eqepeAvatar border
TS
eqepe
Setelah Paskhas Bersihkan Got, TNI AD Akan Kawal Panen Padi
Jakarta - Dalam menjalankan program Serap Gabah Nasional atau 'Sergab', Menteri Pertanian Amran Sulaiman melibatkan pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) se-Jawa Barat untuk terjun langsung mengawal program tersebut, sejauh mana peranannya?

"Kita masih mendapati harga kotor gabah kering panen sebesar Rp. 3.700/kilogram di bawah harga panen yang ditetapkan pemerintah karena bersih pendapatan petani hanya Rp 3.300/kg setelah dipotong biaya pikul dan tenaga panen, jauh dari ketetapan pemerintah yang mestinya lebih menguntungkan," kata Amran di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (12/3/2016).

Menurut Amran, masih terdapat tekanan terhadap petani dengan rendahnya harga yang diterima khususnya pada saat panen akibat panjangnya rantai petani dengan broker.

"Kita libatkan anggota TNI untuk mengawal hasil panen di tingkat petani agar sampai langsung ke Bulog, agar tata niaga gabah petani dapat diserap oleh Bulog langsung sehingga kejahatan harga di tingkat petani dapat dihindari," lanjutnya.

"Dengan pendampingan petugas penyuluh, KTNA, dan semua unsur pertanian dan melibatkan anggota TNI dari tiap Koramil untuk pengawalan saya berharap petani diuntungkan dalam hal harga jual langsung ke Bulog," tandas dia.

http://finance.detik.com/read/2016/0...penjualan-padi
0
1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan