alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Help Gan, Bingung Soal Agama
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56c296061a99753e3e8b456c/help-gan-bingung-soal-agama

Help Gan, Bingung Soal Agama

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 8
gw juga ky lo sis.. gw percaya tuhan itu ada, maha oke deh pokok ny.. tp gw udh skeptis sih, ga prnh beribadah lagi.. beribadah juga kl misal ny di kantor doank, krn gw ga enak nolak kl diajakin.. kl misal ny society kita ga masalah dengan org yg ga beragama dan kolom agama di ktp bisa dikosongin, ane mending blak blakan kl ane ga beragama..

ga percaya tuhan & ga beragama adalah sesuatu yg berbeda

ada 2 hal yg menyebabkan gw ky gini:
1. gw kecewa. ada suatu masalah yg menimpa diri gw dan bikin gw jadi tertekan, dan gw ngerasa itu ga adil aja pdhl gw dulu religius bgt. gw ngerasa tuhan ga bantuin gw dan sayangnya sampe skrg rasa kecewa itu msh ngebekas dan ga bakal sembuh sih

2. gw ngerasa agama dan sgala macam doktrin ny cuma menimbulkan kebencian, sinis, dan ujung2 ny berseteru dan perang. ntah berapa banyak perang yg dilatar belakangin agama. Gw selalu mikir andaikata agama ga ada, stidak ny penyebab perang di dunia jd kurang 1.

gw skrg juga bingung sih, gw mau ngelamar cewe taun ini. Tp cewe ini tumbuh di keluarga yg super religious. Dia slalu bilang kl misal ny emg serius ama dia, gw disuruh berubah. Mungkin ini titik balik dalam hidup gw? siapa yg tau?
Alkisah, ada 3 orang sahabat sedang bincang2 soal agama mereka masing2.

Muslim: “Hey Hindu, apakah kau cukup dekat dengan Tuhan-mu?”.

Hindu : “Oh tentu, buktinya dalam setiap do’a, kami memanggilnya Om”.

Muslim: “Lha kalau kamu, Kristen, bagaimana?”.

Kisten : “Ya iyalah, dalam setiap do’a kami memanggilNya dengan sebutan Bapa”.

Hindu + Kristen: “Kalau kamu sendiri bagaimana?”.

Muslim: “Boro2 dekat, setiap kali sembahyang aja harus tarik urat leher dulu, teriak-teriak dulu pake TOA”.
ane tanya dulu deh.
ada 2 pertanyaan dasar dalam hidup kita gan.

pertama, tujuan hidup agan apa?

kedua, setelah agan mati, agan mau kemana?
emoticon-Toast
Putusin dulu agan mau kemana agamanya, saran saya pikirkan matang - matang dan kalau memilih muslim coba setiap bacaan dalam solat agan artiin artinya jadi bukan cuma sekedar baca.
emoticon-Sundul Gan (S)
Diubah oleh penohok
Ane juga pernah ngalamin hal seperti ini. Jalanin aja dulu yang menurut sis manteb di hati, nanti juga akan ada moment di mana sis bisa milih agama A atau B, atau bahkan memilih untuk tidak beragama
ikutin kata hati, mengalir seperti air..
atau masuk GAFATAR aja biar greget emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Diubah oleh karlmalaysuck
Quote:


sama sih.. ane sdng bergelut pd masalah keyakinan akhir2 ini.

ane paling gak demen sama org yg sering radikal yg menganggap agamanya paling benar dari yg lain.
menurut ane tuhan itu nyata, dan yg pasti semua manusia itu yg menciptakannya sama.

isi agama adalah aturan(pedoman) dan ritualisasi(kewajiban), tetapi yg disayangkan bnyk org yg merasa agamanya paling hebat dan merasa suci pdhl yg dilakukannya hanya ritualisasi. sehingga mengangap org lain yg tdk sama ritualisasinya dgn dia salah pdhl yg namanya kewajiban itu tugas individu bukan standart yg bisa dipakai untuk semua org.

ibarat kamu kerja sbg guru. yah kamu punya kewajiban harus ngajar dari jam 07.30- 14.00 jngn disamakan dgn satpam yg kerja jaga malam dari 19.00-subuh.

gak tau apa pendapat ane kurng sreg sama ente tapi kalo tuhan itu benar2 bijak maka dia pasti akan memilih yg berusaha mencari kebenaran walaupun sering jatuh atau melakukan kesalahan lalu berusaha selalu berbuat baik pd sesama daripada pd org yg hnyn menghabiskan waktunya menyembah2, beriman buta dan menghina org lain seperti penjilat dan budak. karena itu manusia diberi akal budi.

nih ane kasih kutipan yg cukup menjawab kegelisahan ane
Quote:
Diubah oleh komentator.
Ane ngutip kata2 Einstein, "ilmu tanpa agama adalah buta, dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh"

Kebanyakan dari kita emang cuma didoktrin ttg satu agama semenjak kecil. Katanya agama itu urusan hati sama Tuhan. Tp pada dasarnya emang manusia ga hanya punya hati. Manusia itu terdiri dari MBS (mind,body,soul). Kebanyakan kita didoktrin agama utk kepentinhan soul, dan byk pula konsep2 dr agama yg bertentangan dgn logika. Kebanyakan yg jd atheist krn agama dan konsep Tuhan bertentangan dgn logic.

Kalo Tuhan itu satu tp agama itu banyak, jd mana agama yg bener?
Agama boleh byk tp kebenaran cm ada satu. Ibarat ada pertanyaan pilihan ganda, berapa kah 100:2? A.20 B.26 C.50 D. 70...
Ada byk pilihan jawaban tp tetap, kebenaran atau jawaban yg bener itu cm ada satu. Dan hanya mereka yg berusaha mencari tahu yg akan tahu jawabannya..

Trs gmn cara cari taunya? Ga sekedar mslsh hati, tp harus pake LOGIC dan SAINS seperti kata Einstein. Sains dan ilmu pengetahuan itu jauh lbh luas dari pada kemampuan otak manusia. Carilah tanda2 agama dan Tuhan melalui sains. Entah knp yh ane liat mereka yg jd atheist itu pengetahuan sainsnya rendah (mungkin ga semua) dan terlalu terpaku pada ilmu sosial..

Coba nonton di youtube video judulnya The Meaning of Live buat langkah awal mencari tahu Tuhan dan kebenaran via sains..

Salkem yah gan, ane terjun di study lintas agama udh bbro tahun. Ya walau msh rendah emoticon-shakehand
saran ane, ente coba baca kitab2 tiap agama. terus ente ngobrol2 sama yg ngerti agama2 tersebut. misal pendeta, ustad, dll
nah ente bandingin enaknya yg mana. yang paling jelas. yang paling pas buat ente.
karena menurut ane tuhan pasti ada. jadi sebaiknya ente engga nyerah terus lgsg jadi ateis. setidaknya ente pelajarin agama2 yg membuat ente tertarik dan cari sesuatu yg ente cari dalam hidup ini di agama tersebut.
goodluck gan. kembali lagi ke pilihan agan.
semangaattt!emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
wadaw gw ga peenah kepikiran deh, gw menjlani apa yang gw anut sejak dulu dan itu benae
Atheis itu tidak percaya Tuhan ataupun Agama setahu saya CMIIW..
Saya juga sama dengan TS, percaya Tuhan, dan agama hanya untuk formalitas KTP saja..
Bagi saya, semua agama sama saja, yg membedakan cuma penganut nya, ada yg fanatik, ada yang mengatasnamakan agama, dan ada yang benar benar menjalankan agamanya dengan bijak..
Saya sendiri kegereja pernah, kelenteng pernah, vihara perna, masuk ke pure pernah, belum ada yang bisa meyakinkan saya soal pilihan agama yang pasti..
Saya sendiri pernah mengalami yang namanya di rasis soal ke-agamaan, karena tidak jelas agama yg saya anut..
Saran saya, pililah agama yg TS yakini, bukan karena melihat orang lain, Jika memilih Sholat, Sholat lah dengan sepenuh hati, bukan karena takut ditanya 'kok ngga Sholat', bukan bermaksud mengajarkan, cuma yang namanya ibadah haruslah sepenuh hati.. CMIIW
Diubah oleh 2nd.Lifesucks.
Intinya beragama jgn dibuat kubu perang dengan agama lain gan emoticon-Big Grin
doa sis, minta petunjuk, krn agama itu datang dari Tuhan. " a Teacher will appear when the student is ready."
saya yakin kalau berdoa dengan sungguh-sungguh, Tuhan akan memberi jawabannya. fact.
Share

April kmrn ane pindah tempat kerja, jauh dari tempat kerja ane yg lama. Tempat kerja ane mayoritas non muslim tp Alhamdulillah semuanya baik dan toleran. Kalau waktunya sholat yg sesama muslim ngajakin sholat bareng, sering diingatkan, kadang diceramahin juga. Intinya menurut ane sedikit ada perkembangan. Ane bersyukur sempat pindah kerja. Ternyata betul lebih mudah kalau ada yg menjelaskan langsung daripada via forum.

Ane minta maaf buat agan2 yang PM-nya gak terbalas. Kerjaan sangat padat jadi kmrn ane sama sekali gak sempat ngaskus. Terima kasih atas kepeduliannya. Kalau agan berkenan mari kita ngobrol via WA, mungkin kita bisa sharing lebih banyak baik soal agama (kali ada yg mau repot2 nyeramahin ane) atau yang lainnya.
Quote:


komeng dikit ne
agama itu berasa pentingnya pas lagi turbulence di atas pesawat
1. gw bener2 ga peduli (gak ngomongin, mencibir, menghina, membenci) dengan 1 sahabat gw yg pndah/ ke luar dr agama gw. tapi gw bener2 peduli bahkan merangkul 1 sahabat gw yg sebaliknya. di saat kebanyakan orang melakukan hal yg pertama.

2. jika gw di dalam kondisi kebingungan harus pilih 1 agama mana yg harus gw pilih dr kesekian banyak agama saat ini, bahkan apakah gw memilih tidak beragama, gw akan menggunakan semua teori probabilitas matematika sederhana. gw akan memilih agama mana yg memberikan hukuman paling kejam kalau tidak serius menjalankannya. in this case, kalau misalkan nanti ketika gw mati dan tebakan agama gw benar, ya bagus. tapi kalau sebaliknya, tebakan gw salah. At least, gw tidak akan disiksa sekejam agama yg telah gw pilih emoticon-Big Grin sukur2 bahkan tidak disiksa emoticon-Ngakak (S)
menurut gw agama it kepercayaan dan kemantapan hati. gw jga gak tau knp ada agama, tp yg gw yakini dgn ibadah sholat, ngaji, sholawatan, berdoa, dsb gw jd merasa dkat dgn Tuhan
bhkn kalo gw br aja haid gw ngrasa kangen sholat. ky ada yg kurang. dan gw ngrasa urusan gw krg lncr kalo gak beribadah

kalo lo percaya adany Tuhan, gmana cra lo meyakini Nya? gmana cra lo nyembah ?
cuma merenung ?
hehee
ngaji brey.. dimasjid kan banyak kajian. nah ntar lu perdalam agama lu. lu tanya ke ustadnya buat apa kita begini jungkir balik 5x dan blablabla

lagian lu aneh sih.. ngga mau ngenal si agama tapi sudah membuat penilaian tentang agama emoticon-Hammer

atau kalo lu mau jelas bisa ikut kajian mbah emha ainun nadjib. nanti tanya sepuasnya diforumnya. emoticon-Shakehand2
Quote:


pertanyaan penting dari apa yang telah sista kerjakan di atas(ibadah) itu tujuannya untuk apa


karena ada yang bilang segala sesuatu karena niatnyaemoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
Halaman 5 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di