zaros87
TS
zaros87
hal yang dapat membuat hubungan lebih intim

Hubungan membutuhkan upaya dan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendorong keintiman untuk mengembangkan hubungan. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan hubungan yang lebih intim dengan pasangan.

10. Benar-benar hadir untuk satu sama lain

Menggunakan ponsel sambil menyetir bisa berbahaya, tetapi menurut studi yang dilangsungkan di University of Minnesota, selalu memegang ponsel dan jarang berhubungan dengan keluarga pun bisa membahayakan hubungan. 

Menggunakan ponsel mungkin tidak terlihat sebagai suatu hal yang berbahaya, padahal hal tersebut bisa membuat Anda tidak lekat dengan pasangan. Saat Anda memegang ponsel terus menerus, Anda tidak bisa berfokus pada percakapan dan tidak bisa mencerna sinyal-sinyal sosial, yang bisa mengarah kepada salah pengertian dan membuat si pasangan merasa terasing dan sakit. Anda tidak sungguh-sungguh hadir untuk pasangan jika hanya hadir secara fisik tapi tidak dalam pikiran. Untuk membangun keintiman, pilihlah salah satu aktivitas yang ingin Anda lakukan. 

Ingat-ingat polah Anda sehari-hari, apakah Anda selalu membawa ponsel ke tempat tidur, ke meja makan, dan ke mana pun setiap saat?

9. Kontak Mata

Saat Anda melihat mata pasangan dari seberang meja makan, Anda tak hanya memberikan perhatian, tetapi Anda juga sedang berusaha melakukan keintiman. 

Kontak mata adalah kunci komponen untuk bersosialisasi dengan orang lain, dan itu merupakan satu bagian penting untuk menciptakan hubungan yang intim, romantis, dan lainnya. Komunikasi tatap mata dan saling berhadapan merupakan sebuah komunikasi yang perlahan, non-verbal, serta membuat Anda lebih ringkih terhadap orang tersebut. Kontak mata menunjukkan keterbukaan, rasa percaya, dan meningkatkan perasaan dimengerti oleh pasangan. 

8. Afeksi Fisik

Afeksi atau menunjukkan rasa sayang secara fisik tak hanya bikin seseorang merasa lebih nyaman, tetapi juga memicu tubuh kita untuk meningkatkan jumlah produksi oksitosin (hormon cinta), karena efek perasaan enak itu, tetapi juga menimbulkan hubungan romantis yang kuat. Afeksi fisik tidak sebatas hubungan seksual saja, tetapi hal-hal kecil, seperti berpegangan tangan atau berpelukan juga masuk dalam hal ini. 

Tetapi memang, seks juga bisa meningkatkan level oksitosin yang juga bisa membantu meregulasi area otak untuk belajar, mengingat, dan merasa lebih nyaman, yang disebut arginine vasopressin, yang juga membantu membangun hubungan dengan pasangan. Kedua zat tersebut membantu membangun keintiman antara Anda dan pasangan, juga kemampuan untuk bersosialisasi. 

7. Religius

Berbagi kepercayaan yang sama, juga bisa membantu meningkatkan keintiman. Memiliki filosofi dan pegangan hidup yang sama bisa membangun koneksi yang lebih besar. Riset membuktikan bahwa kepercayaan yang sama bisa membantu menguatkan hubungan.

6. Perhatikan dengan Seksama

Memiliki hubungan yang intim secara emosional, mental, dan fisik dimulai dengan mendengarkan apa yang ingin ia katakan dan memerhatikan apa yang ia lakukan. Mungkin kedengarannya sederhana, tetapi pelaksanaannya tidak juga. Untuk benar-benar memerhatikan pasangan, Anda harus benar-benar berfokus, singkirkan pikiran tentang pekerjaan dan aktivitas lainnya. Benar-benar mendengarkan pasangan, berarti tidak menguap, tidak memalingkan wajah, tidak sambil baca koran, dan tidak menyela pembicaraan. 

