anshasoankAvatar border
TS
anshasoank
Calo Saham, Jokowi ke Freeport: Aku Tahu Anda Ketemu Siapa
Calo Saham, Jokowi ke Freeport: Aku Tahu Anda Ketemu Siapa




TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo sudah mencium hal aneh dalam negosiasi antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia. Pada Selasa pagi, 6 Oktober lalu, Jokowi mengatakan ada pihak lain yang ingin bermain dalam negosiasi tersebut. Hari itu, di Istana Negara, dia bertemu dengan Presiden Komisaris Freeport-McMoRan, James R. Moffett, yang terbang dari Amerika Serikat menggunakan jet pribadi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menegur James. “Saya tahu Anda bertemu dengan siapa. Itu (harus) distop. Urusan kamu hanya dengan saya dan Sudirman (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral),” ujar pejabat Istana, yang menirukan ucapan Jokowi, kepada Tempo.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui ada sejumlah pihak yang berupaya menjadi perantara atau middle man, yang menjembatani pertemuan antara Presiden Jokowi dan pemimpin PT Freeport. “Presiden menegaskan tak akan melalui siapa pun karena bisa langsung bertemu dengan pemilik Freeport,” kata Pramono di kantor Presiden, kemarin.

Senin kemarin, Menteri ESDM Sudirman Said melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Setya dituding mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden untuk meminta saham sebagai imbalan atas jasa memperpanjang kontrak PT Freeport. Dalam laporan itu, terungkap sedikitnya tiga kali Setya bertemu dengan pejabat Freeport di Jakarta pada Juni lalu.

Pada 8 Juni 2014, Setya bertemu petinggi Freeport di Pacific Place, SCBD, Jakarta. Dalam pertemuan selama dua jam itu, Setya menjanjikan perpanjangan kontrak Freeport di Papua. Setya dan pejabat Freeport juga pernah bersua pada 25 Mei 2015. Ketika itu, Freeport mengeluhkan berkurangnya luas area penambangan dari 213 ribu hektare menjadi 100 ribu hektare.

Setya Novanto mengakui pernah bertemu dengan petinggi Freeport. “Beliau minta penjelasan dan minta tolong bagaimana perpanjangan kontrak bisa diberikan,” tuturnya.

tempo


itu orangnya lg cari akal (transkrip) ..
0
3.8K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan