Sahib Al LisanAvatar border
TS
Sahib Al Lisan
Minta Sarannya Gan~ Mobil Ditarik Lessing, Apa yang Mesti Dilakuin?
Permisi Agan2 yang baik hati.. Ijinin ane cerita masalah kendaraan ane yang ditarik pihak Lessing. Entah ini salah kamar, maafin Nubi yaa..

Awal September 2015 lalu, ane membeli 1 unit mobil Innova Diesel tahun 2005 di sebuah showroom mobil di kota Ane. Alhamdulillah, akhirnya hasil nabung dikit-dikit bisa kesampaikan beli mobil gan. Rencananya mau dipakai untuk usaha dan transportasi ortu ane.

Showroom tempat ane beli mobil tersebut bekerjasama dengan MN* FInance sebagai pihak lessing. Jujur, ane memang gak mengerti serba-serbi mobil. Jadi ane bawa montir di dekat rumah untuk sekedar ngecek kondisi mobil.

Setelah bayar DP, proses lessing, dan mobil ane pake, ternyata berselang 2 minggu saja mobil itu rusak. Ane segera melayangkan protes kepada pihak showroom tempat ane beli mobil, tapi pihak showroom menolak bertanggungjawab. Dia mulai mengelak ketika ane temui. Telpon gak pernah diangkat dan SMS gak dibalas. Yaudah, berarti ane yang harus menghadapi kerusakan mobil itu.

Berhubung tempat ane tidak di perkotaan, agak sulit bagi montir2 di kota ane memperbaiki mobil tersebut. Dari satu bengkel pindah ke bengkel lainnya. Total ada 5 bengkel silih berganti yang mencoba memperbaiki mobil tersebut. Lama perbaikan memakan waktu lebih kurang 6 bulan.

Montir yang satu memprediksi kerusakan ada pada kabel-kabel dan ECU (Enggine Control Unit). Montir yang lain mengatakan kerusakan ada pada mesin. Ane bingung karena semenjak mobil itu mogok/ mati total, sama sekali gak bisa dihidupin lagi. Montir-montirnya pada angkat tangan, gan.

Selama 6 bulan itu pula, ane secara kooperatif terus membayar cicilan mobil sebesar Rp 3.123.000,- / bulan. Walau sama sekali ane gak bisa make mobil yang ane cicil. Ane pikir waktu itu, yang namanya hutang yang dibayar. Mobilnya sehat atau rusak, yang cicilan akan tetap dibayar juga. Dari pada nanti kena denda. Yaudah, ane ikutin terus aturannya.

Tapi setelah 6 bulan, ane mulai putus asa. Mobil ane gak kunjung bisa diperbaiki. Sementara ane terus membayar cicilannya yang cukup gede. Akhirnya ane putuskan untuk tidak lagi membayar cicilan mobil sampai ntu mobil bisa idup dan sehat.

Tapi ternyata mobil tersebut memang gak bisa idup lagi, gan. Dua bulan berikutnya, tibalah peringatan SP3 dari pihak lessing. Mobil ane akhirnya ditarik oleh pihak Lessing MN*. Debt Colektor yang menjemput mobil ane ke rumah terpaksa mendereknya.

Ane mengerti resiko yang ane dapat, Gan. Pertama, nama ane diblacklist di BI Checking. Kemudian secara kerugian materi; untuk DP mobil, cicilan 6 kali, biaya perbaikan mobil, dll, ane udah kehilangan sekira Rp 40 juta.

Ane minta saran dari agan-agan yang punya pengalaman dan mengerti hukum..
- Apa seharusnya yang ane lakuin sekarang?
- Apakah masih ada hak-hak ane yang bisa ane perjuangkan?
- Apa resiko lain yang harus ane waspadai?

Berhubung ane baru pertama kali dapat urusan begini, ane bingung gan. Terimakasih masukannya..
0
3.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan