bettytheamoyAvatar border
TS
bettytheamoy
Kenapa Seratus Bukan Satu Ratus? ( Teori Konspirasi )
TERJAWAB . . .


Menurut sumber yang saya dapatkan dari Website Ini. Saya mengetahui bahwa satu ratus boleh digunakan untuk mengganti kata seratus. Penggunaan kata seratus digunakan agar lebih fleksibel untuk menyebut kata satu ratus.

Kita ambil contoh dari bahasa Inggris. Kita bisa saja mengatakan one apple, tapi lebih sering kita mengatakan an apple.

Ok yang saya tekankan di sini adalah "Penggunaan kata satu ratus sama sekali tidak salah." Saya hanya mencari kebenaran saja dengan membuat thread ini, apakah penggunaan satu ratus salah atau tidak. Sepertinya saya sudah mendapat jawaban pasti dari link tersebut. Terima kasih atas partisipasinya. Jika ada yang kontra, silahkan reply dan akan saja pejwan opini opini terbaik agan / sista semua.



*Mohon untuk tidak mengikutsertakan kata yang dapat berdiri sendiri seperti "Seperti, Selama, ..."
Yang saya ingin tekankan dari thread ini adalah saya hanya ingin mencari kebenaran apakah kata "Satu Ratus" boleh dipakai untuk mengganti kata yang sudah terlanjur fleksibel yakni "Seratus?"


Sekilas terlihat seperti pertanyaan bodoh bukan? Tapi pernah agan atau sista sekalian memikirkan hal ini?

Seratus ( 100 )
Dua ratus ( 200 )

Lalu kenapa seratus tidak kita ucap dengan satu ratus? Apakah salah jika kita mengucap seratus dengan satu ratus?

Yang kita tahu bahwa

Sebuah apel = 1 buah apel
Seikat tali = 1 ikat tali

Seratus = 1 ratus?

Terima kasih

Edited...

Hal yang sama juga terjadi pada seribu . Seribu = Satu ribu? Apakah satu ribu bisa disamakan dengan seribu? Lalu berapa sering kita memakai kata satu ribu? Sangat jarang pastinya. Mungkin kita memakai seribu agar lebih fleksibel saja. Tapi apakah jika kita menggunakan kata "satu ribu" bisa diartikan kita salah dalam menggunakan sebuah kata? Menarik untuk disimak lebih lanjut.

Pengalaman Nyata dari Kaskuser

Quote:


Opini saya ( bettytheamoy )
Quote:


Jika dimaksudkan untuk menyingkat dan untuk memudahkan sebuah kata, bukankah kita boleh untuk menggunakan kata satu ratus yang sama maknanya dengan kata seratus? Kata seratus seolah - olah menjadi kata yang benar karena kita sudah terbiasa untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari hari. Lalu bagaimana dengan kata satu ratus yang jarang kita gunakan? Apakah kata ini salah atau tidak? Apakah kata yang jarang digunakan bisa dikategorikan sebagai kata yang salah? Masih menjadi sebuah misteri. Kita tunggu pakar yang bersangkutan.

================================================================================


Kasus Lain

Quote:


Kaskuser Yang Mencoba Menjawab
Quote:


*Analisa
1) Salah satu kaskuser menjawab bahwa di dalam Bahasa Malaysia terdapat kata satu ratus, satu ribu. Apakah ini juga berlaku dalam Bahasa Indonesia? Kasus ini sangat menarik untuk disimak lebih lanjut. Terima kasih untuk Prof. JangantTanyaSaya atas partisipasinya.

Edukasi Lebih
Apa jadinya bila kita menghilangkan kata "se" dari kata seratus? Otomatis kata itu menjadi "ratus" dan apakah arti dari kata ratus sebenarnya? Atau mungkin ratus tidak bermakna apa apa?

Quote:


Albert Enstein




1) Tidak ada eksperimen yang bisa membuktikan aku benar, namun sebaliknya sebuah eksperimen saja bisa membuktikan aku salah.

2) Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami, bukan karena orang-orangnya jahat, tapi karena orang-orangnya tak peduli.

3) Mencari kebenaran lebih bernilai dibandingkan menguasainya.

4) Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya.
Diubah oleh bettytheamoy 18-07-2015 05:46
0
14K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan