bsetAvatar border
TS
bset
Modus Baru Penipuan Mengincar Pemilik Kos-Kontrakan. Pemilik Kos-Kontrakan Hati-Hati!
Modus Baru Penipuan Mengincar Pemilik Kos dan Kontrakan.. Pemilik Kos-Kontrakan Hati-Hati

Mohon bantuannya agan-agan kaskuser sekalian, ane dan keluarga ane habis ketipu orang nih, nilainya cukup besar uang senilai 100 juta dan mobil Honda Brio tahun 2015 ( Warna PUTIH plat nomor kepolisian R 8674EK), jadi total sekitar 250 jt gan..




Ane sudah laporin ke kepolisian H+1 kejadian dan ane tulis di KASKUS agar semua pemilik kos-kontrakan hati-hati..
Ini bukti laporan polisinya gan..



Intinya pelaku ini mengincar pemilik properti kosan-kontrakan gan.. Dia bakal sewa kos/kontrakan, mengaku orang berada dan tujuannya sewa kontrakan itu mau cari asset seperti tanah untuk dijadikan perumahan gan..
Doi ini bawa istri dan anak yang masih bayi.. disini yang bikin banyak orang terkecoh gan..
Ciri2 pelakunya tinggi sekitar 165 CM gan, kulit sawo matang kekuningan, dan lumayan mirip artis Adhitya Warman yang terkenal di serial komedi OB (Office Boy) di RCTI.. Ingat, HANYA MIRIP ya.. emoticon-Big Grin




(maaf ya mas Adhitya)

Sebenernya ane ga sampe hati gan nulis kronologi kayak di KASKUS kayak gini, bikin keinget sama kejadiannya… pait banget…
Tapi demi kejadian kayak gini ga terulang lagi, dan biar mobil + uang 100 jt bokap ane ga dipake penipu ini buat nipu orang lain gan, ane tetep coba nulis kejadiannya


Lokasi penipuan: Cilacap-Jogja
Mohon dibantu ya gan, semoga jadi pelajaran berharga bagi kaskuser lain..

AKHIR MEI 2016
Jadi awalnya saya kenal sama penipu ini (mengenalkan diri ke saya dan keluarga saya dengan nama pak ADI) karena dia sewa rumah saya selama 2 bulan. Oh ya keluarga saya punya 4 rumah di Cilacap untuk keperluan disewakan.

Impresi diawal sebenernya agak aneh gan…
Kebetulan saya charge tarif lumayan mahal untuk rumah ane di kawasan Cilacap, sebesar 2,5 juta per bulan.. dan Pak Adi ini tidak menawar dan bahkan saat ditawari bayar DP dulu pak Adi ini langsung bayar 5 juta kontan untuk 2 bulan..

Alasan dia ke Cilacap 2 bulan ini katanya ingin mencari tanah dan properti di Cilacap gan untuk dibeli.. Dia ke Cilacap dengan Istrinya dan anaknya yang masih bayi..
Keluarga ini diantar seseorang yang kata pak Adi ini supirnya, habis mengantarkan dia dari Purwokerto karena sebelum ini dia tinggal hampir 1 bulan di hotel (buset dah omongnya tinggi banget)…

Selama minggu-minggu awal Juni ini pak Adi dan keluarga kerjanya hanya belanja, main puter-puter kota, dan pergi makan di luar dimana kesemuanya ini menggunakan TAKSI.. Pak Adi ini mulai memberikan bungkusan roti brownies, bebek panggang, dan makanan lainnya ke keluarga saya..
Lah mulai disini keluarga saya mulai lunak, pertama kami pinjamkan motor matic untuk keluar transportasi pergi-pergi di kota Cilacap.. Bapak saya pinjemin motor karena kasihan gan, kemana2 naik taksi.. Dan hal berjalan biasa, masih tidak ada yang aneh..

Mulai minggu kedua ini, yang terjadi adalah pak Adi dan istrinya menjadi lebih akrab dan sering berbincang dengan keluarga saya… Sebenarnya disini sudah mulai mencurigakan.. Pak Adi mulai banyak omong, mendapatkan proyek penjualan tanah Adat di Kalimantan yang katanya mendapatkan fee sebesar 80m, Sedang pesan mobil Honda Civic Turbo, Pernah sekolah di Kairo Mesir 2 tahun tapi tidak tuntas, Pernah bekerja sebagai HRD di PT PAMA selama 14 tahun, Pernah ke Rusia, Kanada, dll. Punya tanah di Jogja 4-5 tempat (setiap dia bicara tempatnya, saya cuma setengah kagum dan tidak percaya; lokasinya di daerah mahal)

Bahkan saat tahu kalo kakak saya sedang dalam proses mencari kerja, dengan entengnya pak Adi bilang ke kakak saya: “Mas, kalo mau saya ada kenalan di PT PAMA. Ayo ke Jogja besok Agustus setelah lebaran saya mau masukkan”.

