ayahnabil
TS
ayahnabil
Nama Daerah di Indonesia yang “Serupa Tapi Tak Sama”
mungkin sebagian dari agan2 ada yg tinggal di daerah2 ini? yuk monggo silakeun dibaca! mayan dah buat nambah2 elmu.. yukk

Spoiler for no repsol:

Negara kita tercinta, terdiri atas begitu banyak pulau, wilayah, daerah, mau pun kota dan desa. Baik itu kecil mau pun besar. Terkenal atau terpencil. Bahkan saking banyaknya, terdapat nama daerah mau pun kota yang memiliki nama yang sama, namun letaknya sangat jauh berbeda. Dengan kata lain, serupa tapi tak sama. Serupa namanya, namun berbeda jauh jika dilihat dari kondisinya.

DEPOK
Contohnya, jika Anda tinggal di Jakarta atau pun di daerah sekitarnya, saat mendengar atau ditanya tentang nama “Depok”, maka pikiran Anda akan mengarah ke sebuah kota yang terletak di Kabupaten Bogor, yang masuk dalam Provinsi Jawa Barat. Namun, ceritanya akan berbeda jika Anda tinggal atau berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Apabila mendengar dan ditanya mengenai kata “Depok”, otomatis akan melayangkan pikiran Anda ke sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Serupa tapi tak sama. Bahkan sangat jauh letaknya, kulturnya, bahasanya, jumlah penduduknya, dan terdapat banyak lagi perbedaan-perbedaan lainnya. Dua hal yang persamaan, baik Depok versi Jawa Barat atau pun Depok versi Yogyakarta adalah keduanya berada di Pulau Jawa dan masih bernaung dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Spoiler for Depok (Jawa Barat):

Spoiler for Depok (Yogyakarta):


MANGGARAI
Ternyata bukan hanya Depok yang memiliki “saudara kembar”. Anda semua pasti mengetahui sebuah daerah yang bernama Manggarai. Tak jauh berbeda dengan Depok, salah satu kelurahan di Jakarta ini juga merupakan nama dari salah satu kabupaten di wilayah Indonesia bagian timur. Tepatnya di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lagi-lagi, serupa tapi tak sama.
Sama-sama memiliki menyandang nama Manggarai, namun letaknya sangat berjauhan satu dengan lainnya. Manggarai pertama, terletak di Jakarta yang notabene masuk dalam wilayah ibukota Negara, sedangkan Manggarai yang kedua terletak di bagian timur nusantara ini, masuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Manggarai versi Jakarta berstatus kelurahan, sedangkan Manggarai yang satu lagi berstatus kabupaten.
Spoiler for Manggarai (Jakarta):

Spoiler for Manggarai (Flores):


KUNINGAN
Lain halnya dengan Kuningan. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, daerah Kuningan yang dimaksud adalah sebuah salah satu kawasan bisnis yang merupakan bagian dari Segitiga Emas Jakarta, yang mencakup Jalan Rasuna Said, Gatot Subroto, M.H. Thamrin, Jenderal Sudirman.
Namun hal yang berbeda saat bersinggungan dengan salah satu daerah di Jawa Barat. Kuningan yang dimaksud adalah Kabupaten Kuningan. Daerah ini adalah salah satu tempat bersejarah, yakni menjadi lokasi tempat dilaksanakannya Perundingan Linggarjati pada bulan November 1946.
Kendati demikian, menurut sumber dari Wikipedia, asal muasal nama Kuningan di Jakarta tidak lepas dari sejarah Kabupaten Kuningan. Hal ini terkait erat dengan seorang tokoh bernama Dipati Ewangga, yang tak lain adalah panglima pasukan tentara Kuningan. Lantaran menetapnya di Cangkuang (sekitar 2 km sebelah tenggara kota Kuningan sekarang) Dipati Ewangga mendapat julukan Dipati Cangkuang.
Tatkala pasukan Demak dan Cirebon menyerang Banten (1526 M) dan Sunda Kalapa (1527 M) yang merupakan pelabuhan kerajaan Sunda Pajajaran, pasukan Kuningan diikutsertakan dalam penyerangan tersebut dan dipimpin langsung oleh Dipati Cangkuang. Akhirnya Banten dan Sunda Kalapa bisa ditaklukkan dan kemudian Sunda Kalapa berubah nama menjadi Jayakarta dan sekarang menjadi Jakarta.
Tampaknya Dipati Cangkuang beserta sejumlah pasukannya, juga sebagian pasukan dari Cirebon dan Demak kemudian terus menetap di Jakarta. Rupanya Dipati Cangkuang memilih ke daerah selatan agak ke pedalaman sebagai tempat tinggal mereka di Jayakarta, kemudian mendirikan perkampungan yang diberi nama sama seperti kampung halaman mereka yaitu Kuningan.
Spoiler for Kuningan (Jakarta):

Spoiler for Kuningan (Jawa Barat):



Bijimane gan?? Apa diantara agan2 sekalian ada/mau nambahin??? monggo atuh gan.. emoticon-Traveller
0
17.5K
78
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan