alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nyalon DKI-1, Tri Risma Harus Mundur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ab068e5a5163d93b8b456a/nyalon-dki-1-tri-risma-harus-mundur

Nyalon DKI-1, Tri Risma Harus Mundur

INDOPOS.CO.ID–Bila mencalonkan diri sebagai calon gubernur (cagub)DKI Jakarta, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini harus terlebih dulu mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini dikatakan oleh Anggota KPU Provinsi Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Choirul Anam.

Menurutnya, aturan tersebut tertuang dalam UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pada pasal 7 ayat (2) huruf p, disebutkan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil walikota, yang mencalonkan diri di daerah lain harus berhenti dari jabatannya sejak ditetapkan sebagai calon.

”Jadi bukan hanya Bu Risma saja harus turun. Siapapun yang akan maju sebagai kepala daerah di lain tempat. Maka harus mengundurkan diri terlebih dahulu,” ujar Choirul Anam saat dikonfirmasi Radar Surabaya (INDOPOS Group), Selasa (9/8).

Choirul Anam melanjutkan, pengunduran diri tersebut harus dilakukan pasca bakal calon kepala daerah ditetapkan oleh KPU. ”Nanti kalau gagal terpilih, tidak bisa lagi kembali menjabat kepala daerah seperti yang dijabat seelumnya,” tuturnya.

Untuk itulah, Tri Rismaharini harus berpikir matang-matang jika ingin maju dalam persaingan dalam pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta. ”Kecuali petahana, seperti Pak Ahok yang akan maju kembali menjadi gubernur. Tidak perlu mengundurkan diri,” jelasnya.

Hasil dari data terkumpul, selain UU yang disebutkan di atas, pada Perppu Pasal No 1 Tahun 2014 tentang Pilkada juga disebutkan, gubernur, bupati dan wali kota harus mengundurkan diri dari jabatannya jika ingin mencalonkan diri. Kalau tidak, KPU baik provinsi dan kabupaten/kota berhak menganggap bakal calon tersebut gugur.

Hal tersebut diatur sesuai dalam Bab III tentang Persyaratan Calon pada Pasal 7 pada huruf O berbunyi bahwa, calon harus berhenti dari jabatannya bagi gubernur, bupati, dan wali kota yang mencalonkan diri di daerah lain. Kemudian juga pada huruf p, di pasal yang sama, berbunyi calon gubernur, bupati dan wali kota tidak berstatus sebagai penjabat gubernur, penjabat bupati dan penjabat wali kota.

Hal senada disampaikan oleh Kabiro Administrasi Pemerintahan Umum Pemprov Jatim Supriyanto. ”Surat pengajuan dirinya nanti harus diserahkan kepada menteri dalam negeri melalui gubernur. Tapi, kalau maju di pilkada Surabaya tidak harus mundur, dan hanya cukup cuti saja. Tapi kalau maju daerah lain harus mundur,” kata Supriyanto.

http://indopos.co.id/nyalon-dki-1-tri-risma-harus-mundur/

emoticon-Leh Uga
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Harus mundur coy...gantinya wisnu pulak.sdh jatuh ketiban tangga
Kirain mau kayak si joko...
Kan gak mundur tuh dia
Udah ga mau masih didorong-dorong....kolega jahat juga
Berpikir matang" pale lu, secara rismanya di titah sama kanjeng mami
Quote:


aturannya skrg beda
kalo dia akhirnya gagal jadi DKI1

yg maksa2 dia hijrah ke JKT pasti pura2 jadi org pilon smuah... kelakuan....
Quote:


nasbung bgt (tiba2 budeg, dan matanya buta) seolah2 ga terjadi apa2emoticon-Ngakak (S)
Quote:


lo berharap apa sama spesies bernama nasbung

emoticon-Ngakak
kamera . . . action emoticon-Request
siap2 smpe jakarta risma mau lambaikan tangan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Aturannya kok sering berubah2 ya.
Yang Ahok sampai harus judical review harus cuti 4 bulan, padahal dulu Foke mungkin cuma 2 minggu cutinya.
Ini juga dulu Jokowi ga perlu mundur, sekarang harus mundur.

Yang tanda tangan UU itu siapa sih, apa gak dibaca?
Quote:


makanya saya bilang mustahil RISMA ikut gan bro...............mana mau warga SBY ditinggal RISMA......... emoticon-Cape d...

"andaikata" PDI-P nekad bawa RISMA..........apa yakin simpatisan PDI-P di SBY nggak lari........ emoticon-Cape d...

ini cuman sandiwara banteng aja.............supaya nanti dekat-dekat injury time baru teriak itu....... emoticon-Cape d...
mengundurkan diri jalan terbaik...
emoticon-Kaskus Radio
Oh gampang.
Klo gagal di jakarta.
Tinggal nyagub di jatim. Beres
Ati2 buk ojok gelem dibujuki mbek panasbung...kualat engkok
Quote:


beres pala lu pitak....

sapa yg mo nyoblos pengkhianat pas balik lagi ke surabaya?


oh iya..., warga SBY tolol2 smuah, beda ama warga DKI ... jadi tentu banyak aja yg milih dia lagi emoticon-army:

Quote:


nasbung anjing!!!
Quote:


jangan salahkan sapa2 kalo orangnya sendiri mo didorong dan didukung.
kasihan ibu risma kalo jadi cagub dki
bakalan nggak menang melawan ahok
wakilnya ngebet banget mau jadi walikota
emoticon-Traveller
Rugi mah
Mending selesaikan dulu,trus ikut periode selanjutnya emoticon-Cool
Quote:


Eh blok.
Napa loh sewot.
Gua cuman kasih opsi.
Emng gtu.
Gausah terguncang
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di