rhezoelAvatar border
TS
rhezoel
yamaha, tolong tingkatkan kualitasmu
permisi agan-agan sebelumnya.
setelah melakukan pertimbangan, akhirnya ane putuskan untuk membuat thread di surat pembaca.
bukan untuk menjatuhkan, akan tetapi ingin memberikan kritik sebagai konsumen, tujuannya adalah berharap merk tersebut dapat meningkatkan kualitasnya dikemudian hari. oia ane bukan fans merek tertentu.

jadi begini, sudah bertahun-tahun saya menggunakan merek yang terkenal dengan lambang sayap sebagai pilihan utama ketika membeli sepeda motor. alasannya simpel, karena memang selama ini saya cukup nyaman dengan produk tersebut. bahkan ane masih punya motor yang sekarang sudah berumur 10 tahun dan tetap layak jalan, berkali-kali ketika setiap service, ane tanyakan ke mekanik bengkel resmi tersebut apakah sudah waktunya untuk turun mesin?sampai berumur 10 tahun mekanik tersebut tetap menyarankan tidak dan jujur ane sangat salut.

akhirnya tahun kemarin, ane memutuskan untuk berpindah menggunakan merek yamaha. alasannya adalah karena selama beberapa tahun terakhir jujur ane menyukai desain produk yamaha yang menurut ane bagus. lalu peningkatan kualitas terutama setelah yamaha mengeluarkan teknologi bernama blue core. sedikit kepo juga ingin menjajal teknologi tersebut akhirnya ane memutuskan untuk membeli soul gt 125cc

Spoiler for penampakan motor:


overall ane suka dengan produk tersebut, material yang digunakan cukup solid menurut ane. mesin blue core juga cukup hemat jika lampu indikator eco menyala. jika mati, menurut ane masih cukup boros dibandingkan dengan pesaingnya. yang ane kaget adalah kapasitas tanki bensinnya. dimana ane mengisi fulltank pertamax selalu dibawah 20rb, sekitar 17rb dengan harga pertamax saat ini.

disaat km menunjukkan 2500, motor ane sempet terdengar bunyi2 aneh jika kondisi mesin masih dingin. setelah ane komunikasikan ke bengkel, masalah tersebut terjadi pada bagian engkol dah sudah solved.

lalu di km 6000 ane merasakan keanehan pada bagian rem depan. tiba-tiba tuas rem ane menjadi sedikit lembek. setelah ane konsultasikan ke bengkel resmi, katanya hanya perlu di setting sedikit dan rem menjadi normal. setelah di service, ane merasakan rem kembali menjadi agak keras dan feeling ane terhadap rem seperti agak berbeda. tapi yasudahlah yang penting rem tidak terlalu lembek seperti sebelumnya.

di km 8000 rem ane kembali lembek, ane kembali ke bengkel resmi untuk sekalian service berkala. dan katanya bengkel kampas rem cakram ane sudah habis. akhirnya ya sudah ane putuskan untuk mengganti kampas tersebut dan kampas rem menjadi normal walau menurut ane masih agak aneh.

km 10.000 rem kembali menjadi lembek, jujur ane merasa frustasi. akhirnya ane melakukan protes kepada mekanik karena sudah 2 kali service ane selalu mengeluh masalah rem, bahkan sudah ganti kampas rem akan tetapi tidak pernah menyelesaikan masalah utama. paling lama 3 minggu setelah di service rem kembali menunjukkan tanda-tanda kembali menjadi lembek sebelum akhirnya kualitas pengereman menurun. lalu kata mekanik tersebut " wah rem soul gt 125 seperti itu normal, rem soul gt 125 common part dengan mio m3 125cc. coba saja mas test rem mio tersebur, pasti sama. rem soul gt 125 itu tidak bisa di setting mas". jujur ane kaget, bukankah selama ini mekanik selalu menjelaskan penyelsaian masalah rem ane, walaupun ujung-ujungnya selalu kambuh adalah "remnya hanya perlu di setting". sontak ketika mekanik tersebut bilang rem soul gt 125 tidak bisa di setting membuat ane sangat kaget. tapi setelah di service 2 minggu, rem ane kembali kambuh dan untuk saat ini adalah saat yang paling parah. dari kecepatan 40km perjam, jika hanya menggunakan rem cakram perlu sekitar 5 meter untuk rem dapat memberhentikan motor. beberapa kali ane nyaris menabrak mobil dan motor di depan ane. akhirnya ane kembali ke bengkel resmi

Spoiler for penampakan:


Spoiler for penampakan:


Spoiler for penampakan:


akhirnya ane kembali ke bengkel resmi, bertemu dengan kepala mekanik dan ane bilang "pak mohon maaf, masalah rem adalah masalah keselamatan. tolong pak saya ingin solusi menyelasaikan masalah bukan solusi sementara untuk masalah rem ini jika memang ada part yang perlu diganti, saya akan membayar pak"

setelah diperiksa oleh kepala mekanik tersebut, ternyata pompa rem cakram sudah rusak. jadi selama ini, permasalahan rem ane dikarenakan pompa rem ane rusak. untuk estimasi biaya kerusakan, harga pompa rem sekitar 114 ribu, ditambah dengan minyak rem 15 ribu untuk ongkos service ane lupa harganya berapa karena tadi ane kebengkelnya siang-siang jadi baru besok baru bisa diganti.

pengalaman ane memiliki motor, baru kali ini ane memiliki pengalaman pompa rem cakram ane rusak. disini ane benar-benar kecewa terlebih dikarenakan motor ini terhitung baru 1 tahun dan bagian yang rusak adalah bagian yang paling penting dalam unsur keselamatan berkendara.

ane paham, bahwa kualitas motor terkadang diturunkan agar harga motor tersebut dapat terjangkau dengan konsumen. akan tetapi tolong, jangan turunkan kualitas yang berkenaan dengan unsur keselamatan.
Diubah oleh rhezoel 26-08-2016 08:09
0
4.5K
36
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan