mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
[Harapan baru] Prestasi Presiden Jokowi Akan Tercatat dalam Sejarah Indonesia


Diam-diam Presiden Jokowi menorehkan sebuah prestasi yang layak dicatat dengan tinta emas namun tidak banyak dipahami oleh mereka yang sibuk memperdebatkan hal yang remeh-temeh untuk kepentingan bangsa secara luas. Mereka yang tidak mau memikirkan masa depan negeri ini, masih saja berkutat dengan masa lalu yang mengharukan, namun tak memberi solusi yang bisa memacu semangat untuk berkarya dengan lebih baik.

Dalam sejarah Indonesia, baru Presiden Jokowi yang mampu meningkatkan anggaran infrastruktur Indonesia Rp. 290 triliun, meningkat 41 persen dari tahun lalu. Kenapa bisa? Karena pemerintah berani melakukan pengurangan subsidi BBM dengan signifikan alias turun drastis. Anggaran itu tertulis dalam APBN-P Rp. 290,5 triliun dan jumlah terbesar dalam sejarah anggaran Indonesia.

Dalam APBN-P 2015, subsidi BBM tidak lagi menyandera anggaran negara. Bahkan alokasinya lebih rendah daripada subsidi pangan Rp 74,3 triliun. Tiga kementrian yang mendapatkan porsi alokasi terbesar dari anggaran infrastruktur ini adalah :

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rp 105 triliun.
  • Kementrian Perhubungan Rp 52,5 triliun.
  • Kementrian ESDM Rp 5,9 triliun.


Anggaran infrastruktur juga dialokasikan bagi belanja non kementrian dan lembaga melalui :
  • Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 29,7 triliun.
  • Dukungan Tunai Infrastruktur (VGF) Rp 1,2 triliun.
  • Tambahan dana Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat Rp 3,8 triliun.
  • Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk BUMN yang meningkat drastis dari Rp 3 triliun di APBN-P 2014 menjadi Rp 64,8 triliun. Peningkatan alokasi PMN diberikan dengan syarat tidak boleh digunakan untuk membayar utang.

Menurut Menteri Bappenas Adrianof Chaniago, maksud pemberian PMN oleh pemerintah memang bukan untuk penyehatan BUMN, melainkan untuk menunjang program pemerintah dalam mengejar pembangunan infrastruktur.

Betapa teliti dan cermatnya Jokowi dalam menata keuangan negara demi mengejar ketertinggalan negeri ini dalam pembangunannya akibat SUBSIDI yang tidak tepat. Walau pilihannya itu menuai banyak kritik atau demo karena mereka memang tidak mengerti atau memang sulit memahami, namun Jokowi bersama jajarannya berusaha sabar namun terus bekerja untuk mewujudkan segala misi dan visinya untuk masa depan rakyat Indonesia.

Tentu saja rakyat tetap harus mengawasi dengan hati-hati dan teliti, agar apa yang diharapkan presiden sesuai dengan target yang ditentukan dan keuangan negara tidak bocor hingga menghambat jalannya pembangunan. Jika ada kejanggalan, laporkan saja secara cepat daripada hanya ngomel dan mencela tanpa tindakan berarti.

Yang jujur harus terus ditegur
Yang baik harus terus diingatkan
Agar kejujuran dan kebaikannya itu TIDAK diselewengkan.

Salam NKRI Raya!

SUMBER

Demikian sedikit info memberikan secercah harapan di antara sedemikian banyak noise dan suara sumbang para haters emoticon-shakehand
0
7.8K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan