sweetiecuitAvatar border
TS
sweetiecuit
TAKE AWAY CHARGE Bagi Konsumen
Halo agan2 sekalian..
Di sini ane hanya ingin mendiskusikan 'TAKE AWAY CHARGE' yg dikenakan kpd konsumen.
Pertama2 ane tau ada charge semacam ini wkt minggu lalu ane beli donat di Du**in Do**ts. Ane ingat dgn jelas klo seminggu seblm ane kena TAC, ane sempet beli donat jg (bungkus tp gk ada TAC).



Abis tu ane tanyain karyawan nya.
Kata mrk emank baru diterapin.
Trus ane ditanyain sm mbak2 sm mas2 (karyawan) Du**in Do**ts pendapat ane mengenai TAC ini.
Ane kurang tau sistem yg diberlakukan di Indonesia krn ane tinggal & kerja di luar Indonesia.
Klo menurut ane TAC bisa meninggalkan kesan kurang bagus dari konsumen ke penjual. Lain hal nya dgn DELIVERY CHARGE (ane sempet pesen K*C delivery kena charge Rp 10,000), krn perusahaan hrs menyediakan biaya service motor, bensin dll jadi biaya nya didapat dari delivery charge.
Ane bisa ngerti biaya yg hrs dikeluarkan untuk pengemasan (kotak, kantong plastik, gelas, sedotan dll). Namun gak menutup kemungkinan banyak konsumen yg tidak berpikir sampe ke sana (klo dibandingkan dgn delivery charge).
Ane blg kebetulan juga ane gk familiar dgn yg namanya TAC krn di luar negeri plg2 yg ada service charge + government tax (klo ditotal2in bisa 16-20% dari jumlah harga mknan yg qta bayar, tergantung kebijakan negara masing2). Jadi sejujurnya ane cukup kaget pas ngelihat struk belanjaan donat ane yg tercantum TAC.
Trus ane ditanya lagi klo ane ada masukan: menurut ane bgs nya harga produknya dinaikkan (tp jgn dinaikkan byk2). Misalnya 1 donat harganya Rp 3,500 bisa dinaikkan menjadi Rp 3,600 ato Rp 3,700 (naik Rp 100 ato Rp 200).
Klo ditanya jawaban yg diberikan mungkin bisa lbh memuaskan konsumen, misalnya:
1. Biaya bahan baku dari supplier yg naik dan produsen blm bisa mengganti bahan2nya krn itu akan mengubah konsistensi produknya dari segi rasa, tekstur, kualitas dll.
2. Biaya operational (listrik, service peralatan produksi - oven, mixer, pendingin dll) yg naik.
Istilahnya menaikkan harga dengan cara ini lebih "halus" dibandingkan dengan TAC.



Ane yakin konsumen msh akan beli walaupun naik Rp 100 ato Rp 200 krn berdasarkan pengamatan ane yg suka beli donat di sana termasuk kalangan menengah ke atas. Ditambah lagi klo tempatnya bagus (klo outlet yg di tempat ane dah bagus & cozy, ada wifi, tv, tempat duduk semacam sofa kecil) dan bersih, pelayanan yg ramah & santun, pasti ada yg mau berkunjung ke sana.
Atau menekan biaya kemasan dgn hanya menggunakan kotak klo pembelian donat banyak (misalnya 1/2 lusin ato 1 lusin).
Jadi yg cuma beli 1,2 ato 3 donat bisa dibungkus dgn plastik kecil/kantong kertas (ini ane sering lihat di luar indonesia, klo belinya dalam jumlah yg sangat sedikit biasa cuma dibungkus pake kantong kertas, bahkan yg sekelas starbucks juga gitu). Ane notice klo Du**in Do**ts pernah 2x ngasih ane kotak (kotaknya tebal+warna warni) padahal ane cuma beli 3 donat yg klo dikasih kantong kertas ato plastik kecil biaya pengemasan bisa lbh murah. emoticon-Smilie

Apa ada kaskuser yg ingin mengemukakan pendapatnya?
Klo ada yg punya pengalaman serupa boleh share dimari biar ane taro di pejwan (brand lain juga boleh, gak harus Do**in Do**ts).
Mohon pencerahan nya emoticon-Kiss (S)
Maaf klo ada yg kurang berkenan..
Cendol maupun bata ane terima dgn ikhlas.
Diubah oleh sweetiecuit 19-04-2014 18:41
0
6.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan