new.laopanAvatar border
TS
new.laopan
Sri Mulyani: Kekhawatiran Terbesar Saya Adalah Meningkatnya Ketimpangan di RI
Dalam ceramahnya di acara Tatap Muka di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok pagi ini, mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti makin tingginya kesenjangan ekonomi di Indonesia.

Makin besarnya ketimpangan antara yang kaya dan yang miskin ini tercermin dari indikator kesenjangan (koefisien gini) Indonesia. Pada 2003, koefisien gini masih 30 dan pada 2014 sudah 41.

"Salah satu kekhawatiran terbesar saya adalah meningkatnya ketimpangan di antara masyarakat," ujar Sri dalam paparannya di Kampus UI, Depok, Selasa (26/7/2016).

Jurang ekonomi yang tinggi akan menghambat pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. "Ketimpangan yang sangat tajam bisa menghambat potensi pertumbuhan jangka panjang Indonesia," dia menambahkan.

Masalahnya, dia menambahkan, kesenjangan di Indonesia banyak ditentukan oleh hal-hal di luar kendali penderita (yang mengalami ketimpangan). Sepertiga ketimpangan di Indonesia disebabkan oleh 4 faktor pada saat seseorang lahir.

"Yaitu pertama provinsi di mana mereka lahir, kedua apakah tempat lahir itu desa atau kota, ketiga apakah kepala rumah tangganya perempuan, dan keempat tingkat pendidikan orang tuanya," Sri menyebutkan.

Dengan kata lain, kesenjangan pendapatan bukan sekadar dampak dari ketimpangan semata, tetapi akibat adanya ketimpangan peluang.

"Anak-anak Indonesia yang lahir dengan ketimpangan tersebut akan sulit mengatasi ketimpangan di masa depannya," ujarnya.

Maka perlu pemerataan agar ketimpangan ini dapat diatasi, terutama pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan.

"Cita-cita Indonesia adalah di mana pun bayi itu lahir dia bisa mendapat fasilitas kesehatan dan pendidikan yang sama. Ketidakadilan ini harus diatasi segera," pungkas Sri.

http://finance.detik.com/read/2016/0...n=CMS%20Socmed
0
873
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan