alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
Perawatan Printer Thermal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51f285d98227cf122d000008/perawatan-printer-thermal

Perawatan Printer Thermal

Agan-agan, ane mau tanya nih. Ane pake printer thermal TX88. Akhir-akhir ini kertas keluar tanpa ada tulisan muncul. Berhubung belum pernah pake printer thermal jadi nggak paham. Apakah ada perawatan khusus utk thermal head-nya? Caranya gimana ya?

Kalo rusak apa ada penggantinya kayak cartridge printer biasa?

makasih
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Tintanya abz gan,, ganti / refill aj catridgex,, tp klo epson biasanya ngk bs d refill.. kudu bli sm catridgex..
kalo printer thermal juga pake tinta ya? soalnya saya baca head cuma hasilkan panas & lelehan lilin gitu..
Quote:


Printer thermal ga pake tinta lah gan.. emoticon-Big Grin

Kalo tulisan ga kluar, biasanya:
1. masang kertasnya kebalik
2. banyak debu di area head thermal
3. Head thermal udah koit.
Quote:


Hehe jd emoticon-Malu
krg paham jg mslh printer thermal sbnrx..
tdx mw ane jawab pita karbonnya udh minta ganti.. emoticon-Ngakak
Quote:


Hehe, ane juga nubie soal ginian gan. Cuma kbetulan kerjaan ane bagian maintenance mesin atm, nah yg dipake kan printer thermal juga.. emoticon-Big Grin
Kalo ga salah, yang pke pita karbon tu type dot matrik, yang bunyinya cekit2 tu ya?? emoticon-Big Grin
Quote:


wah, dapet temen bagian maintenance atm nih. kan sama aja sistemnya. mesin atm sekarang pake kertas thermal semua jg.
1. kalo pasang kertas gak terbalik, krn udah coba bbrp gulung. dan kasirnya udah pengalaman bbrp tahun.
2. cara bersihkan head thermal gimana gan?
3. kalo koit ada part penggantinya gak ya, gan? saya pake postronix tx88

makasih, gan..

Quote:



ane cuma sharing aja gan. Semua mesin atm pasti pake printer thermal, karena sifatnya maintenance free (paling cuma ganti kertas doang kalo abis).
tambahan kalo ada manual booknya dibaca dulu. Biasanya juga kalo ada error pasti lampu indikator errornya nyala, dan bisa dicek di program printernya di pc.
1. udah oke ya berarti.
2. Bersihinnya pake kuas aja cukup. Soale head thermal cuma menghasilkan panas (kalo gak panas pasti gak kluar tulisannya). ada kemungkinan kabel kearah head thermal ada yang putus/rusak kegencet/retak, ato soketnya kurang nancep. diurut aja sekalian cek per-modulnya.
3. Coba browsing ke situs vendor printernya, ato distributornya buat cek ketersediaan part.

Semoga membantu.
Quote:



makasih banyak infonya, gan. masih jarang forum yg ngomongin ttg printer ini. hehehe...
Quote:


Iyo gan. Ane coba googling vendornya aja gak nemu2, malah iklan melulu yang muncul. Tapi analisa ane kuat dugaan rusak di headnya, soale tu pake type direct thermal.
Emang usernya juga dikit sih, banyakan yg pake dot matrik buat kasir.
Coba aja kontak seller tempat belinya dulu, mungkin bisa bantu.
waduh ... ilmu baru printer termal... ane kira printer laser doang yg pake panas

emoticon-Malu (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Hehe, prinsipnya sama2 panas gan, cuman beda medianya aja.
Printer thermal dan laserjet memang sama sama menggunakan panas. Tapi beda fungsinya. Panas pada printer thermal dihasilkan oleh headnya untuk memanaskan kertas thermalnya, dimana kerta thermal ini peka terhadap panas. Coba agan sulut kertas thermal dengan api tetapi jangan sampai terbakar ( hanya lewat) maka kertas akan menjadi hitam pada bagian yg terkena panas api.
Untuk laserjet, panas digunakan untuk membuat serbuk yg sudah membentuk pola pada kertas dapat melekat dengan erat pada kertas dengan bantuan tekanan.
Kira2 itu yg ane tau gan...
Quote:


gan usia head thermal biasanya berapa lama ya?
Quote:


printer ane gejala2 yg agan sebutin nih...
Eh, ni trit masih idup juga ternyata emoticon-Big Grin

Quote:


Gak tentu, tapi umumnya awet. Ane taunya cuman printer thermalnya atm. Kebanyakan gak pernah rusak, padahal usianya udah lebih dari 8 tahun.
Mungkin faktor kualitas listriknya ngaruh, terutama grounding.

Quote:


Gejala apaan gan?
Quote:



Kalo ga muncul tulisan sama sekali emang banyak sebab gan. Coba bersihin pakai alkohol gan, kalo masih ga tampil berarti headnya tewas.

printer di tempat ane kerja thermal semua soalnya. kebetulan dulu pernah begitu pas dibersihin tulisannya keluar walaupun ga jelas banget.

Masalah umur printer thermal 5-8 tahun tergantung listrik di tempat agan. di kantor ane ada yang 2 tahun udah tewas gara-gara listrik naik turun. ada juga yang 8 tahun masih Ok.

Saran ane supaya awet dikasih stavolt gan plus sedia head cadangan. Kalo udah 8 tahun biasanya discontinued (pengalaman ane)emoticon-Ngakak

Semoga membantu ya gan
Quote:



Dibuat hidup dong gan, jangan dibiarkan tenggelam.

Sedikit banget dan hampir tidak ada yang sharing soal printer thermal.emoticon-Sorryemoticon-Sorry

emoticon-Sundul Up
numpang nanya gan, printer thermal bisa digunakan buat print dokumen kaya word gak? bisa diseting portrait atau lanscape gak y? soalnya mau beli tapi masih ragu.
Dicek juga kertasnya gan....ada 2 macam....Dulu ane sempet dibuat bingung.....sdh beli kertas nya ternyata bukan untuk tipe thermal emoticon-Hammer (S) .........jika dipasang tidak muncul tulisan
Quote:


sama ane juga salah beli kertas emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di