5. Terhubung Secara Emosional

Ketika Anda tidak benar-benar hadir secara emosional kepada pasangan Anda, berarti Anda menahan detail-detail intim, dan itu menghambat perkembangan keintiman dengan pasangan. Buat momen berbagi hal-hal detail dengan pasangan sebagai hal yang penting, seperti apa yang terjadi di kantor, juga tentang rahasia Anda. Berbagi perasaan dan mimpi adalah cara unik untuk menunjukkan kerentanan Anda, sambil membuat si dia mengenal siapa diri Anda yang sesungguhnya. 

4. Menerima Tanpa Syarat

Seringkali kita mendambakan seorang pria yang sempurna di bayangan kita. Memang, kita sadar, tak ada manusia yang sempurna, tetapi tanpa sadar, kita berusaha mengubah si dia untuk menjadi orang yang sempurna di benak kita. Ide tersebut tidak selalu realistis atau adil untuk pasangan Anda. 

Penerimaan akan diri pasangan berdampingan dengan mendorong si pasangan berbagi detail diri terdalam si dia, seperti mimpi, angan, tujuan, perasaan, dan sejarah diri. Pasangan Anda harus merasa cukup percaya pada Anda untuk menceritakan itu semua kepada Anda dan yakin bahwa Anda bisa menerimanya apa adanya, dan tidak akan meledek atau menjelek-jelekkannya. Begitu pun sebaliknya. Tentu saja, ada kalanya ketika perubahan itu diperlukan dan penting ketika ada hal-hal yang perlu disesuaikan untuk pemenuhan kebutuhan bersama. Misal, kebiasaan buruk si pasangan jadi membahayakan kesehatan sekeluarga, atau kebiasaan buruk Anda berbelanja dalam jumlah besar membuat tabungan jebol, dan lain sebagainya. 

3. Suportif

University of Iowa meneliti adanya 4 tipe dukungan dalam sebuah hubungan; 

* Dukungan fisik dan emosi, bentuknya; berbagi dan mendengarkan, dengan cara berpegangan tangan dan berpelukan. 

* Kepercayaan diri; menawarkan dorongan kepercayaan diri.

* Informasional; menawarkan nasihat. 

* Bentuk nyata; membantu dengan tambahan tanggung jawab dan pemecahan masalah. 

Yang terpenting adalah memberikan dukungan yang dibutuhkan, dan selalu waspada untuk dukungan informasional yang berlebihan. Tak ada yang suka didikte terlalu banyak. 

2. Tertawa Bersama

Tawa itu menular. Setiap kita mendengarnya, otak kita secara otomatis ingin ikut tertawa. Menurut studi, secara alami kita mengikuti gestur dan ekspresi wajah orang yang kita ajak bicara, termasuk tawa. Jadi, saat kita tertawa, lawan bicara kita juga sebenarnya juga sudah ikut terkena efeknya. Tawa adalah salah satu cara untuk membangun keintiman. Tak ada salahnya menonton komedi dengan si dia sesekali. 

1. Kesamaan Kesukaan dan Mengejarnya Bersama

Menurut penelitian, pernikahan pertama yang berakhir pada perceraian secara umum terjadi setelah usia tahun ke-8, dan perpisahan terjadi sejak tahun ke-7. Riset lain lagi memperkirakan, hubungan menemui kebosanan di usia tahun ke-7, secara rata-rata, menemui hubungan mereka merenggang secara emosional. 

Usir kebosanan itu sebelum terjadi dengan berbagi pengalaman bersama. Apa kesamaan ketertarikan yang Anda sama-sama miliki? Lakukanlah. Pengalaman ini tak hanya meningkatkan kedekatan karena Anda melakukan aktivitas bersama, tetapi juga karena berbagi sejarah, dan jika beruntung, berbagi lelucon lokal antara Anda dan dia.

sumber : kompas
image : google
0
28.4K
216
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan