arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Beginilah Perbedaan Antara Trem, LRT, MRT dan Monorel

Spoiler for buka:
Spoiler for buka:




Transportasi publik merupakan salah satu indikator utama yang menentukan maju atau tidaknya sebuah kota. Makin memadai transportasi publik sebuah kota, makin lancar mobilitas manusia di kota tersebut sehingga roda perekonomian bisa berjalan lebih baik. Bagi kota-kota metropolitan, umumnya memilih transportasi berbasis rel sebagai transportasi publik. Transportasi publik berbasis rel dianggap lebih cepat dan lebih banyak mengangkut penumpang dibandingkan transportasi yang menggunakan jalan raya seperti bus.

Terdapat beberapa istilah umum yang sering dipakai pada transportasi publik perkotaan berbasis rel. Beberapa istilah yang umum kita jumpai antara lain trem, LRT, MRT dan monorel. Masing-masing istilah memiliki perbedaan. Berikut adalah ulasan tentang perbedaaan antara trem, LRT, MRT dan monorel.


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Spoiler for buka:


Cukup sekian thread ini dari saya. Thread ini saya buat karena banyak orang Indonesia yang masih awam terhadap istilah-istilah transportasi rel perkotaan diatas. Hal ini dapat dimaklumi karena diantara empat moda transportasi yang dibahas diatas, tidak satupun yang ada di Indonesia. Jadi dengan adanya thread ini, semoga dapat memberi sedikit tambahan wawasan bagi yang membacanya. Namun beberapa istilah diatas bukanlah sesuatu yang mutlak karena memang tidak ada standar baku dalam penggunaannya.

Ada yang bilang kalau Indonesia sudah punya monorel yang berada di TMII. Hal tersebut salah besar. Kereta yang yang ada di TMII bukanlah monorel. Bisa dilihat pada gambar dibawah bahwa kereta yang di TMII sebenarnya menggunakan rel biasa.

Quote:
Diubah oleh arifdoank 07-09-2016 10:31
0
96.2K
359
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan