shelarizAvatar border
TS
shelariz
Vaksinasi HPV (Kanker Leher Rahim)
Halloooooo sista emoticon-Hai


Udah pernah denger tentang HPV belum? Bisa dibaca di trit ini HPV
Trit ini tidak menjelaskan virusnya, tapi vaksinnya. Sekedar berbagi pengalaman emoticon-Kiss (S)

1. Apa itu kanker serviks dan apa itu HPV?
Kanker servik adalah salah satu jenis kanker yang terjadi pada bagian mulut rahim atau sering disebut kanker leher rahim Yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV) tipe 16 dsb 18.
Human papillomavirus (HPV) adalah sekelompok virus yang terdiri lebih dari 150 tipe virus yang berhubungan. Mereka disebut papillomaviruses karena jenis tertentu juga dapat menyebabkan kutil kelamin, atau papillomas. Penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi.
2. Dua macam vaksin HPV

A. Vaksin HPV Gardasil
Vaksin Gardasil juga disebut Quadrivalent yang berfungsi untuk melindungi terhadap empat jenis tipe HPV yaitu 6, 11, 16,dan 18. FDA telah menyetujui Gardasil untuk digunakan pada perempuan untuk pencegahan kanker seviks, vulva dan kanker vagina yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18.
Selain pada wanita Vaksin ini juga di anjurkan untuk digunakan pada laki-laki untuk pencegahan kanker dubur dan lesi prakanker dubur yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. Selain itu Gardasil juga terbukti untuk pencegahan kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Vaksin ini lebih efektif di berikan usia 9 sampai 26 tahun.
B. Vaksin Cervarix
Vaksin Cervarix juga disebut bivalen vaksin karena target vaksin hanya dua jenis HPV yaitu tipe 16 dan 18. Cervarix diberikan pada usia perempuan 9 - 25 tahun hanya untuk pencegahan kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18.

> Kalo saya sendiri pakai Cervarix karena bu dokter menganjurkan gitu. Sepertinya Gardasil lebih baik daripada Cervarix, melihat dari banyaknya tipe HPV yang bisa dicegah dan tentunya juga memiliki harga yang lebih mahal.
> Untuk biaya, saya mengeluarkan sekitar Rp 700.000
> Injeksi dilakukan tiga kali dengan jarak satu bulan dan enam bulan. Efek samping injeksi hanya nyeri di bagian otot. Kalo saya sih sampe susah mandi dan beraktifitas, tapi cuma sehari kok emoticon-Malu (S)sisanya kayak nyeri habis olahraga sampe seminggu emoticon-Ngakak (S)
> Kalo masih gadis, vaksinasi dilakukan tanpa pap smear. Tapi jika sudah aktif secara seksual (menikah) maka WAJIB pap smear.
> Kalo orang udah aktif secara seksual sebelum menikah gimana? Saya rasa juga termasuk wajib pap smear karena sudah ada kontak dengan luar. Ga usah malu sis, dokter tidak akan pernah melanggar sumpahnya kok emoticon-Cool

Yuuk sista kalo punya cukup dana, sisihkan demi masa depan kita sendiri dan orang sekitar yang kelak akan butuh kehadiran kita emoticon-Kiss (S)

Credit to: idmedis
0
17.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan