alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572d8c21582b2e22178b4568/hal-yang-harus-diperhatikan-saat-memilih-jurusan-dan-perguruan-tinggi

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi

Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 16
request edit gan,berdoa yang paling utama emoticon-Smilie
kalo dari pengalaman, cari info dari internet mengenai jurusan yang paling kamu minatin. Selain dari internet, coba tanya temen atau kakak2 yang udah pengalaman jurusan, yang paling tokcer sih dateng ke fakultas dan tanya langsung disana. Selain dapet pencerahan pasti bakal dapet link yang sangat berguna.

Pilih baik2 jurusan yang paling kamu minatin, kalaupun ngira salah jurusan ya tinggal ngulang (tapi pasti sayang waktu kan?), makanya enjoy dan nikmati kuliah yang dipilih.

"Kuliah itu bukan cepet2an lulus, tapi menurut versi terbaikmu"
pastikan kemampuan finansialnya sukur2 dapat mengkover kegiatan adek2 sekalian dari awal sampe akhir ya...sukses selalu...
setelah jurusan barulah nyari kerja susah
Quote:


Pilih jurusan atau universitas jangan karena ikut-ikutan temen atau karena lagi tren.

Tapi pilih jurusan karena sesuai dengan minat dan bakat, kemudian baru cari universitas yang sesuai dengan kemampuan dan tetap usahakan yang terakreditasi A.

Hidup agan yang nentuin agan sendiri, bukan temen-temen atau tren. Minat dan bakat setiap orang beda-beda, kalau yang maksa kadang kuliahnya ga bener, lulusnya pas-pasan akhirnya nyari kerja juga susah.

Kalau yang sesuai minat bakat, lebih ikhlas ngejalaninnya. Mau kuliah jam 7 atau jam 4 sore juga pasti dateng ga akan tergantung sama temen-temen.

Intinya kenali dulu diri agan, minat dan bakat agan, baru pelajari tentang jurusan dan universitas yang akan dituju..
Diubah oleh just_for_owdy
Pesen dari ane: kalo niat kuliah 100%, pilih kampus besar yang namanya udah terkenal seantero jagat raya, itu terjamin kualitas, lulusannya punya skill yang mumpuni, walau bayarannya mahal...
Ni juga penting, kalo ga ada duit ato ga cukup, jangan maksain langsung kuliah setelah lulus SMA..
Diubah oleh kaskuserckr
berguna banget ini thread emoticon-2 Jempol
Jadi inget SNMPTN 7 tahun yg lalu.. ga ada yg lolos satupun. Sedih. Gw dulu mentingin gengsi cari kuliah di kampus keren. Dari SNMPTN, UM, UMB, dan apapun namanya ga ada yg lolos Di PTN 5 teratas Indonesia. Jurusan yg gw ambil dulu emang tinggi peminatnya Elektro, arsitek. Pokoknya teknik gw maunya dulu.
Ahirnya gw diterima di poltekkes. Jauh bgt ya dr teknik ke kesehatan bodo amat lah yg penting kuliah tapi di poltekes juga masih nyangkut sama teknik soalnya jurusan yg gw ambil elektromedik.
Skrg udah lulus udah gawe dari 4 tahun yg lalu dibidang yg sama dg kuliah gw. Gw jadi service engineer di perusahaan distributor alat kesehatan. Dari sabang sampe merauke udah gw datengin.
Gw liat temen temen gw yg dulu milih di PTN keren tapi jurusanya ngasal sedapetnya skrg pada kerja di bank, di logistik gudang, dept store dll, jarang yg sesuai sama jurusan kuliahnya.

Yg penting jurusanya bro ntar lo dapet keahlian kusus di bidang lo. Lo punya nilai jual.
yg plg penting mah sesuai sama keinginan diri sendiri, jadikan pilihan ortu sebagai saran bukan sebagai keharusan, its ur life not ur family life, yg ngejalanin agan bukan keluarga agan, terus jgn ngikutin gengsi mulu, gengsi gedhe tp ga kuat ngejalaninnya jg percuma emoticon-Salaman emoticon-Matabelo
Ikuti apa kata hati, karena yg akan ngejalanin kuliah dengan jurusan yg kita pilih nanti adalah kita bukan temen kita, atau ortu kita emoticon-Cool
mantab saranya...
emang bener. salah satunya kudu cari info ttg jurusan dan univ tujuan. bukan cuma lewat internet tp juga kakak angkatan. penting banget soalnya banyak yg salah paham dan tertipu sama judul jurusan terkait. jurusannya apa dikira belajarnya apaan, ternyata salah paham. banyak nih kejadian. dan lagi, jangan sampe masuk jurusan tertentu karena menghindari mata kuliah ttg topik tertentu. misal masuk jurusan ips buat ngehindari makul yg ada hitung dan angka. bakal tetep diajarin statistika juga kok. jadi pandai pandai lag memilih.
ane salah jurusan emoticon-Stick Out Tongue
bener tuh gan ikutin suara hati emoticon-Cool
Semoga pilihan ane cocok deh dan terbaik jedepannya
ane sih perhatiin cewe cewe nya aja gan emoticon-Wakakaemoticon-Peluk
Makasih banget gan, bermanfaat banget infonya.
ane mau daftar di PNJ jurusan informatika, somoga diterima di sana.
btw di sini ada yang kuliah di PNJ ?
.....
Diubah oleh kodokbejibun
ane sih nekenin ke biaya, inget adik adik masih biaya dari orang tua, ngukur juga kemampuan keluarga. Kecuali dapet beasiswa ya baru bebas, pengalaman pribadi sih ini yang gagal (bayar) masuk ke PTN. Welcome to the new world mate!
prioritas utama, sadar diri kemampuan agan sampai dimana
berguna banget gan buat ane,, emoticon-Toastemoticon-Ultah
Halaman 12 dari 16


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di