dapitloserkidAvatar border
TS
dapitloserkid
cerita lama penyebab kekalahan timnas indonesia u23 atas korea selatan
maaf sebelumnya kalo trit ane ini agak berantakan, ini karena ngetik pake smartphone butut.

ane sebagai fans berat Timnas Indonesia sejak tahun 90 an, kembali dibuat kecewa gegara kekalahan timnas u23 melawan korea selatan kemaren. Lagi - lagi ane jadi korban PHP timnas indonesia.


berikut beberapa penyebab kekalahan timnas u23 menurut analisa ane sebagai pecinta sepakbola. jangan dibully gan emoticon-Hammer2

1. ane liat yang paling mendasar adalah kualitas rumput lapangan untuk bermain sepakbola yang sangat mengenaskan. mungkin kalo kebutuhannya hanya sepakbola untuk bersenang - senang, lapangan kita sudah cukup. Tapi untuk pembentukan pemain hebat, peningkatan skill kelas dunia dll, kualitas lapangan di Indonesia masih sangat kurang. sering kan kita melihat lapangan di indonesia tidak dikelola dengan baik, berubah jadi sawah kalo ujan deres. lalu bola passing berubah kayak bola ping pong yang lajunya aneh banget. ane agak males nontonnya karena kualitas penayangannya jg blm se entertain liga2 di eropa. gak usah punya tribun yang megah, desain yang mewah, asal kualitas rumput lapangan bagus. kualitas lapangan membuat seorang pemain bisa memaksimalkan kemampuannya (juga untuk mengurangi resiko cedera... pernah liat kan pemain liga indonesia yang jatoh di lapangan kayaknya sakitnya beneran). sebagai perbandingan yang simpel, lihatlah lapangan futsal, meskipun level kabupaten karena kualitas lapangan sudah cukup bagus, permainan pun lebih enak ditonton. Ane tau banyak yang akan protes, karena lapangan yang bagus gak murah, tapi investasi untuk lapangan lebih menjanjikan daripada investasi mengontrak pemain asing yang kualitasnya masih banyak yg meragukan.

2. tetap rendah diri, jangan terlalu cepat puas. level kita masih jauh dari level dunia, dibutuhkan percepatan dan peningkatan level yang lebih untuk menyusulnya. cr7 setiap hari 3000 sit up dan datang paling awal ketika latihan. dibalik kontroversial tapi sikap & attitude mereka tetap profesional. Seringkali pemain indonesia grafiknya menurun justru setelah diekspos media. media kita juga kadang terlaku lebay.

3. jangan pernah merasa sok pintar dan terlalu menyalahkan wasit. seburuk apapun wasitnya dengan permainan sepakbola yang bagus, percaya dengan kekuatan sendiri, bisa yakin akan menang & kemenangan dengan cara yang seperti ini lebih disegani, dan berharga tentunya.

4. we need a football hero / one biggest turning point
dalam 2 dekade terakhir, kemampuan pemain jepang dan korea sangat disegani, karena mulai banyak yang merambah eropa. jepang membuat sosok football hero lewat manga (tsubasa dll) dan kesuksesan bbrp pemain jepang di eropa (hidetoshi nakata jadi pemain asia pertama yg juara liga italia bersama as roma) sedang korea, sejak era guus hiddink lolos jadi semifinalis piala dunia. Setelah kedua negara itu jadi tuan rumah piala dunia, perkembangan mereka sangat pesat. kita sempat mendapat momen ini setelah timnas u19 juara piala AFF, sayang bukannya lebih banyak prestasi & gebrakan yang muncul, tapi seakan tenggelam kembali. ane berharap ada perbaikan di ISL musim depan, secara banyak pemain u19 yang masuk di tim2 ISL. semoga level permainan mereka semakin bagus dan lebih solid

udah segitu aja
intinya timnas Indonesia harus memperbaiki dari dasar sepakbola nya.

good football make good atmosphere

yang mau nambahin silahkan.


ane kangen timnas era 90 an.
salam
*cepet2 soalnya kebelet pipis
0
2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan