sembalunAvatar border
TS
sembalun
[Catper]- Turun ke Kaldera Tambora (25-31 Maret 2015)
Ane mau cerita soal perjalanan kemaren gan, ke Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tambora emang lagi rame sekarang, soalnya ada event peringatan 200 tahun meletusnya Tambora (1815-2015). Makanya ane berangkat juga disponsorin ama kantor buat tugas liputan, alhamdulillah … hehehe

Rabu 25 Maret 2015
Tim terdiri atas Iras, Brian, Atet (sebagai fotografer) dan ane sendiri. Kami berangkat naik Garuda dari Soetta sekitar jam 10 pagian. Sesampainya di Lombok, kami harus transit. Ganti pesawat dari semula pesawat besar jadi naik pesawat kecil yang ada baling-balingnya menuju bandara Salahuddin di Kota Bima.
Kami sampai di bandara Bima jam 3 sorean. Bandaranya kecil, isinya porter ama orang-orang yang nawarin mobil travel. Kami kebetulan sebelumnya udah ngontak Bang Ipul (Saiful Bahri), pengelola Tambora Trekking Center di Dusun Pancasila yang merupakan basecamp pendakian Tambora jalur Pancasila. Jadi kami udah dijemput sama temennya bang Ipul yang namanya Bang Min. Ransel-ransel ditaro di belakang terus mobil yang kami tumpangin melaju meninggalkan Kota Bima menuju Pancasila.
Karena baru pertama kali ke Pulau Sumbawa, sepanjang jalan kami nengok kiri-kanan. Kebanyakan savana alias padang rumput. Banyak sapi berkeliaran. Mobil jadi harus hati-hati karena sapi ama kebo suka nyebrang jalan sembarangan gan.
Udah lewat Isya tapi belom sampe juga di Pancasila. Kata Bang Min, kalo pake mobil sendiri, emang perlu 5-6 jam buat sampe Pancasila. Enaknya aspal jalanan di sini mulus, jarang berlobang. Tapi ada 2x mobil harus keluar jalur lalu lewatin jalan darurat. Soalnya ada jembatan putus (terkena banjir bandang katanya).
Akhirnya sekitar jam 21.30 WITA kami sampai di lapangan bola depan rumah Bang Ipul di Pancasila. Orangnya ramah. Kami nginap di salah satu kamar homestay di sebelah rumah dia.

Kamis 26
Sekitar jam 8 pagi, tim guide yang akan ngantar udah datang. Oyong, Onci sama Erik rumahnya di Calabai, sekitar 30 menit naik motor dari Pancasila. Mereka dari grup Gampping yang biasa ngantar orang ke Tambora dan ke kaldera (kata mereka, kalo guide dari Pancasila belom ada yg tau jalur turun ke kaldera).
Beres makan dan lain-lain kami berangkat jam 10 pagi. Nyewa ojek sampe ke batas hutan biar cepet. Biar naik ojek tapi rasanya cape juga gan, soalnya harus lewat jalur tanah licin yang nanjak, dengan lobang di sana-sini.
Jadi dari Pancasila itu ada 2 jalur, jalur portal alias jalur lama yang masup area Kabupaten Bima sama jalur baru yang masup area Kabupaten Dompu. Si Bang Ipul ngarahin guide supaya ngantar lewat jalur Dompu. Ternyata jalur ini lebih jauh gan, yah gapapalah itung-itung pemanasan kaki.
Sekitar 30 menit naek ojek lewat jalur tanah yang cihuy tadi, kami sampe di pintu rimba di ketinggian 535 mdpl. Ada plang kayu kecil warna kuning dengan tulisan ‘puncak’ di batang pohon. Kami bertujuh berdoa dulu sebelum masup hutan Tambora.
Jam 10.20 mulai jalan. Jalurnya tanah licin, di kiri kanan semak belukar dan pohon besar. Jam 11.01 sampe di sebuah pos bale-bale (beruga, kalo sebutan di sana) di ketinggian 560 mdpl. Istirahat bentar, lalu jalan lagi. Jam 11.23 ketemu lagi pos bale-bale di ketinggian 620 mdpl.
Jam 12 siang mulai hujan gerimis. Lanjut terus. Jalur terus nanjak, kadang harus ngerangkak karena ada batang pohon tumbang. Jam 13.59 di titik 970 mdpl ketemu jalur lain dari sebelah kiri kami. Kata Oyong itu jalur lama yang dari area Kab Bima.
Akhirnya jam 14.20 ketemu juga pos 1. Ada rombongan lain yang lagi istirahat, mereka baru turun dari puncak. Ngobrol bentar terus mereka jalan turun. Di sini kami ketemu Nasar, orang Calabai temennya Oyong cs. Dia naek sendirian, dan akhirnya terus ikut rombongan kami.
Lama juga di pos 1, pake makan siang dulu. Habis istirahat, lanjut jalan. Jalurnya lewatin semak belukar. Nah sekarang mulai banyak pacet. Jadi kalo mau ke Tambora disarankan pake baju tangan panjang, celana panjang, gaiter ama sepatu boot. Biar lebih aman, bawa Autan tipe semprot buat kaki biar terhindar dari pacet gan.
Naik-turun, lompatin batang pohon, ngerangkak. Begitulah medan jalur Tambora. Rasanya ini jalur yang cukup berat yang pernah ane rasain. Sekitar jam 17.20 akhirnya kami sampai di Pos 2. Berupa pos bale-bale, ga jauh di bawahnya ada aliran sungai kecil. Ambil air buat perbekalan. Ga bisa duduk enak di pos ini soalnya pacet di tanah banyak gan, dari yg kecil ampe yg gede ukurannya. Sehabis maghrib kita lanjut jalan sambil nyalain headlamp. Jalurnya melewati kali kecil tadi lalu nanjak nyusuri pinggir kali.
Sejak ketinggian 1480 mdpl mulai banyak tanaman jelatang. Di Tambora, jelatang ada tiga jenis. Yang merambat di tanah, yang bentuknya semak ama yang bentuknya kayak pohon. Nah paling gawat yang kayak pohon tadi, soalnya itu jelatang api. Kalo kena ‘meladi’ (nama jelatang di sana) yang pohon tadi, rasa panas di kulit yang kena duri jelatang bisa sampe berbulan-bulan katanya gan..
Naik-turun, lompatin batang pohon, ngerangkak, kadang niti batang pohon. Jam 21.45 akhirnya kita sampe di Pos 3. Diputuskan ngecamp di sini karena udah cape. 2 tenda berdiri, sementara guide dan porter milih tidur di bale-bale pos.

0
4.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan