ardisutrisnoAvatar border
TS
ardisutrisno
Jokowi Akan Resmikan Tol Pejagan-Brebes Timur untuk Mudik Lebaran
KATADATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan ruas tol Pejagan – Brebes Timur. Ruas tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa ini akan bisa digunakan untuk jalur mudik lebaran tahun ini, untuk mengurangi kepadatan di Jalur Pantura.



PT Waskita Karya (Persero) Tbk. yang membangun proyek tol ini memastikan peresmian tersebut dilakukan hari ini (16/6). Dalam agenda presiden, rencananya siang ini Jokowi juga akan berangkat ke Cirebon untuk kunjungan kerja, sekaligus memastikan proyek Tol Trans Jawa yang sudah bisa dioperasikan.

Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Choliq mengatakan tol yang akan diresmikan dari pejagan hingga Brebes Timur, memiliki panjang 20,8 kilometer. "Langsung dari Jakarta ke Brebes Timur panjangnya 280 kilometer," kata Choliq ketika dihubungi Katadata, kemarin (15/6). Nantinya para pemudik, bisa menggunakan Tol Trans Jawa mulai dari Merak, Banten, hingga Brebes Timur, Jawa Tengah, tanpa terputus.

Setelah selesai menggarap Pejagan – Brebes Timur, Waskita Karya akan segera melanjutkan pembangunan sisa ruas tol tersebut hingga ke Pemalang. Total ruas tol tersebut hingga Pemalang panjangnya mencapai 57,5 kilometer.

Untuk diketahui proyek tol ini sebenarnya sudah rencanakan pembangunannya sejak 20 tahun lalu. Namun, proses pembangunannya tidak kunjung terlaksana. Badan Pengelol Jalan Tol (BPJT) pernah mengungkapkan penyebab mangkraknya tol ini karena terkendala masalah lahan dan seleksi tender yang kurang baik.

Akhirnya pada Juli 2014, Waskita Karya mengambil alih proyek tersebut dari anak usaha Grup MNC, yakni PT MNC Infrastructure Utama. Waskita Karya mampu merealisasikan Tol Pejagan-Brebes Timur hanya dalam jangka waktu 14 bulan. Adapun total investasi yang dikeluarkan Waskita Karya untuk pembangunan ruas tol ini mencapai Rp 2 triliun.

“Target kami pembangunan Tol Pejagan – Pemalang, paling tidak tahun depan beres," kata Choliq.

Sebagai bagian dari Trans Jawa, selain Pejagan – Brebes Timur, pemerintah juga akan mengoperasikan ruas tol Bawen – Salatiga sepanjang 17,6 kilometer. Kemudian ruas tol Solo – Kertosono sepanjang 10 kilometer, Kertosono – Mojokerto sepanjang 23 kilometer, Mojokerto – Surabaya sepanjang 18 kilometer, serta Gempol – Pasuruan dengan panjang 13 kilometer.

Selain itu untuk jalur mudik di Sumatera, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan sudah ada sebagian jalan tol yang bisa dilalui. Beberapa ruas tol Trans Sumatera sudah rampung dan bisa digunakan masyarakat saat mudik lebaran mendatang.

Sumber: Peresmian Tol Pejagan - Brebes Timur
0
10.8K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan