alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Kuis ini Cuma Buat Fans Game of Thrones Sejati. Hadiahnya Mangstab Gan!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[THREAD MIKIR] Zakat 2,5% dari Tuhan, Pajak (PPn) 10% dari mana?
3.74 stars - based on 92 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5716383b9e740484558b456a/thread-mikir-zakat-25-dari-tuhan-pajak-ppn-10-dari-mana

[THREAD MIKIR+BACA] Zakat 2,5% dari Tuhan, Pajak (PPn) 10% dari mana?

Tampilkan isi Thread
Halaman 61 dari 62
Quote:


uda ada gan, ente aja yg males nyarinya...si TS aja uda ga ada kan di disini, berarti uda ketemu

sudah ane rapihin tritnya gan, CEK POST #10 tentang, teori2 dari kaskuser sekalian.
Untuk jawaban pastinya ane juga ngga tahu. ane disini sebagai penanya, kalau pun agan2 disini tidak ada yang tahu pasti jawabannya, mungkin bisa bantu menyuarakan pertanyaannya sampai didengar oleh orang yang tahu. atau mungkin yang kerja di DPR bisa bantu carikan NASKAH AKADEMISnya. atau ada yang kuliah di STAN/alumni bisa bantu nanya ke Bpk. UNTUNG SUKARDJI. ane mau ke luar kota dulu gan, sorry kalau belum rapih amat

SELAMAT SIANG, SEMOGA HARI AGAN MENYENANGKAN.
emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh strukturman
Quote:


muslim itu makhluk apa drunk?

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
yakali dibanding bandingin sama zakat. Segala sesuatu yg dibanding bandingin sama hal hal yg berbau ajaran agama pasti ada kontranya. Karna lo lo pada berpikir agama yg kalian anut pasti benar, ga ada ruang kritisi, ga bisa banyak mikir dan tanya, yg ada di otak kalian cuma "imani saja !".
assalamualaykum gan ,

NO SARA .

ane ga pandai itung2an matematikan gan..
ane cuma komen ke TS , ane ga melayani org lain utk jidal .

zakat itu ibadah gan ..
didedikasikan utk menghormati ibadah yg agung yg mana abu bkr as shiddiq telah menghunuskan pedang utknya (zakat - dan tunaikanlah zakat. Qs Al Baqarah 110) .
kepala kepala di penggal .
dan sahabat sahabat terbaik rasulullah shallalahu alaihi wa salam terbunuh ..
kenapa ? karena agar supaya manusia mau membayar zakat yg agung ini.
wajib membayar zakat dengan segera sama seperti sumpah dan kaffarat .
karena perintah secara mutlak (Al Baqarah 110), berarti harus di segerakan.

pajak sama zakat 2 hal yg berbeda gan,

pajak itu mnurut Alquran hukum buatan manusia,
suatu hal yg sangat sangat mengkontradiksi syariah.
dasarnya pemikiran manusia bukan wahyu,
kita juga udah tau kan manusia tdk pernah luput dari yg namanya kesalahan..
kalo dikatakan pajak itu wajib mungkin utk dustur (uud).
tp menurut Alquran pajak itu gak wajib malah gak ada sama sekali, bahkan parahnya mau menyaingi Hukum Allah dgn hukum buatan manusia.
karena manusia khususnya Islam ga mengimani UUD, hehehe ...

jd mnurut yg ane pelajarin org islam itu ga bisa bilang bayar pajak itu wajib gan, biarpun dan kalopun teorinya ada dan jelas dan terang benderang.

cukup bayar zakat aja itu udah jelas dari mana asal muasal dan target pencapaiannya (ahlul zakat).
transparan , manfaatnya jelas .

ga seperti pajak yg ga jelas mau di kemanain itu duit,
mungkin jawabnya suka suka gw yg buat aturankan gw.
mungkin dimakan sendiri (korup).
mungkin utk buat nuklir.
mungkin juga utk dana peperangan,
atau membantai suatu umat.
who knows ? wallahu alam ..
hehe namanya juga manusia gan (tiran).

pajak itu mnurut ane memang bukan ibadah, tp jelasnya memang dinilai mengkontradiksi syariah.

ane juga masih bayar pajak gan,
pajak tanah sama pajak motor mungkin ada yg lain2 yg ane ga tau.
tp itu dalam keadaan terpaksa.
dan sebenernya ane ga mau.
karena besarnya dan tdk jelas arahnya kemana..

ane takut bayar pajak tp uangnya malah utk membunuh org (perang) .

kena ayat ini loh gan :
Sesungguhnya Orang-orang kafir itu, menginfakkan hartanya untuk menghalang-halangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan (terus) menginfakkan harta itu, kemudian mereka akan menyesal sendiri, dan akhirnya akan menyesal sendiri dan mereka akan dikalahkan. ke dalam neraka jahanamlah mereka akan dikumpulkan (Al Anfal 36).

org bijak taat pajak? engga juga .. hehehe.

tp org islam sebenernya juga kenal pajak koq..
namanya jizyah, cuma itu pembahasan yg fundamental ..
akarnya juga jelas kalo mau dibahas.
tp bukan di forum ini .
Diubah oleh Wargore
saya rasa memang pajak 10% itu kampret sekali emoticon-Traveller
TS salah membandingkan pajak di luar negri, itu yg ditampilkan pph, bukan ppn. Klo di indo, besar pph di bawah 5%, yakni sekitar 2.5%.
Coba ts bandingin aja ppn indo dg ppn negara maju, semoga bisa ketemu jawabannya
Mungkin ada dana tak terduga gan. Cadangan kalo misal ada yg main curang ato gmn ga tau ane emoticon-Ngakak
intinya sih kebijakan pemerintah dr dulu kala,

untung masih 10%
kalo 50% bijimana
seru juga bacanya dari yg paling sotoy ampe yg paling paham...
ane alergi itung2an emoticon-Big Grin jadi nyimak aja ahhh emoticon-Big Grin
nubi mau tanya dong klo ada pegawai pajak yang mantau disini,

klo penyusun UU terdahulu bilangnya gak tahu.. nah sekarang di DJP ada mekanisme evaluasi tarif pajak gak ya? misal 1 tahun sekali, 2 tahun, atau 5 tahun sekali... kalo ada mekanisme itu mungkin bisa terjawab dari situ..salah satu isinya pastinya unsur2 perhitungan yg digunakan dasar sebagai penetapan tarifnya..

klo memang di page one ane baca tarif PPN tergantung dari inflasi yg mempengaruhi daya beli masyarakat, dkk.. nah itu kan tiap tahun pasti ada perubahan berapa tingkat inflasinya (walaupun mungkin gak jauh).. nah untuk penyesuaian tarif pajaknya misal ada penurunan/peningkatan inflasi atau dasar lainnya, harusya tarif pajak juga ada penyesuaian..mungkin suatu waktu PPN naik jadi 10,4%.. atau mungkin suatu waktu bisa turun jadi 9,6%..atau dalamkondisi ekstrim bisa 5% atau 15%.. hehe.. (nubi ngaco ya? haha..)
yg jelas kan ada penyesuaian dan pastinya diitung lagi tuh..dan yg penting dasar/unsur2nya itu dipublikasikan juga..

sori klo udah ditanyakan di komen2 sebelumnya..gak baca komen..cuma baca page one..


satu lagi gan..
sori nih gan TS sebelumnya, itu ada nama yg belom ke sensor di screenshoot nya..Ashari Nursetyo Nugroho.. siapa tahu narsum nya gak terima krn janji ente mau nyensor namanya.. mungkin bisa dikoreksi...
Diubah oleh prince.ace.exe
penetapan ppn 10% itu sendiri pastilah dengan pengkajian yg telah dilakukan sebelum2nya dan juga ada dasar filosofisnya sendiri kenapa bisa terkena di angka 10% balik lagi klo memang diambil 10% dri uu ya namanya juga uu yg buat siapa? manusia, yg menetapkan siapa? manusia, dan apa yg ditetapkan manusia itu tidak akan bertahan abadi pasti akan dilakukan perubahan2 lainnya disesuaikan dengan perkembangan jaman, keadaan ekonomi, sosial n politik

dan dalam penetapannya sendiri ga dalam waktu singkat butuh waktu yg tidak sebentar dan disesuaikan dengan keadaan ekonomi yg sedang stabil gan
pajak 10 % itu klo mau maen cocok logi itu udah ada dari jaman Abraham ( klo kristen ) atau Ibrahim ( klo islam ).. ane sih gak tau benang merahnya sama PPH 10 % tapi fungsinya sama setoran ke Raja atau pemerintahan. sama kan skrg PPH 10 % kita setor kemane ?? ya ke dirjen PAJAK.. klo gak ada pajak negara gak bisa di bangun kayaknya.. dan negara akan runtuh klo pajak tersebut di korupsi atau di ambil yang mana bukan peruntukannya.
Dari pemerintah doang ya gan emoticon-Smilie
Nice tret gan.. Cendol sent
Quote:


ya kan udah saya bilang semua ada pertimbangannya, ngapain juga ente jabarin pertimbangan Tempe emoticon-Wkwkwk

ente baca dulu makanya, yg saya tegasin itu semua punya pertimbangan baik tarif pajak maupun tarif Tempe. cuma levelnya gk sama. masyarakat awam juga belum tentu ngerti sama analisa teknikal Dan fundamentalnya.

tsny peduli pajak, bagus deh, kalo bisa tsnya juga lebih peduli gak hanya tarif PPN, tapi pajak daerah dan retribusi, pajak kendaraan bermotor , dan pajak penghasilan juga dikritisi, tapi dengan syarat tidak hanya mengkrritisi tapi ikut juga membangun negara, karena mau tidak mau atau suka tidak suka pajak merupakan penopang negara kita sekarang ini, kalo dulu jaman orde baru, masih ngandelin minyak ama utang buat pembangunan, tapi sekarang 80% penerimaan negara dari pajak, makanya pemerintajhan sekarang ini sangat menggenjot penerimaan dari sektor pajak,. apalagi tax ratio kita terhitung rendah. antara wajib pajak dan jumlah penduduk indonesia tidak semuanya menunaikan kewajibanny sebagai warga negara dengan membayar pajak. jadi saya harap rakyat indonesia mau berkontribusi dengan ngeh masalah pajak dan membayarnya kalo emang ada terutang pajak karena itu merupakan kewajiban kita sebagai warga negra,
ngikut ah, butuh penjelasan jg

kalo kata orang jawa
mosok ujug-ujug mak bedunduk 10%
Pajak jenis ini, yang dibagikan secara adil dan dengan cara yang benar telah disebutkan oleh para ahli fikih empat madzhab dengan penamaan yang berbeda-beda sebagaimana hal ini didukung oleh perbuatan ‘Umar in al-Khathab radliallahu ‘anhu di masa kekhalifahannya, dimana beliau mewajibkan pajak sebesar 10% kepada para pedagang ahlu al-harb, sedangkan untuk pedagang ahlu adz-dzimmah sebesar 5%, dan 2,5% bagi pedagang kaum muslimin.

Sumber: https://muslim.or.id/6283-pajak-dalam-islam.html
Halaman 61 dari 62


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di