komodojablaiAvatar border
TS
komodojablai
5 Keputusan Jokowi di bidang ekonomi ini kecewakan masyarakat
Selasa, 7 April 2015 07:00


konpers jokowi dan setya novanto usai rapat konsultasi. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK) dinilai belum maksimal. Survei Indo Barometer menyebutkan, jika hanya 57,5 persen publik yang puas terhadap pemerintahan Jokowi-JK.

Direktur Indo Barometer M Qodari menjelaskan, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-JK ternyata masih di bawah 75 persen. Berdasarkan survei yang dilakukannya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi hanya sebesar 57,5 persen, sedangkan tingkat kepuasan terhadap kinerja JK adalah 53,3 persen.

Survei dilakukan di 34 Provinsi seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1.200 orang. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik usia dewasa.

"Waktu pengumpulan data selama sepuluh hari mulai tanggal 15 sampai 25 maret 2015. Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung," tuturnya.

Ekonom Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono juga menilai kepercayaan masyarakat, terutama pelaku pasar, terhadap Presiden Joko Widodo mulai memudar. Hal itu yang menjadi salah satu penyebab nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika menyentuh level terburuk sejak 1998. Tembus Rp 13.000 per USD.

"Confident terhadap pak Jokowi ini sudah menurun, sehingga orang memegang lebih banyak memegang dolar AS," ujarnya saat forum dialog terkait rupiah dan ketahanan politik di Jakarta.

Dia menyebut salah satu pemicu lunturnya kepercayaan masyarakat terhadap Jokowi. Yaitu, ketidaktegasan mantan gubernur DKI Jakarta itu dalam menyelesaikan konflik antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian RI.

Tony juga menilai sejumlah kebijakan sudah dikeluarkan pemerintah tidak bisa dengan cepat meredam penguatan dolar AS. Salah satu kebijakan yang disorot Tony adalah pembebasan visa turis berasal dari 30 negara.

"Kebijakan itu saya lihat engak cepat, ini jangka panjang efeknya. Rupiah pada tahun ini, sudah paling dalam pelemahannya dibandingkan mata uang lainnya," jelas dia.

Berikut merdeka.com mencoba merangkum apa saja kekecewaan masyarakat atas keputusan Jokowi. Selamat membaca.

Spoiler for Mulai dari :Traktor ditarik kembali:

Spoiler for Mobnas dipilih dari asing:

Spoiler for Perpres kenaikan DP mobil pejabat:

Spoiler for Harga BBM naik:

Spoiler for Sebut mau tekan utang ternyata malah nambah:
Polling
0 suara
Kebijakan Jokowi yang paling tak bijak menurut juragan?
0
2.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan