alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Pajak /
[Diskusi] All about Tax Amnesty [2016]
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/579af40b9a095192688b456b/diskusi-all-about-tax-amnesty-2016

[Diskusi] All about Tax Amnesty [2016]

Tampilkan isi Thread
Halaman 75 dari 137
Quote:


Balik nama aset warisan bebas pph 2,5%, hanya kena bphtb, dan ada potongan maks 300 juta, tarif bphtb dan potongan DPP nya cek ke notaris daerah domisili.

Kalo bisa buktikan asal usul nya dan yakin SPT pewaris sudah clear, pembetulan saja.

Kalo mau aman n simple ikut TA, atas nama ortu ato anak nya tergantung internal keluarga agan
numpang nanya gan, kalo belum lapor spt taon 2015 dan 2016 bisa ikut tax amnesty nga?

terus ane pengen liat laporan spt 2014 dimana ya soalnya sudah lupa mana yg dilaporkan mana yang belum. Tadi sudah cek berkas pribadi copy laporan sptnya tidak ada hanya ada tanda terima dr kantor pajak tahun 2014
Halo gan.minta bantuanny ya
Ane ada kasus lagi nih
A dan B adalah ayah dan anak
2007, A beliin rumah buat B atas nama B di sertifikat yang pada saat itu transaksi belum perlu npwp B. Dan B belum punya npwp sampai 2016 saat ini.
Rumah ini dilaporkan di spt tahunan A sebagai harta dan si A rajin bayar pajak. Dan sudah ikut sunset policy pertama .
Pertanyaanny
Apakah si B perlu ikut TA? Mengingat B belum bekerja dan menurut saya belum perlu buat npwp kalo belom kerja.
Jika B tidak ikut TA, dan ikut prmbetulan setelah TA berakhir, apakah ga masalah?

Makasih sebelumny
Diubah oleh kido83
Quote:

ane coba bantu jawab ya gan emoticon-Big Grin
si B gak perlu ikut TA gan, kenapa?
1. si B belum bekerja dan belum punya penghasilan, jadi gak perlu punya NPWP. syarat punya NPWP adalah punya penghasilan
2. harta si B di belikan oleh si A dan sudah di laporkan A di SPT Tahunan. di SPT Tahunan si A tinggal di tulis di kolom keterangan harta atas nama si B. munculkan nama si B di daftar anggota keluarga
3. anak yang belum dewasa dan belum mempunyai kewajiban perpajakan sendiri, masih bisa ikut orang tua

CMIIW
Quote:


SPT Tahun 2016 memang belum bisa lapor gan
agan bisa ikut TA, tapi harus menyampaikan SPT tahunan 2015
SPT Tahunan 2014, kalo agan menyampaikan secara manual, bisa hubungi kantor pajak tempat agan terdaftar.
datang langsung gan, bisa ke seksi pengawasan dan konsultasi 1, sampaikan maksud agan tadi. oleh petugas, bisa aja agan di perlihatkan data SPT agan,
tinggal di salin lagi di formulir SPTnya.
kalo ternyata SPT agan belum bisa di tampilkan oleh sistem, agan mengajukan permohonan lewat tertulis aja, bahwa agan minsa copy/salinan dari SPT yang sudah di sampaikan tadi

CMIIW
Galau antara ikut TA Rumah ato ngak.
A : Ane
M : Nyokap

A baru ada NPWP 2016.
Dapet warisan dari Ny. M yang sudah ada NPWP & SPT Tahunan, terakhir laporan di SPT Ny. M punya 3 Rumah & Uang Kas Senilai 120jt.
Warisan diatas ini sudah otomatis masuk kan di SPT 2016 ane nanti?

Lalu setelah ditelusuri TERNYATA Ny. M punya 3 rumah lagi yang belum dilaporkan di SPT.
Notabene ini warisan, bisa kah langsung otomatis masuk di spt 2016 ane nanti / TA?
Bisakah ini engga perlu ikut ke TA? karena melihat per 11 katanya warisan bukan objek pajak, dan lumayan kalo rumah ini engga ikut ta meringankan bayar tebusan emoticon-Big Grin

FYI, ane sudah bekerja dan berpenghasilan di atas PTKP & ikut TA karena sudah punya mobil pribadi yang belum di laporkan pajak karena belum punya NPWP dan baru sekarang ini buat NPWP 2016.


Tks kaskus emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh YurayLusiluvul
mau share aja sedikit untuk pengurusan TA di bandar lampung, pengurus nya ribet. tiap pengurus, beda2 komplen nya. saya sudah bulak balik 4-5 kali gak beres2 urusan nya. udah ampir 1 bulan ngurusin, tetep ditolak harus betulin ini itu.

Alasan nya dari salah format, salah print, salah itungan, salah pake kurs, dll. sampe sekarang udah mau sebulan belum beres. padahal sy udah ikutin cara hitung nya. hri ini datang ke petugas 1 salah nya A, B. udah dibenerin, dateng ke petugas 2, salah nya C, D. sy sampe bingung ada salah apa lagi. dokumen bukti semua udah lengkap. sy dah tanya sama bbrp teman, kata nya mungkin gara2 saya ada kredit (yg mengurangi jumlah pembayaran tebusan) jadi dipermasalahkan. sy udah ngurus dari tanggal 12/08, semua arsip sengaja saya tetep pake tanggal 12/08 biar mereka tau sy mulai urus nya dah lama. sampe hari ini masih berlanjut.

mau tanya apakah ada hotline dari pusat untuk komplen? Terima kasih
Quote:


share gan pengalamannya dimari,,
dari mulai pengajuan sampe keluar surat TA nya,
biar pada dapat gambaran.
seberapa repot atau mudahnya urus ta,

tq

statistik-amnesti

Hi Agan2, sampai 14-Sept-2016 masih terkumpul 10T. Jauh juga dari target 165T.
Quote:


Masih ada kurang lbh 16 hari lagi batas akhir 2% gan.. Jadi mungkin pada nunggu yg 4% lbh berasa bayarnya.. emoticon-Wink emoticon-Big Grin
Quote:


Anda tidak datang mencari AR yang mengurusin anda di kantor pajak gan?? coba cari dlu ke AR nya, untuk mengetahui AR anda siapa, bisa tanyakan dibagian lobby yg antriannya aduhai ramainya.. silahkan dicoba gan, semoga sukses yah..emoticon-Big Grin
helo gan

edited post

saat ini saya sudah create akun di sse.pajak

boleh diminta panduannya gan :

NOP :
JENIS PAJAK :
JENIS SETORAN :
MASA PAJAK : s.d.
TAHUN PAJAK :
NO SK

gimana cara pengisian untuk field diatas ?

makasi gan
Diubah oleh winmaxcit
Ada perubahan tarif lagi kah? Tadi ada teman yang bilang semalam ada beritanya di tv
Quote:


ok gan jd kalo ane bikin laporan spt 2015 harta ane dimasukin sesuai aja gitu jadi gak perlu ikut amnesty kan? cek kulkas gan emoticon-Big Grin
Quote:


TA ini program omong besar pemerintah (dan mungkin juga program omong kosong).

Katanya aja sasarannya WP2 besar yg dananya di LN & data2 sudah dipegang, tapi faktanya, dari 10T yg sdh terkumpul itu, kebanyakan dari WP pribadi non UMKN di DN.

Jadi ingat program harga daging sapi yg harus Rp.80.000/kg waktu lebaran kemaren. Dulu memang harga daging sapi pernah Rp.80.000/k, tapi waktu itu 1 USD = +/- Rp.10.000. Sekarang 1 USD = +/- Rp.13.500, masih pengen harga segitu juga? Ngimpi kali ya, dipikirnya mau sim salabim langsung terkabul.

Buat info juga, hutang LN Indo +/- Rp.4.218T, cicilannya aja Rp.191T/thn.
Pemerintah udah bikin infrastruktur, sebelum duitnya ada, mo pinjam lagi, hutang sudah menggunung, jadilah dibuat program TA yang katanya menyasar WP2 besar, tapi fakta di lapangan, yang jadi korban ya kebanyakan WP2 kecil.
gan..ane barusan terpikir lagi

kalau kita report,apakah perlu kita melampirkan rekening koran mutasi kita ?

jika misal saya tidak ingat nilai tahun 2015,dan saya menebak2 saja..
misal saya tebak nilai saya 50 juta..ternyata aslinya ada 30 juta..apakah nanti bisa bermasalah ? dalam hal ini saya nebaknya kelebihan dari saldo sebenarnya di tahun 2015

oya gan untuk field di SSE pajak mohon bantuannya gan cara pengisiiannya,apakah NOP dan no SK diisi ?
MASA PAJAK : s.d.
TAHUN PAJAK :
kedua field diisi gimana gan ?

makasi bantuannya gan
mas gan mohon petunjuk untuk nubie
A. Anak
B. Nyokap

A kerja di UD. xxx pada tahun 2009 hingga 2013,
tahun 2013 A resign dari UD xxx, A lalu bikin NPWP (syarat untuk kredit rumah) biar bisa KPR rumah , sejak 2013 tidak pernah lapor SPT masa dan tahunan sampe 2016, Status NPWP waktu itu si A enggk tau lapornya pajak nya apakah di bawah PTKP atau diatas, karena si A suru orang yg ngerti buat ngurusin.

Pertanyaan nya :
Kmrin si A waktu KPR Bank biaya nya pake biaya si B , tapi Ajb>>>Sertifikat atas nama si A, sementara A pada waktu itu belum berpenghasilan ,seiring berjalan y waktu
-A dulu 2013 pegawai penghasilan dibawah PTKP tidak pernah lapor SPT bulanan dan tahunan ,
-2014 usaha dari rumah KPR tadi, ada penghasilan tapi tidak pernah lapor SPT bulanan dan tahunan jg
-2015 usaha dari rumah KPR tadi, ada penghasilan tapi omset menurun, tidak pernah lapor SPT bulanan dan tahunan jg
-2016 usaha dari rumah KPR tadi, ada penghasilan tapi penghasilan makin nurun dibawah PTKP, tidak lapor SPT bulanan jg
Mohon petunjuk dan solusi dari agan agan apa ikut TA atau bayar denda SPT aja sekaligus cantumin Harta Rumah KPR itu aja kah gan?
trus gan kalo kyk penghasilan yang gk stabil 2013,2014,2015 kan belum pernah lapor SPT, nah nanti pas kt mau bayar+denda apa di SPT kita isi sendiri nanti lapor nya beda beda 2013 sekian, 2014 sekian, 2015 sekian ? ato nanti petugas pajak nya hitung berpatokan berdasarkan NPWP awal kita lapor yaitu penghasilan dibawah PTKP ?

maap gan pertanyaan nubie thx gan masukanya
Quote:


Mmg ada perubahan tarif untuk tebusan nya gan.. Juli - Sept 2016 2%, Okt - Des 2016 4%, Jan - Maret 2016 6%.. bisa di cek di pedoman maupun website dirjen pajak gan.. emoticon-Big Grin
Quote:


Yang benar info nya Gan.
Halaman 75 dari 137


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di