onikAvatar border
TS
OWNER
onik
[FR] Workshop Cyber Forensik by IDSIRTII
RELAWAN TIK INDONESIA PROVINSI ACEH



Rancangan Kerangka Acuan - General

Workshop Digital Forensics

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat membawa perubahan sosial di masyarakat. Dampak dari perubahan tersebut dapat bersifat positif dan negatif. Bersifat positif apabila membawa manfaat dan memberikan nilai tambah. Sedangkan bersifat negatif apabila merusak sikap dan tingkah laku yang mengarah ke tindak kejahatan dan kriminal. Hal inilah yang menyebabkan ketergantungan terhadap sistem komputer dan perangkat digital, sehingga menyebabkan kejahatan yang terjadi seringkali berhubungan dengan kedua hal tersebut. Kejahatan digital memunculkan barang bukti digital.
Barang bukti digital tergolong barang bukti abstrak sehingga membutuhkan perlakuan khusus untuk memproses dan memunculkan barang bukti tersebut. Maka dari itu, training ini akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana proses investigasi forensik pada barang bukti digital yang dihasilkan dari kejahatan sehingga dapat digunanakan pada persidangan ataupun digunakan untuk keperluan pembuktian lainnya.
Digital forensik merupakan turunan dari disiplin ilmu teknologi informasi (information technology/IT) di ilmu komputer, terutama dari ilmu IT security. Kata forensik itu sendiri secara umum artinya membawa ke pengadilan. Digital forensik atau kadang disebut komputer forensik yaitu ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Semua barang bukti digital (any digital evidence) termasuk handphone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisa.
Tujuan Workshop Digital Forensics
1. Memahami produk hukum IT di Indonesia
2. Memahami fase-fase yang dilalui dalam investigasi forensika digital
3. Memahami bagaimana proses pengambilan barang bukti dan proses kloning barang bukti
4. Mempraktekkan fase investigasi forensika digital dari mulai pengambilan barang bukti sampai proses kloning barang bukti
5. Memahami proses recovery files
6. Memahami analisa dan proses network forensics
7. Memahami teknik steganography
8. Mempraktekkan proses recovery files, analisa network forensics dan teknik steganography

Spoiler for Keterangan :


Spoiler for Sejarah ID SIRTII/CC:






Spoiler for Bahan Pelatihan Digital Forensic ID SIRTII:
Diubah oleh onik 06-10-2016 06:02
0
12.7K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan