong emoticon-EEK!
sebenarnya calon yang dapat mengalahkan ahok adalah ucil-lutung atau mat dani-terompet, cuma mereka dijegal ASING ASENG OSENG-OSENGemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di