idem412
TS
idem412
Apa Itu D4? Apa Bedanya dengan S1? Kamu Harus Tahu!

thread pertama .... sebenar hanya reupload artikel aja karena bagus


Apa Itu D4? Apa Bedanya dengan S1? Kamu Harus Tahu!



[ISIGOOD.COM] Kamu siswa yang baru lulus SMA/SMK/sederajad dan sekarang lagi nyari tempat kuliah? Wah, pasti kamu lagi pusing tujuh keliling karena bingung mau pilih yang mana di antara begitu banyak pilihan kampus dan prodi-prodinya. Tenang sajaa, intinya sih kalau memilih prodi ya sesuai dengan passion dan bakat kamu. Sementara kampus, cukup cari yang memang memiliki pamor bagus dan terakreditasi dengan baik. Mudah kan?

Nah, di antara semua kebingunganmu memilih tempat kuliah dan prodi, pernahkah kamu bingung memilih strata yang akan kamu ambil? Yang dimaksud strata adalah D3, S1, dan D4 atau biasa juga disebut S1 Terapan. Wah, apa bedanya tuh? D3 itu kan diploma, untuk mahasiswa yang berorientasi kerja, dan posisinya setingkat di bawah S1. Sementara S1 itu kan sarjana, bisa lanjut S2 menjadi Master dan S3 menjadi Doktor. Nah, apa pula itu D4? Lanjutan dari D3? Terus dari D4 itu harus ke S1 lagi? Atau bisa langsung ke S2? Atau gimana? Bingung kan?

Oke, nampaknya memang masyarakat kita masih awam dengan D4. Umumnya kita mengenal bahwa setelah lulus SMA atau sederajad, kita bisa memilih D3 sebagai program diploma yang kuliahnya berorientasi pada praktek sehingga lebih mudah diterima kerja, atau memilih S1 alias program sarjana untuk menjadi akademisi yang berorientasi pada pengembangan ilmu. Jadi, apa pula itu D4? Inilah hal-hal yang wajib kamu pahami tentang D4 jika sedang berburu tempat kuliah.

Pahami dulu KKNI, alias Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kenali tiga jalur pendidikan serta stratanya dan bagaimana konsekuensinya pada dunia kerja. Di mana posisi D4?


Quote:


YA, D4 itu setara S1


Quote:


Karena D4 itu setara S1, jadi bisa gak ya lanjut S2? YA BISA DONG!


Quote:



sumber
0
21.5K
65
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan