alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak
4.69 stars - based on 52 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57622baf14088da56f8b4571/sinamot-mahar-super-mahal-ala-batak

Sinamot, Mahar Super Mahal Ala Batak

Tampilkan isi Thread
Halaman 53 dari 66
pantesan si lae kerja mulu hahah emoticon-Ngakak (S)
Itu baru maharnya, belum resepsinya emoticon-Cool mahal amat
wkwkwk. adat istiadat ini wajib dibudayakan.
emoticon-I Love Indonesia
masi ada ja ni trit, udah.. gak usah kawen klen.. biar gak banyak kli org mcam klen nyemak-nyemaki negeri ini.. cem mna.. setujunya klen smua..
sinamot haha
Namanya juga dagang, kadang laku kadang engga
mahal juga ya gan
Tambah wawasan soal perkimpoian
ane baru tau kalau sinamot ntuh mahar emoticon-Big Grin
nice inpo ts
eh buset makanya org batak mau nikah lama bgt
Wah ane baru tau ginian. Mahal juga ya..
GA heran ada beberapa tmn org Batak udah 30an blm juga nikah. kerja gaji cuma 3jutaan
Baru denger istilah sinamot
untung istri ane orang jawa, mahar terjangkau emoticon-Ngakak
Kasian yang udah san*e gan emoticon-Wakaka
Super gan, cuman sayang sekali ga ada keharusan laki-laki batak buat nikah dengan perempuan batak aja. Nah kan biasanya habis nikahin perempuan non batak yg ga ribet acara nikahnya trus wjahnya jg cantik pas uda punya anak pasti tu anak d kasih marga lalu di batak2in lah dy. Sialnya kalo anak itu perempuan, kan kasian cowo biasa dari keluarga pas-pas an yg mw nikah am tu cewe pasti dharusin bayar sinamot mahal belom lagi beli marga. Eh uda beli marga itu nanti yg ngurus acara nikah adatnya malah org tua angkat batak calon mempelai pria non batak. Orang tua kandung mempelai pria ga tau kemana selama proses ini, syedihh gan bisa bkin ortu ngerasa ga dihargain. Bayangin aja gan bt sekarang aja byari pacar uda susah, ga taunya pas uda dpet cewenya punya bapak batak pula. Cilaka dah tu gan alamat susah bt nikah. Jd bijimana ini solusinya? Apakah diwajibkan batak menikah sesama batak aja? Atw jika terjadi kimpoi campuran misal laki2 batak menikahi wanita non batak maka anaknya nanti meskipun dkasih marga ga usah terlalu diribetin adatnya. Mengingat si anak bukan lagi pure batak (campuran lhooo dari ibunya). Ane pernah nemu blogger yg punya kisah sedih seputar adat istiadat ini gan yg sdkit byk membuka mata serta pikiran ane. Adat itu memang ciri masyarakat qt yg majemuk tp tlong d inget lg agan kalo adat itu aturan tertulis & tak tertulis yg dbkin orang tua di masa itu buat ngatur kelompok/keturunannya berdasarkan apa yg mereka anggap paling tepat di masa itu sesuai dengan standar moral & perilaku yg di anut. Nahh karena zaman berubah & manusia jd semakin cerdas maka tidaklah salah jika qt mengesampingkan adat yg sekiranya merugikan atau tidak tepat lagi dikerjakan sekarang. Misalnya aja adat yg selalu mengutamakan mabok2an miras setiap acara adatnya, judi trs pamer status sosial di acara adat. Ga salah mungqn cmn ga enak banget buat ane pribadi di antara orang2 itu. Ane jg punya suku & bangga dengan adat istiadat suku ane tapi tidak semua adat itu masih cocok untuk dikerjakan saat ini. Misalkan mencari satu kepala untuk menghormati anggota keluarga yang uda meninggal, kan seremm gan cuman praktek gitu sekarang uda ga dikerjain lagi. Syukurlah pemimpin klan/adat uda sepakat ga make kepala orang lagi, nah itu contoh buah pemikiran manusia maju yang dkasih Tuhannya akal pikiran & hart nurani serta menggunakannya. Bukan buat di anggurin sambil terus melakukan adat yang uda ga jelas lagi relevansinya. .hehehehhe
Sekian agan2, ngepul berasap dah jempol ane.
bugis juga gitu kan gan , masih banyak sistem mahar sesuai pendidikan.
tmen ane banyak bugis tuh
Ayo mas mas batak berjuang untuk calon istrimu nanti...... semanggat

Tapi hidup harus bertetangga yah dengan yg lainnya jagn EGOIS, KASAR, CUEK sama tetangga yg bukan BATAK..... sisanya BATAK ITU HEBAT... CUMA EGOIS SAMA AROGAMNYA aja dengan tetangga yg jelek


Lanjut gan
Quote:


Nice info gan, Horas mejuah juah salam sada roha. emoticon-Sundul
Halaman 53 dari 66


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di