victimofgip21Avatar border
TS
victimofgip21
Banyak yang tertipu, ini cara bedakan air zamzam asli atau palsu
Merdeka.com - Polisi mengungkap pengolahan air zamzam palsu di Tanah Abang. Para pedagang yang curang itu meracik air zamzam dengan mencampurkan air mineral ke dalam jeriken sebelum dikemas ke dalam botol-botol kecil dengan label zamzam water from Makkah Al Mukarommah. Lantas bagaimana cara membedakan air zamzam asli dan palsu?

Solihin salah satu pedagang air zamzam di Tanah Abang mempunyai cara untuk membedakan air zamzam palsu atau asli. Dia menggunakan alat TDS untuk bisa membedakan rasa air zamzam asli atau palsu.

"Kita pakai alat tes air zamzam namanya TDS. Kalau alat TDS dimasukan air zamzam asli angka derajat air 500 lebih. Jika air biasa lebih rendah derajatnya 200, itu air zamzam palsu," kata pemilik toko Al Hikmah itu saat ditemui merdeka.com, Jumat (3/4).

Selain itu, menurut dia, harga air zamzam asli lebih mahal daripada air zamzam palsu. Air zamzam asli dijual dengan harga Rp 500-600 ribu per 5 liter.

"Kalau air zamzam palsu baunya beda dengan asli. Bahkan air zamzam asli kalau diminum kayak air tanah dan ditenggorokan seret, di lidah juga rasanya aneh kayak tanah," katanya.

Sedangkan kemasan botol air zamzam semua sama dengan menggunakan label zamzam water from Makkah Al Mukarommah. Namun botol kemasan air zamzam asli masih bersegel rapih.

"Kita air zamzam asli belinya dari seorang pramugari yang datang ke sini. Lalu kita coba tes pakai alat TDS. Kalau botol kemasan sama semua air zamzam," katanya.

Sementara di tempat terpisah, pedagang kaki lima air zamzam di Tanah Abang mempunyai cara sendiri untuk membedakan air zamzam asli atau palsu. Mereka membedakannya dengan meminum air zamzam yang mau dibelinya melalui distributor.

"Ada rasa getirnya, seperti kayak air kelapa gitu. Warna hampir sama, setahun enggak bakalan berlumut. Kalau air mineral kan cepat berlumutnya," ujar Adi pemilik Toko Dzaki.


Sumber

Hati hati tertipu bray.
Diubah oleh victimofgip21 03-04-2015 14:25
0
9.6K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan