atandi
TS
atandi
Malaysia Temukan Kapal Kedua yang Membawa 10 Sandera WNI
Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan penemuan kapal kedua yang membawa sandera 10 WNI. Kapal tersebut, yakni kapal tongkang Anand 12, berhasil ditemukan otoritas Malaysia di perairan Lahad Datu, negara bagian Sabah.
Sebelumnya, kapal itu dilaporkan membawa muatan 7.000 ton batu bara dan 10 orang anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia yang kini masih disandera.
"Menurut informasi sementara, isi kapal dalam kondisi utuh," kata Retno dalam pernyataan pers di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (5/4).
Retno mengatakan, kapal Anand 12 saat ini masih berada di tangan agensi penguat kekuasaan maritim Malaysia dalam rangka uji forensik yang bisa memakan waktu 7-10 hari. Menurut Retno, penemuan kapal Anand 12 tidak lepas dari proses diplomasi yang dilakukannya kepada Menlu Malaysia Anifah Aman pascainsiden perompakan dan penyanderaan 10 WNI.
"Mengingat lokasi terjadinya perompakan dan penyanderaan berdekatan dengan wilayah Malaysia, maka saya juga membuka komunikasi dengan Menlu Malaysia pada tanggal 31 maret 2016 dan meminta kerja sama jika sewaktu-waktu diperlukan," kata Retno.
Menurutnya, Pemerintah Malaysia ketika itu menyatakan kesiapan untuk bekerja sama jika ada perubahan situasi yang memerlukan kerja sama malaysia.
"Komunkasi saya dengan Menlu malaysia terbukti sangat berguna dalam menindaklanjuti ditemukannya kapal tongkang Anand 12," kata Retno.
Aksi pembajakan yang diikuti dengan penyanderaan 10 ABK WNI awal pekan lalu melibatkan dua kapal berbendera Indonesia yaitu kapal tunda Brahma 12 dan kapal tongkang Anand 12 yang membawa 7.000 ton batu bara dan 10 orang awak kapal WNI. Kapal Brahma 12 langsung dilepaskan pihak perompak ketika insiden terjadi, namun kapal Anand 12 baru dilepaskan belakangan dan berhasil ditemukam otoritas Malaysia.
Natasia Christy Wahyuni/PCN
Suara Pembaruan

sumber ; http://www.beritasatu.com/dunia/358406-malaysia-temukan-kapal-kedua-yang-membawa-10-sandera-wni.html
0
1.9K
20
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan