Salam sejahtera buat agan dan aganwati penghuni kaskus. Ini merupakan thread PERTAMAane selama gentayangan di kaskus . Thread ini dibuat bertujuan untuk sharing gan, ane sama sekali gak niat ngajarin, tapi “Cuma Sharing” aja gan cz ane sadar, disini ane belum tentu lebih cerdas dari agan dan aganwati sekalian . Semoga dengan sharing ini kita bisa jadi golongan orang yang gemar membaca dan berilmu . Amiiiiiiin.
Biar gak ada saling menuduh diantara kita gan :
Spoiler for No Repsol:
Pernah kah agan sadari bahwa disetiap aktifitas agan pasti terdapat logam. Sebagai contoh :
1. Agan bangun pagi karena mendengar ada suara beker (alarm) didalamnya terdapat logam.
2. Agan sarapan pagi pake sendok yg terbuat dari logam.
3. Agan pergi ngantor/ngampus/sekolah pake kendaraan yang erat hubungannya dengan logam.
4. Agan naik lift terbuat dari logam.
5. Dilengan agan nempel terus jam tangan terbuat dari logam.
6. Bahkan dalam tubuh agan pun terdapat logam dalam artian zat besi.
Dalam hal ini logam bisa berarti besi maupun baja. Pertama-tama kita bedakan dulu gan apa itu besi dan apa itu baja.
Spoiler for perbedaan besi dan baja:
Pada dasarnya perbedaan besi(Iron) dan baja (Steel) terletak pada jumlah kandungan karbonnya, logam yang memiliki lebih banyak kandungan karbon disebut besi. Baja memiliki kandungan karbon sekitar 0,04-2%, sedangkan besi sekitar 2-4%. Perbedaan kandungan karbon tersebut mengakibatkan adanya perbedaan sifat dari kedua logam tersebut. Yang memiliki kandungan karbon lebih banyak memiliki sifat brittle (getas), sebaliknya yang memiliki kandungan karbon lebih sedikit memiliki sifat Ductile (ulet).
Sekarang mari kita lihat proses pembutan baja :
Spoiler for Diagram alir pembuatan baja:
1. Yang pertama mari kita simak Raw Material dulu gan...
Spoiler for Raw material:
Singkat kata raw material ini ibaratnya kulkas lah kalo agan mau masak. Tempat disimpan dan diaturnya masukan dan keluaran material. Dari port, material diangkut oleh Ship Unloader dan didistribusikan menggunakan Belt Conveyor menuju Yard. Material dibuat gundukan menggunakan alat yang disebut Stacker. Pengiriman material dari yard menggunakan Reclaimer dan dikirimkan ke setiap plant yang membutuhkan. Adapun bahan dasar pembuat baja yaitu : A. Iron ore : size ore, crude ore.
Spoiler for Size ore & Crude Ore:
B. Pellet ore.
Spoiler for Pellet:
C. Sinter ore.
Spoiler for Sinte rOre:
D. Coal.
Spoiler for Coal (Cokes):
E. PCI.
Spoiler for Pulvurized Coal Ignition:
F. Sub material : serpentine, limestone dll.
Spoiler for Limestone & Serpentine:
2. Selanjutnya melalui tahap berikut gan
Spoiler for Iron Making:
Setelah komposisi dari setiap material diatur dan ditentukan baik jumlah maupun jenisnya, maka dikirimlah semua material tersebut ke sebuah tungku. terdapat 2 metode dalam pembutan besi, yaitu metode reduksi langsung dan reduksi tidak langsung. Perbedaan antara reduksi langsung dan reduksi tidak langsung yaitu :
1. Reaksinya berbeda, pd reduksi tidak langsung Fe diperoleh dari beberapa tahap reaksi, pd reduksi langsung dg 1 tahap reaksi sudah dpt diperoleh Fe murni.
2. Hasil akhirnya berbeda, Output dari reduksi tidak langsung adalah berupa Fe dalam keadaan cair (pig iron) , sedangkan output dari reduksi langsung adalah Fe dalam keadaan padat (sponge iron).
3. Sumber gas reduktornya berbeda, indirect reduction menggunakan cokes untuk menghasilkan gas reduktor CO, sedangkan direct reduction menggunakan CH4.
Spoiler for Perbedaan Direct Reduction & Indirect Reduction:
Spoiler for Direct reduction:
Berikut adalah cara kerja dari sistem reduksi langsung : Adapun output dari reduksi langsung adalah sebagai berikut
Spoiler for Indirect reduction:
Berikut adalah cara kerja dari reduksi tidak langsung :
Adapun output dari reduksi tidak langsung berupa Pig Iron (molten Iron)
Secara proses kimiawi,pada Blast Furnace terjadi proses berikut :
Udara panas (1200°C) ditiupkan melalui tuyere di dasar furnace, bereaksi dg kokas
2C + O2= 2CO
Gas CO pd temperatur tinggi selanjutnya mereduksi oksida besi
3Fe2O3 + CO = 2Fe3O4 + CO2
Fe3O4 + CO = 3FeO + CO2
FeO + CO = Fe + CO2
Hasilnya Pig iron dg kadar 3-4% C, 2-4% Si, 1-2% Mn dan 1-1.2% P.
3. Setelah itu lalu proses ini gan
Spoiler for Steel Making:
Setelah keluar dari tungku, maka saatnya besi tadi masuk ke dapur untuk diolah kembali agar mendapatkan komposisi yang pas. Tentunya pada tahap ini memegang peranan yang sangat penting. tahap ini adalah merubah besi cair menjadi baja cair. Pada steel making juga terdapat proses pencampuran dengan scrap, atau baja baja bekas. Ya kalo agan suka liat pengumpul besi tua, nah scrap itu kurang lebih yang gituan gan. Ada 2 metode pembuatan baja yang paling populer, yaitu BOF (Basic oxigen furnace) dan EAF (Electric arc furnace)
Spoiler for Basic Oxy Furnace:
Pada tugku, besi cair yang kaya akan kandungan karbon dihembuskan oksigen bertemperatur tinggi. Alhasil karbon berikatan dengan oksigen sehingga didapatkan Fe dengan kadar karbon yg rendah.
Spoiler for Electric Arc Furnace:
Pada metoda lain yaitu menggunakan electric arc furnace (tungku busur api)
4. Selanjutnya diberi sedikit racikan agar bajanya terasa lebih sepaaaaap gan
Spoiler for Treatment:
Setelah keluar dari dapur, saatnya lelehan baja ini ditreatment untuk menghilangkan zat zat pengotor nya.
Contohnya proses degassing yaitu proses menghilangkan hydrogen dalam lelehan baja :
Spoiler for degassing:
Decarburization adalah proses pemurnian kembali Fe dari karbon
Spoiler for Decarburization:
Dan masih banyak lagi proses pemurnian lainnya seperti desulfurization, removing slag, alloying dan temperature control.
6. Baja siap dihidangkan gan
Spoiler for Shaping:
Setelah didapatkan baja dengan komposisi ideal, maka saatnya dilakukan proses continuous casting :
Spoiler for Concast:
7. Dan proses terakhir yaitu baja siap di pasarkan ke industri hilir
Spoiler for Bahan baku baja:
Ini merupakan tahap akhir dari proses pembuatan baja, dimana baja akan disalurkan ke industry baja hilir. Di industry baja hilir baja diproses kembali untuk dibuat menjadi baja kontruksi, baja otomotif, sheet metal, baja machining, dll
Spoiler for Output:
8. Dan terakhir setelah mengalami perlakuan-perlakuan khusus di industri hilir, maka baja tersebut berubah manjadi :
Spoiler for Sendok, Garpu & Sumpit:
Spoiler for Jam Tangan:
Spoiler for Kontruksi Gedung:
Spoiler for Kendaraan:
Untuk lebih jelasnya, bisa agan saksikan di video berikut :
Spoiler for Steel Manufacturing Process:
.
Sekian Thread dari ane gan. Mohon koreksi bila ada kekeliruan.
Bagi agan yang mau menambahkan atau melengkapi, silahan nanti insyaALLAH ane taro di Pejwan.
.
TS gak nolak kalo ada yang mau ngasih
Quote:
.
Kebetulan ane masih abu abu nih .
Yang mau ngasih juga gak apa apa gan..
.
Semoga gak ada yang kirim
Quote:
.
.
Terima Kasih
#APDET Tambahan dari agan agan kaskusker yang lainnya nih,, :
Quote:
Original Posted By sundabule►Debu dri peleburan baja jga jdi bahan utama pembuatan batu battry gan...
Namnya debu blower...
"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮
Quote:
Original Posted By TRMG►sekedar nambahin gan, bila dilihat pada diagram fasa Fe-C bedanya baja dan besi ada pada persentasi karbonnya sesuai dengan penjelasan agan. Baja memiliki persen karbon maksimal 1,7 % sedangkan persen karbon dari 1,7%-6,67% C disebut besi cor (cast iron). Besi itu dihasilkan pada tungku tanur tinggi (blast furnace) sehingga menghasilkan pig iron (setengah jadi) yang nantinya diubah menjadi produk komersial seperti baja, besi cor, besi tempa dan besi murni. CMIIW.
Diubah oleh fauzan.ojjan 06-07-2013 14:01
0
33K
Kutip
283
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru