shinjo86Avatar border
TS
shinjo86
Gara-gara ngaskus komputer atau laptop kamu jadi lemot? Ini dia Solusinya!


Bermula dari curcol agan balagendir, kebetulan ane nemuin artikel yang cocok untuk kasus ini. Dan dulu ane juga pernah ngalamin hal serupa ketika masih pake laptop tua.

Quote:


Langsung aja gan, cekidot.

Quote:


Firefox (versi 44.0.2)



Secara default firefox menyimpan cache website-website yang kita kunjungi menggunakan Hard Drive dengan batas penyimpanan maksimum sebesar 358400 KB (358,4 MB) dan Memory (RAM) dengan batas penyimpanan maksimum sebesar 5120 KB (5,12 MB). Oleh karena itu perlu diperhatikan seberapa banyak sisa kapasitas Hard Drive (khususnya Drive tempat lokasi cache berada) maupun memory kita dengan adanya setelan default firefox tersebut. Bahkan pada firefox versi lama, secara default setelan nilai batas kapasitas penyimpanan cache memory adalah -1, yang artinya firefox akan menggunakan semaksimal mungkin kapasitas memory yang ada. Dengan demikian, firefox versi lama sangat potensial menghabiskan kapasitas memory komputer atau laptop kita, benar-benar pemborosan.

Lalu apa solusinya agar data cache tidak sampai memenuhi kapasitas hard drive maupun memory? Tentu saja ada solusinya, sobat bisa mengubah setelan batas kapasitas penyimpanan cache pada firefox dengan langkah sebagai berikut :

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Google Chrome



Google chrome menyimpan data cache pada hard drive dan tidak memiliki setelan default batas maksimal kapasitas penyimpanan cache, namun bergantung pada kapasitas kosong Drive tempat cache berada. Artinya, google chrome akan memaksimalkan kapasitas kosong yang tersedia pada Drive untuk menyimpan data cache. Berikut adalah cara bagaimana melihat seberapa besar data cache yang tersimpan pada Hard Drive :

Buka browser Google Chrome lalu ketikkan pada URL "chrome://net-internals/#httpCache" (tanpa petik) dan akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut.

Spoiler for "Screenshot":


Perhatikan baris "Current Size" seperti yang terlihat pada gambar, menunjukkan bahwa browser Google Chrome memiliki data cache sebesar 217729606 bytes (217,7 megabytes) yang tersimpan dalam hard drive, lumayan besar ya?

Lalu apakah kita bisa membatasi kapasitas penyimpanan cache pada browser Google Chrome sebagaimana kita bisa membatasi kapasitas penyimpanan data cache pada firefox? Jawabannya tentu saja bisa, namun dengan metode yang berbeda dengan cara mengubah setelan pada firefox sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Berikut adalah cara membatasi cache pada Google Chrome :

  1. Klik kanan pada shortcut Google Chrome pada Start Menu kemudian klik Properties
  2. Klik tab Shortcut pada dialog Properties
    Spoiler for "Screenshot":

  3. Pada input field "Target" tambahkan perintah berikut :

    --disk-cache-dir="d:\\cache" --disk-cache-size=104857600

    Disk-cache-dir berfungsi untuk merubah setelan lokasi data cache, sedangkan disk-cache-size berfungsi untuk merubah setelan batas maksimal besaran data cache yang disimpan dalam Hard Drive. Namun jika tidak ingin mengubah setelan lokasi cache, cukup dihilangkan saja perintah --disk-cache-dir="d:\\cache". Sehingga input field "Target" akan menjadi seperti berikut (Diambilkan dari isian input field "target" shortcut Google Chrome milik penulis) :

    "C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe" --disk-cache-dir="d:\\cache" --disk-cache-size=104857600


Sebagai penutup, bagi yang memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi pas-pasan, mungkin ada baiknya jika dilakukan clear data cache secara periodik (misalnya 1 bulan sekali) guna mengurangi kapasitas hard drive maupun memory komputer atau laptop.

Quote:



Kalau Bermanfaat Jangan Lupa Ye Gan emoticon-Malu



0
3.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan