..marahAvatar border
TS
..marah
FENOMENA GPU ARTIFAK. Reball Solusi Permanen ? Are u believe this fairy tale ?


GPU adalah salah satu device pada komputer yg berguna untuk proses grafis. disini GPU berperan penting untuk menjalankan berbagai aktifitas yg berhubungan dengan grafis., entah itu OPENGL, DX, ataupun yg terbaru VULKAN
Namun ditengah canggihnya era gaming.. GPU kini dikhususkan terutama untuk keperluan game. ya siapa sih yg ga pengen berlama2 main game ? dan kini dengan semakin canggihnya proses fabrikasi dalam pembuatan GPU. makin kecil juga ukuran DIE pada chipset GPU tersebut.

Permasalahan yg umum terjadi. semakin anda sering atau intensif menggunakan GPU untuk bermain game. semakin dekat pula GPU anda dengan fenomena artifact. apa itu artifact ?

Artifact adalah kondisi dimana GPU tidak melakukan proses yg seharusnya dilakukan. hal ini berhubungan dengan jutaan transistor di dalam gpu unit yg melakukan komunikasi dengan bios, clock, memory controller. maupun driver yg dijalankan.
gejalanya bisa berupa grafis kacau. no display. tidak bisa diinstal driver. hang. dan lain2

Perlu diketahui. puluhan tahun yg lalu. GPU artifact dipercaya karena rusaknya BGA (Ball grid Array) solder bola timah yg digunakan untuk mensolder chipset dengan PCB. banyak yg berpikir artifact disebabkan melelehnya atau retaknya beberapa BGA ini dibawah chipset. atau bisa jg disebut cold solder joint. yg juga terkenal dikalangan XBOX 360 waktu itu. fenomena RROD

Namun saya disini ingin memperjelas. Artifact sama sekali gada hubungannya dengan BGA yg rusak. dan proses reball adalah teknik bulshit. yeah. bulSHIT !! kebanyakan orang mau membayar mahal dengan proses reball. yaitu proses pengangkatan chipset, lalu membersihkan BGA lama. kemudian chipset dipasang kembali dengan BGA yg baru. its just totally bulshit, alat reball sebenarnya adalah alat untuk memasang chipset yg baru. bukan chipset lama diangkat lalu dipasang kembali.
karena artifact itu sebenarnya disebabkan oleh CHIPSET itu sendiri. chipset yg dipakai terus menerus, apalagi tidak disertai power supply yg mumpuni. lama kelamaan akan mengalami artifact, atau driver beta yg penuh bug. itu juga bisa menyebabkan artifact permanen. jarang sekali VGA overheat bisa menyebabkan artifak. sebagian besar GPU artifak disebabkan oleh kurangnya power , listrik statis dan error pada driver.

Chipset yg reball bisa benar itu benar. tapi bukan karena BGA nya habis diganti. chipsetnya benar. karena terkena proses panas dari pengangkatan chipset waktu BGA akan diganti..
nobody believe the truth.. cause theres a lot of money in lies.
0
5.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan