bacoksaiAvatar border
TS
bacoksai
Evolusi Honda CBR900RR Series
permisi om mimin, momod, agan/aganwati, om hansip & guest semuanya emoticon-Big Grin
disini ane mau sharing tentang perjalanan 20 tahun Evolusi Honda CBR900RR Series
nah yg mau ane bahas adalah tentang model Honda CBR900RR Series dari antar generasi selama lebih 20 tahun perjalanan & perkembangannya dari masa ke masa.
ok deh, langsung aja cekibrot gan emoticon-Big Grin


The Honda approach: The Joy of Handling, Total Control


20 Years Of Evolution
Timeline:

Sejak kehadiran generasi pertama CBR 900 RR pada tahun 1992, Seri CBR telah berevolusi selama lebih dari 20 tahun.
Seiring perjalanannya dengan berbagai inovasi, semua ini untuk satu tujuan, memberikan rider kendali penuh di segala lintasan (The Joy of Handling, Total Control)

Generasi 1 - CBR900RR tahun 1992
Bertujuan untuk menciptakan sebuah sepeda motor dengan performa tinggi yang dapat mengalahkan seri RVF750 dalam ajang Suzuka 8 Hours Endurance Road Race, Honda mengembangkan sebuah model tahap penelitian lanjutan yang mengarah langsung ke CBR900RR, yang pertama kali diluncurkan tahun 1992. Dengan tujuan untuk menandingi performa akselerasi motor unggulan para pesaingnya, Honda meningkatkan stroke pada mesin 750cc inline 4-silinder dan meningkatkan displacement mencapai 893cc. Melengkapi tenaga motor yang luar biasa ini adalah berat motor sebesar 185 kg, jarak sumbu roda sebesar 1,405 mm dan body yang hampir serupa dengan model tahap penelitian lanjutan. Semua digabungkan menjadi sebuah paket motor super sport dan sepeda motor yang sangat mudah dikendalikan. Dengan mengembangkan motor yang paling ringan dan compact di kelasnya, Honda mengantarkan kita era motor super sport yang berfokus akan pengendalian dan kontrol yang luar biasa.


Generasi 2 - CBR900RR tahun 1994
Diluncurkan dua tahun setelah generasi pertama, CBR900RR keluaran tahun 1994 menghadirkan efisiensi mesin yang ditingkatkan dan fork depan yang dapat di atur dengan kemampuan road-holding yang luar biasa. Berkat fitur-fitur ini, mesin dengan kendali luar biasa ini menjadi semakin menarik. Untuk meningkatkan desain ringan model awal kepada tingkat selanjutnya, setiap bagian motor kembali dipoles, dengan cowl atas yang dibuat dari aluminium bukan besi dan penutup kepala silinder dari aluminium menjadi magnesium. Gaya motor juga berubah banyak. Lampu depan dual light diubah menjadi multi-reflector lights yang disebut “tiger eyes”, dan cowl menjadi segaris dengan body motor.


Generasi 3 - CBR900RR tahun 1996
Rangka twin spar tidak terlalu merubah penampilan dari model 1992-1995, namun hal ini membuat motor menjadi lebih ringan dan mengoptimalkan kekakuan. Bentuk tangki bensin dan posisi duduk yang baru, memberikan pengendalian yang semakin baik. Tampilan luar menghadirkan cowl belakang yang baru dengan tingkat aerodinamis yang baik. Pada mesin, lubang mesin dibesarkan 1 mm dan stroke menjadi 71 mm x 58 mm, meningkatkan displacement dari 893cc menjadi 918cc. Meningkatkan rideability 4 PS lebih tinggi dari keluaran maksimum 128 PS dan posisi klep penutup baru pada karburator. Berkat pipa pembuangan dari bahan besi stainless, bentuk tangki bensin dan membuang pompa bensin, CBR900RR tahun 1996 memiliki berat 183 kg – 1 kg lebih ringan dari model generasi pertama.


Generasi 4 - CBR900RR tahun 1998
Sejak awal, sepeda motor seri CBR telah di desain seringan mungkin. Untuk tahun 1998, 80% bagian dari CBR900RR tahun 1996-1997 di desain kembali. Tim bertujuan untuk desain ringan bahkan pada tingkat hanya sebuah mur, yang mengurangi berat kering sampai 189 kg dan meningkatkan performa dinamis. Poros swingarm dengan kekakuan yang ditingkatkan, ringan dengan bentuk swingarm baru, kepala pipa dengan dimensi yang direvisi, serta desain elemen baru yang digabungkan untuk menghasilkan stabilitas kecepatan yang lebih tinggi. Para pengendara juga menghargai tenaga ekstra yang ditawarkan oleh model ini, berkat pengaturan mesin baru yang meingkatkan horsepower sebanyak 2 PS menjadi 130 PS


Generasi 5 - CBR900RR tahun 2000
Dipasarkan di Amerika Utara sebagai CBR929RR. Sampai dengan model tahun 2000, mesin CBR900RR tidak mendapatkan banyak perubahan, tapi akan di desain ulang sepenuhnya. Seri ini menjadi seri pertama dari mesin CBR series yang mengadapsi fuel injection system (PGM-FI, Programmed Fuel Injection), kapasitas mesin meningkat menjadi 929cc, dan maksimal output naik dengan signifikan, menjadi 148 PS. Body dan Frame di desain ulang sepenuhnya. Plat independen berbentuk U diadakan di pivot swingarm , sehingga menjadi frame semi-pivotless. Tanpa menaikkan tingkat kekakuan lebih dari yang diperlukan , mekanisme ini memungkinkan bagian belakang menjadi optimal fleksibel saat menikung. Yang menghasilkan kombinasi stabilitas superior di tikungan dan handling yang sangat ringan dari sebuah super sport bike. Sekarang lebih dari segalanya, CBR900RR telah menjadi sebuah super sport bike yang dapat di nikmati oleh semua rider. Seterusnya, dalam menjaga identitas lightweight dari seri tersebut, exhaust pipe (pipa knalpot) dan sebagian kecil dari muffler dibuat dari bahan titanium, yang membantu mengurangi berat kosong menjadi 170 kg—15 kg lebih ringan dari model generasi pertama.


Generasi 6 - CBR900RR FireBlade tahun 2002
Dipasarkan di Amerika Utara dan Jepang sebagai CBR954RR Seri terakhir yang menggunakan nama CBR900RR, model tahun 2002 yang menghadirkan displacement sebesar 954cc dan keluaran maksimum yang lebih besar sebanyak 150.9 PS (Spesifikasi Eropa). Lubang piston ditingkatkan dari 74 mm menjadi 75 mm, sangat mengurangi berat piston dan pin piston sehingga mencegah getaran tambahan dan tekanan yang berkaitan dengan meningkatnya displacement. Mendesain ulang crankshaft dan bak mesin membantu mengurangi total berat mesin dan friksi, yang bertujuan meningkatkan performa yang sangat baik dan semakin responsive. Hal ini membuat model tahun 2002 memiliki berat 168 kg—2 kg lebih ringan dari model tahun 2000. Selain menawarkan tenaga lebih, model tahu 2002 berpegang teguh kepada konsep dasar motor super sport paling ringan yang menawarkan kontrol penuh. Dengan pengendalian yang luar biasa dan ukuran body yang mudah dikendalikan, CBR900RR tahun 2002 menerima penghargaan untuk mengadaptasi aspek-aspek terbaik dari model generasi pertama dengan keunggulan lebih.


Generasi 7 - CBR1000RR FireBlade tahun 2004
Model generasi ketujuh menghadirkan fitur suspensi belakang Unit Pro-Link, sistem pembuangan tengah dan teknologi maju lainnya dari dunia balap. Didesain dengan partisipasi di Kejuaraan Dunia Superbike dan ajang balap lainnya, motor yang ringan, compact, dengan displacement mesin 998cc memiliki beberapa fitur baru. Sistem Programmed Dual Sequential Fuel Injection (PGM-DSFI) menghadirkan dua injector independen per silinder, yang dapat segera diaktifkan sesaat pacuan gas seperempat terbuka di kecepatan 3,000 rpm atau lebih tinggi, menghasilkan keluaran yang lebih tinggi pula. Sistem induksi udara langsung membantu mesin untuk memberikan karakteristik hasil yang luar biasa dan respon pacuan gas yang cepat di range rpm sedang ke tinggi. Dapat digunakan tidak hanya dijalan namun juga sirkuit balap, CBR1000RR membuka kemungkinan baru untuk motor super sport seri CBR.


Generasi 8 - CBR1000RR tahun 2006
Tetap mempertahankan struktur dasar model tahun 2004, model tahun 2006 menghadirkan port kepala silinder lurus dan port pembuangan yang lebih besar. Penyesuaian bentuk dan timing pada katup meningkatkan efisiensi pembakaran, pemasukan dan pembuangan, menghasilkan mesin yang lebih maju dan putaran yang lebih kuat pada kecepatan rendah dan sedang. Diameter rem cakram depan ditingkatkan dari 310 mm menjadi 320 mm namun ketebalannya dikurangi dari 5 mm menjadi 4.5 mm, dan rem belakang menghadirkan caliper yang lebih ringan dan compact. Perubahan ini meningkatkan performa pengereman dan mengurangi berat kendaraan.


Generasi 9 - CBR1000RR tahun 2008
Dengan konsep All the Best in Super Sport, CBR1000RR generasi kesembilan didesain untuk menjadi nomor satu dalam rideability, desain dan tenaga. Model ini menghadirkan sistem back torque limiter yang diambil dari RC212V, serta assist slipper clutch yang mengurangi beban tuas kopling. Kemampuan berkendara tradisional seri CBR juga ditingkatkan. Roda yang ringan dan caliper rem monoblok yang membuat desain semakin ringan dan compact, serta knalpot yang lebih pendek membantu memusatkan berat. Cowl atas mengurangi area permukaan pada bagiannya menjauh dari pusat gravitasi motor, dan cowl dudukan dibuat lebih compact. Dengan beberapa fitur desain model membantu massa kendaraan semakin terkonsentrasi.


Generasi 10 - CBR1000RR tahun 2009
CBR1000RR ABS menghadirkan Electronically Controlled Combined ABS pertama di dunia untuk motor super sport. Sistem Brake-by-Wire ini mengkonversi tekanan hidrolik yang disebabkan oleh tungkai rem pengendara dan input pedal menjadi sinyal elektronik, yang secara bergantian untuk memberitahu pada unit tenaga seberapa kekuatan rem yang dibutuhkan. Karena computer memberikan kontrol tepat atas distribusi daya rem depan-belakang dan operasi ABS, sistem tersebut mengakomodasi karakteristik kendaraan yang merupakan sebuah isu dalam pemasangan ABS pada motor super sport: body yang ringan, bersumbu pendek dan pusat gravitasi yang tinggi yang menyebabkan tingkat pitching yang tinggi saat akselerasi dan deselerasi. Sebagai tambahan, memposisikan sistem pada bagian tengah layout motor membantu mengurangi berat unsprung dan masa yang terkonsentrasi, menjaga performa dinamis motor super sport yang luar biasa.


Generasi 11 - CBR1000RR tahun 2010
Dikembangkan berdasarkan model tahun 2009, CBR1000RR generasi kesebelas dipoles kembali di setiap bagian untuk memberikan para pengendara kenikmatan berkendara yang lebih sporty. Untuk mengurangi daya putaran selama perjalanan, diameter flywheel ACG lalu ditingkatkan, dan cranckshaft untuk memasangkan flywheel dibuat lebih kaku, menghasilkan 6,87 persen peningkatan dalam massa inersia crankshaft dan bagian-bagian yang bersangkutan. Pengendalian dari pengoperasian throttle juga ditingkatkan. Untuk mencegah peningkatan berat, kipas radiator motor dibuat lebih compact, ketebalan pipa pembuangan juga dikurangi, dan baut untuk menutup kap mesin diganti menjadi alumunium. Penyesuaian seperti ini membantu penyempurnaan model ini ke tingkat selanjutnya.


Generasi 12 - CBR1000RR tahun 2012
Menandakan hari jadi seri CBR yang ke-20, CBR1000RR tahun 2012 didesain dengan tujuan semakin mudahnya pengendalian, dimana hal ini sangat diperlukan bagi motor super sport. Dalam segala aspek, sepeda motor ini telah mencapat tingkat kedewasaan yang baru. Suspensi depan dan belakang, yang memiliki dampak signifikan bagi pengendalian, masing-masing telah diberikan struktur baru. Bagian belakang menggunakan Balance-Free Rear Cushion, dimana piston tak berkatup berada didalam silinder, mendorong keluar oli yang melewati komponen terpisah untuk meghasilkan redaman kekuatan. Bagian depan menggunakan Big Piston Front Fork dengan area penerima tekanan yang lebih besar untuk redaman kekuatan yang lebih halus. Mesin ini menghadirkan pengaturan fuel injection yang di revisi untuk kontrol yang lebih baik saat gas mulai dibuka dari tertutup rapat, memberikan pengendara sebuah akses tenaga yang besar namun dengan ketenangan hati.



informasi lebih lanjut ada DISINI

sekian dulu dari ane emoticon-Big Grin
budayakan komeng yg bermutu gan emoticon-Cool
kalo berkenan mohon di emoticon-Rate 5 Star
dan di guyur emoticon-Toast
tapi jgn dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L)
SUMBER
0
41.3K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan