alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54297546582b2eee338b4568/buku-bantahan-untuk-quotborobudur-peninggalan-nabi-sulaimanquot
mari kita sama2 mendoakan agar KH FB cepat tersadar dan segera bertobat....

ini adalah bentuk nyata pelecehan agama pemelintiran ayat2 Al Quran, dan pemelintiran sejarah Nusantara serta penghinaan kepada ummat beragama Buddha...

buat yang terlanjur jadi pengikut KH FB semoga lekas bangun dari mimpi
Baru tau ada buku borobudur peninggalan sulaiman. Indon2 emg pada doyan bgt cocokologi sih.
Leluhur Nusantara ga bejat2 amat kok....para Nabi biarlah di timur tengah saja...Nusantara cukup wali saja ...wali dan Nabi beda kasta lho....mau tau contohnya kerajaan kalingga dengan Ratu Shima pernah menerima utusan china yg mau mengetest warga Kalingga yg katanya ga suka berbuat jahat....mereka bawa emas ditaruh di pasar selama 3 th ga hilang bahkan ga bergeser sedikitpun hingga anak Ratu Shima sendiri yg menendang kemudian dihukum.... sekali lagi Para Nabi biarlah di timteng saja dech .....
Berati timteng bejat2 ya???
Bukti
Noh masih pada perang ... israel vs palestina sejak jaman baheula udah bertikai...la disini paling brp lama...tambah lagi tuh ngisis,ngirak,nyuriah,ngiran....

No offense

Tapi ada baiknya juga di claim.setidaknya menghindari pengeboman lagi di borobudur spt thn 85
Kebetulan ane baca thread ini setelah melihat berita viral di Facebook tentang "kapal nabi nuh yang diduga dibuat di pulau jawa" dari situlah ane teringat tentang klaim bahwa borobudur adalah peninggalan nabi sulaiman yang sempat bikin heboh dimana berita ini sempat ane baca taun 2013 lalu.

Dari sinilah ane sebagai seorang muslim ikut komen juga.
Tahun 2007 waktu ane masih kuliah, ane mengunjungi tempat wisata "Candi Prambanan" saat libur lebaran. Di tempat wisata tersebut terdapat museum dimana disitu disimpan peninggalan-peninggalan lain yg ada di lokasi candi dan yang mau ane terangkan disini adalah, bahwa di tempat itu pula ada diorama dan keterangan bagaimana proses bangunan candi itu dibuat, dari bagaimana cara membuat relief yang diukir di bahan bangunan candi yang berupa batu andesit sampai bagaimana cara nyusun bebatuan candi yang udah ada reliefnya itu dengan cara ditumpuk dan dipasangkan sampai menjadi bangunan candi yang utuh. Ane nulis ini untuk menjelaskan pertanyaan bagaimana bisa membuat bangunan candi dengan ribuan relief zaman itu,padahal belum ada traktor belum ada Crane dsb.
Ya jelas adalah tehkniknya!!!
Setiap zaman punya tehkniknya sendiri-sendiri kalau mau bikin bangunan.

Yang ane mau jelaskan lagi yang kedua adalah, bahwa candi-candi yang dibangun pada saat itu ada "Aturan Standar" dimana aturan standarnya di sesuaikan dengan tata cara pembangunan candi yang ada di india. Dari bahan bangunan yang dipakai, sampai pada ketinggian berapa meter dari permukaan laut candi-candi ini dibangun sesuai dengan kepercayaan masyarakat penganut hindu-budha zaman itu.

Disini ane menjelaskan bahwa masyarakat kita sudah berinteraksi dengan masyarakat dari negeri india, dimana orang-orang india juga didatangkan kemari untuk terlibat dalam proses pembuatan candi-candi itu. Ada yang membantu merancang relief-relief dan patung-patungnya, ada yang menjadi arsitek bangunan candinya dan ada yang ikut jadi tukang bangunannya.

Dari sanalah ane hanya komen bahwa yang bikin candi-candi itu bukan bangsa jin atas perintah nabi sulaiman seperti yg dikemukakan pendukung teori KH.Fahmi Basha dimana mereka bawa-bawa Al-Quran yang merujuk pada surat Al Nahm tentang kisah nabi sulaiman dan negeri Saba,tapi para pekerja yang sebagiannya adalah para biksu dimana mereka terlibat dalam proses pembuatan relief candi dimana sebelum dipahat, batu andesit ini dilukis dulu dengan semacam cat untuk membuat polanya, baru dipahat dengan obyek gambar 3 dimensi di setiap batunya.

Candi borobudur hanyalah salah satu, dari sekian banyak candi yang dibangun di wilayah itu.
Struktur bangunan dari bahan yang digunakan sama susunan relief ada beberapa persamaan dengan candi-candi yang dibangun di wilayah india.
Candi-candi ini ditinggalkan penduduk karena sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi, contohlah seperti gunung merapi yang sekali-sekali meletus, maka penguasa pemerintahan saat itu memindahkan pusat kekuasaannya ke jawa timur.

Analoginya kalau itu yang bangun nabi sulaiman walaupun dikerjakan oleh bangsa jin, jadi candi-candi sekitarnya sampai yang ada di india juga bikinan nabi sulaiman juga dong. Itu sama saja menandakan kalau nabi sulaiman itu bukan turunan bani israil melainkan orang hindu-budha yang berasal dari india...

Buku Bantahan untuk "Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"

Contoh bangunan candi yang ada di india..
Wah ane ketipu dong. Walau ga sempet beli bukunya juga sih. Makasih gan
Quote:Original Posted By Aerosmith22
Leluhur Nusantara ga bejat2 amat kok....para Nabi biarlah di timur tengah saja...Nusantara cukup wali saja ...wali dan Nabi beda kasta lho....mau tau contohnya kerajaan kalingga dengan Ratu Shima pernah menerima utusan china yg mau mengetest warga Kalingga yg katanya ga suka berbuat jahat....mereka bawa emas ditaruh di pasar selama 3 th ga hilang bahkan ga bergeser sedikitpun hingga anak Ratu Shima sendiri yg menendang kemudian dihukum.... sekali lagi Para Nabi biarlah di timteng saja dech .....
Berati timteng bejat2 ya???
Bukti
Noh masih pada perang ... israel vs palestina sejak jaman baheula udah bertikai...la disini paling brp lama...tambah lagi tuh ngisis,ngirak,nyuriah,ngiran....

No offense

Tapi ada baiknya juga di claim.setidaknya menghindari pengeboman lagi di borobudur spt thn 85


iya gan, dulu zaman bapak ane masih kecil, pluralismenya bagus. org pada santun contohnya dulu setiap didepan rumah org disediain kendi kecil buat minuman org yg lewat. jd kalo haus boleh minum cuma2.
trus kalo kemaleman biasanya tuan rumah mempersilakan buat nginap malah dikasih makan lagi.

nah sekarang boro-boro yg ada mau silaturahmi aja dibilang "haram mengucapkan selamat, karna akan menyerupai suatu kaum". budaya timteng mereka bukan mempersatukan tp menjadikan org lain mengikuti mereka makanya yg beda dianggap salah
Simple, sains membutuhkan pembuktian sementara dogma, iman, tidak memerlukan pembuktian. Hahaha teori cocoklogi menyesatkan..
penipu gan
Kyknya seru ni gan,ijin baca dulu
•lucu yah bukunya si FB• jelas jelas budha dri india, pencetusnya seorang pangeran yaitu. sidharta gautama•itupun tahun-6sm .....Yg sebelumnya didaerah sana sudah terdpt agama hindu. Jelas2 dri relifnya jga bisa dilihat. Secara gak lngsung berarti sulaiman menurut si FB sulaiman pengikut budha dong? Padahal dri kitab2kuno sulaiman anak daud dari kerajaan israel. Teruss mana hubungannya di relif ada cerita israel nya? Terus candiborobudur dlm pembangunannya tidak ada unsur tembaga emas tiang emas tembaga sepwrti yg ada di kitab2
trit bermutu ini ,, pengetahuan makin bertambah . emoticon-2 Jempol
Memang kesannya maksa penjelasan di Videonya Bray.. Yang bilang ini ayat Quran mengingkari maka musryrik. Ya bener Ayatnya, tapi dia yang nyomot sana sini seperlu dan semau dia buat ndukung klaimnya ini emoticon-DP
Dari awal ane juga udah ga percaya sih emoticon-Big Grin
Fahmi Basya ketauan pake ilmu Cucokology emoticon-Ngakak (S)
cucoklogi
10 tahun lagi, giliran prambanan adalah peninggalan nabi idris, atau nabi hud, atau nabi zulkifli, atau nabi...ah sudahlah
Inget banget gw pernah dikatain kafir goblok gara gara bilang borobudur itu nggak ada hubungannya sama nabi sulaiman

emoticon-Ngakak

Emang sih kalau udah berurusan sama dogma gitu akal sehat suka nggak dipakai
ane namanya Monas gan.
Hahaha.. Kalo sulaiman ke indonesia pasti ngak bikin candi .. Karena di anggap berhala.. Ini yg ngepos begok ap ngak punya logika ..
emoticon-Salaman emoticon-Salaman emoticon-Salaman