Pada tahap ini saya sangat mewanti-wanti orang tua saya.. “Pah-Mah, jangan terlalu percaya sama orang..”
Dan jawaban dari Bapak dan Ibu saya masih melegakan pikiran saya; “Iya, orang baru juga kenal ya kita harus waspada.. toh kita ga kasih pinjem barang atau uang ke dia kecuali motor..”

Bahkan saat pak Adi menunjukkan buku rekening tabungannya yang bersaldo 11 milyar ke bapak saya -dimana bapak saya langsung kagum dan cerita ke kaluarga saya- saya langsung mewanti-wanti: “Pah, kasih aku 1 jam aku bisa edit, bikin buku tabungan ku 20 milyar.. Kalo orang kaya beneran ga bakal kasih tunjuk uang di buku tabungan..”

Lain waktu saya juga nyeletuk ke bapak saya, “Pah, kalo orang kaya beneran gak mungkin nunjuk-nunjukin saldo buku tabungannya ke orang lain, kaya bu XX tuh ngontrak rumah kita tapi cuek banget” (sebagai selingan Bu XX ini istri pengusaha kontraktor lokal sukses tapi sedang proses dicerai oleh suaminya, kontrak sementara di rumah kami, dan bawa 3 mobil SUV mahal: Fortuner VNTurbo, Pajero Dakar, dan CRV baru. Dan seperti saya bilang, orangnya sangat cuek. Tidak banyak bicara)

Bapak saya diam, dan yang saya liat masih tetap waspada dengan pak Adi ini.. Waktu berjalan seperti biasa. Hanya saya sebal dengan gaya tinggi pak Adi ini.. pada saat itu yang paling waspada adalah saya dan ibu saya.. yang selalu mengingatkan bapak saya agar tetap waspada..

Pak Adi ini seiring berjalannya waktu sangat konsisten bergaya loyal dan tajir.. Semisal saat beli kue brownies 3 buah seharga 160.000, dia bayar 200.000 dan tidak minta kembalian.. Selalu pake jasa laundry antar-jemput.. dan masih sering antar makanan ke rumah saya.. Memomong bayinya menggunakan stroller bayi yang dimata saya itu stroller bayi mahal.. Dia juga mencitrakan dirinya sebagai orang baik, bergaul dengan tetangga dan melapor ke pak RT di lingkungan saya..

Mulai akhir minggu kedua ini, pak Adi mulai tanya ke bapak saya tentang tanah-tanah luas yang dijual di Cilacap ini.. Dan pada awalnya hanya dijawab lokasi-lokasi yang bagus oleh bapak saya aja.. Dan seiring berjalannya waktu, pak Adi ini seperti sangat serius untuk beli tanah luas diatas 1000m2 di beberapa lokasi, dan meminta tolong bapak saya untuk mengantarkan pak Adi ini seperti ketemu calo properti, mengurus ke kelurahan untuk cek histori tanah, ke pak carik dan lainnya..
Disini pak Adi ini terlihat sangat mengerti proses jual beli tanah.. tidak seperti orang awam pada umumnya…

Di sini keluarga saya mulai bertanya-tanya. Jangan-jangan benar kalo dia orang kaya? Bahkan setelah tahu bahwa keluarga saya punya rumah besar di Jogja, dia menawarkan mahar jika rumah tersebut dilepas.. (sebagai selingan di rumah keluarga saya yang di Jogja ini ditinggali mbak saya, sedang kuliah S2 juga, dan bawa Mobil Honda Brio Putih).. Dan mulai saat inilah bapak saya mulai terbuai dengan kata-kata pak Adi…

Lah pada awal minggu ketiga ini (sekitar 13 Juni 2016) pak Adi mengajak bapak saya ke Jogja untuk transaksi pembayaran tanah di Kalimantan dengan orang Korea. Bapak saya mengiyakan, berangkatlah dengan mobil Honda HRV merah milik bapak saya..

Sebenernya saya khawatir. Apakah aman melepas bapak saya sendirian ke Jogja?
Pak Adi sendiri bersama istri dan bayinya… Sedangkan barang-barang bawaan masih ditinggal di Cilacap

Sebelum berangkat saya ingatkan lagi ke bapak-ibu saya: “Mah, inget jangan pernah kasih pinjam mobil ke pak Adi ini…, transaksi kita sama pak Adi belum ada yang jalan.. transaksi di Cilacap walau sudah serius ke kelurahan, ke pak carik tapi juga belum ada yang dibayar..”

Di Yogya ini walau keluarga saya punya rumah dan bapak saya menawarkan tinggal di sana, pak Adi ini malah sewa 2 kamar hotel di 2 hotel yang berbeda gan, satunya hotel Fave di dekat masjid Syuhada, Kotabaru, Yogyakarta dan satu hotel lain untuk istrinya ane lupa nama hotelnya.. katanya ga kuat ga pake AC kalo tidur malam (rumah ane ga pake AC, WTF)

Parahnya awal2 di jogja bapak ane kayak ke hipnotis total.. kaya hilang akal sehat…
Mobil HRV keluarga ane dipinjemin ke pak Adi.. Padahal udah ane dan ibu ane wanti2 agar ga pinjamin mobil ke pak Adi ini..
Sejak awal ane emang agak was-was bakal pinjem mobil ini orang.. soalnya di Jogja sekarang bapak ane dan kakak ane jadi ada 2 mobil..
Ane was-was banget nih si Brio bakal dikasih pinjem ke mas Adi..
Eh awalnya malah dikasih pinjem HRV.. WTF, Fix kaya dihipnotis nih bapak ane.. padahal sehari-harinya bapak ane ini ati-ati banget.. baik sama orang lain tapi masih logis gak asal kasih pinjem barang gan..

Pas malem pertama HRV dipinjemin ke pak Adi ini bapak ane ga bisa tidur gan, katanya keinget kata2 ane dan ibu ane..
Habis subuh bapak ane langsung datengin tuh Fave hotel..
Dan MOBIL HRV ini MASIH ADA..

Disini mungkin bapak ane jadi agak percaya lagi sama pak Adi ini.. logikanya udah dititipin HRV tapi gak dibawa lari..
Kemudian siangnya bapak ane tukar mobil HRV dengan Brio.. Bapak ane pegang HRV, pak Adi ini pegang Brio…

Kemudian mengapa bapak saya bisa kehilangan uang 100jt berawal dari transaksi pembelian tanah pak Adi ini..
Ane ceritain singkatnya aja ya gan… ga kuat ane nyeritain detailnya emoticon-Frown

Ceritanya tiba2 dari kebutuhan 2,4 m pembayaran ini pak adi kekurangan 400jt gan..
300 jt dia mau jual perhiasan istrinya dan meminta dengan halus pinjaman ke bapak saya…
Bapak saya ini sejak awal dilarang bawa kartu ATM oleh ibu saya.. karna terbersit sedikit kekhawatiran sejak awal dengan pak Adi ini..

Eh tapi bapak saya bener-bener seperti kehipnotis gan, bapak saya ngeiyain kasih pinjeman, dengan pake sms-banking bapak ane kirim 100 jt ke rekening mbak ane yang di Jogja.. dan diambil cash dan dikasih ke pak Adi ini gan.. (andai bapak ane bilang ke ane, pasti ane sadarin karena jelas transaksi cash sama orang baru 2-3 minggu dikenal itu jelas bahaya banget, ga bisa dilacak karena cash)

Lah mulai Kamis 16 Juni 2016 pukul 13.00 ke atas pak Adi- Istri dan anaknya hilang kontak gan..
Ane waktu kejadian ada di Cilacap gan, dan dikasih tahu keluarga ane ketipu baru Sabtu18 Juni..

Ane waktu ketemu bapak ane di Cilacap sama sekali ga berani negur dan marahin gan..
Karena bapak ane sempet seminggu tatapan matanya lemes banget…
Ane cuma ngehibur aja, duit bisa dicari yang penting bapak ane selamat ga kenapa2..

Karena bisa banget kalo bapak ane curiga pas kejadian malah bisa disekap/dibius…
Duit + mobil tetep ilang, bapak ane juga bisa kenapa2..


===========(UPDATE)==========

Salah satu hal kenapa bapak ane jadi sedikit kepancing sama omongan pak Adi adalah karena pak Adi ini selalu tau lebih dari yang bapak ane omongin..
Kayak misal bapak ane bilang tentang industri pertambangan, si pak Adi ini juga nyambung…

Bahas pertanahan juga nyambung.. bahas barang-barang mahal juga nyambung… Sepertinya pak Adi nya ini benar-benar orang kaya gan..
Dan ternyata ane dan keluarga ane baru inget…

Per Januari-Februari 2016.. ada keluarga (bapak tua namanya Fathollah dan istrinya yang agak muda) yang sewa rumah gan.. Seiring waktu keluarga ane sadar kalo pekerjaannya agak mistis.. seperti guru spiritual gitu gan (rumah yang disewa pun agak bau kembang-kembang sesaji gan emoticon-Takut).. Bapak tua ini sering tanya-tanya dan ngobrol sama bapak ane gan…

Dan pada Februari 2016 juga dia nawar rumah tetangga ane untuk dibeli gan.. Katanya cocok sama lingkungan situ.. (Bapak tua ini selama sewa rumah bawa mobil dan beli motor bekas di Cilacap). Kemudian pada transaksi ini Bapak ane diminta jadi makelar dan penghubungnya..
Tapi pas proses negosiasi jalan, kontrak sewa rumah habis.. dan Bapak tua ini pergi dan pastinya transaksi jual-beli rumah gagal..
Dan sekarang pun orang ini ga bisa dihubungi..

Keluarga ane menduga kalo orang ini satu komplotan sama pak Adi ini.. hanya dia bertugas sebagai pencari informasi..
Itu kenapa pak Adi bisa klop banget omongannya sama bapak ane…

Dan perilaku-ciri2 kedua orang ini juga sama… pura-pura mau transaksi tanah..

===========(UPDATE)==========

Alhamdulillah keluarga ane udah bisa mulai menerima..
Bapak ane udah semangat kerja lagi..

Dan itu awal yang baik emoticon-Smilie

=============================

Sekali lagi ane sampein, sebenernya ane ga sampe hati gan nulis kronologi kayak di KASKUS kayak gini, bikin keinget sama kejadiannya, muka penipunya yang jadi bikin ane pengen nonjok muka orang..… pait banget…

Tapi demi kejadian kayak gini ga terulang lagi, dan biar mobil + uang 100 jt bokap ane ga dipake penipu ini buat nipu orang lain gan.. ane kuatin buat nulis ini di KASKUS.. Semoga jadi pembelajaran bagi kita semua..

Terutama pemilik usaha kos dan kontrakan…
Bagi yang sewa jangka pendek harap :
1. Identitas Asli (KTP) harus di-scan
2. Penyewa keluarga harap pake bukti nikah yang mendukung, selain untuk menghindari hal kayak kumpul kebo juga bisa untuk double check kecocokan dokumen sama KTP
3. Jaga jarak dengan penyewa.. Udah hubungan profesional aja antara penyewa-pemilik
4. Jangan terpancing bayi dll… keluarga ane jadi agak longgar pengawasannya karena penipu ini bawa keluarga dan bayi… pemikiran “masak sih orang nipu bawa bayi dll” harap disingkirkan.. jaman sekarang semuanya dilakuin buat dapet duit..

Terakhir harapan ane semoga mobildan duit yang dicuri keluarga ane ga makan korban baru...
Komplotan ini cerdik, tapi terlalu berani..
Pasti suatu saat tertangkap.

Thank you kaskus emoticon-Shakehand2

=====================================

Update Akhir MARET 2018...

Penipunya kemungkinan besar nama asli Wahyu Aristia, dapet info dari rental mobil yang doi sewa.. doi bayar pake transfer bank..
Spoiler for transfer bank:


Ini penampakan asli penipunya:
Spoiler for foto penipu 1:


Spoiler for foto istri penipu 2:


Ini mobil brio ane, plat masih sama R-8674-EK / R 8674 EK / R8674EK
Spoiler for mobil ane 1:


Spoiler for mobil ane 2:



=========Update Oktober 2018=========


Korban berjatuhan lagi, 2 keluarga di Kediri kena tipu orang yang sama, total ketipu 68 juta rupiah...

Hati-hati penipuan orang ini masih jalan terus emoticon-norose
Diubah oleh bset 28-10-2018 09:29
0
95.1K
621
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan