mayaarviniAvatar border
TS
MOD
mayaarvini
Pengen Pindah Kerja ? 6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan
emoticon-Shakehand2

Selamat datang agan sista di thread perdana yang bakalan ngasih tips-tips untuk sukses berkarir bersama ane, Maya Arvini. Ane kebetulan professional (aka wanita karir) yang juga penulis dari buku“ Career First ”. Kalo agan sista tidak sempat hadir di seminar atau talkshow kita, agan-agan nanti bisa stay tune disini dan disarankan banget untuk mencurahkan isi hati tentang kegalauan dan kegundahan dalam berkarir disini.

emoticon-2 Jempolemoticon-I Love Kaskus emoticon-2 Jempol

Quote:


Eitt, Meskipun bukan tahun baru banget nih gan, tapi semangat awal tahun masih membara kan. Thread ini dibuat untuk para agan sista yang berencana mau pindah kerja sekarang-sekarang ini atau awal tahun depan jadi bisa siap-siap dari sekarang. Awal tahun begini sampai bulan Juni itu sebenarnya momen-momen pas buat pindah kerjaan. Kalau ane sendiri sih biasanya di pas-in banget sama akhir tahun, paling lambat January lah. Ibarat bikin resolusi untuk tahun baru, sekalian kerjaan baru. Pindah kerjaan boleh aja gan yang penting itu alasannya. Buat ane sendiri pindah kerjaan perlu pertimbangan yang panjang biar ga salah langkah gitu.

Quote:

Ane mau sharing hal-hal yang ane pertimbangin pas udah mulai mikir mau pindah kerjaan apa engga:

1. REFLEKSI DIRI

Maksudnya disini bukan pijit refleksi tapi mikir ulang kalau selama ini sebenarnya kerjaan sekarang sudah sesuai dengan cita-cita agan apa belum. Kayak ane nih gan, jaman Kuliah dulu ambil kuliahnya jurusan ekonomi, pas kerja nyasar ke dunia IT. Tapi seneng-seneng aja sih seperti merasa udah di jalur yang benar. Kalau agan merasa di kerjaan sekarang belum cocok lalu mau pindah profesi atau mencoba hal baru di ranah industri yang berbeda itu sah-sah saja apalagi kalau masih muda harus menggali banyak pengalaman kan.

2. LAMA MENJABAT DI SUATU POSISI

Selanjutnya, ane mulai mempertimbangkan sudah berapa lama ane di posisi sekarang. Biasanya banyak orang yang sering banget pindah kerjaan dengan alasan pingin belajar hal baru atau ingin dapat lingkungan baru.Tapi yang perlu digarisbawahi adalah agan jangan sampe setiap tahun pindah – pindah kerja nanti agan bisa di cap KUTU LONCAT, bisa repot tuh. Belajar hal baru sebenarnya bisa dimana aja kan, tergantung kitanya. Kalau yang ideal itu, kita harus bertahan diposisi yang sama sekitar 2-3 tahun. Karena biasanya yang dilihat perusahaan itu tahun pertama kita dianggap masih belajar tentang kerjaannya, tahun kedua biasanya baru mulai berkontribusi dan berprestasi dalam artian agan-agan semua bisa menunjukkan eksitensi dan performa yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan lalu tahun ketiga mempertahankan prestasi. Mulai di tahun ketiga biasanya kita atau bos kita atau malah bos orang (bisa lho gan) mulai ngincer promosi ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi, ya.. bisa dikatakan naik kasta gan. Nah, jadi kalau agan masih baru diposisi sekarang sebaiknya dipikirin lagi kalau mau pindah kerjaan Think again.....

3. POSISI DAN GAJI

Untuk beberapa orang apalagi yang posisinya udah lumayan senior, nyari posisi dan gaji yang lebih baik biasanya perlu waktu. Bahkan kalau udah senior banget perlu network yang bisa nyariin posisi-posisi yang senior. Kalau ane sih biasanya ngeliatnya semua yang ditawarin secara keseluruhan, ga cuma posisi dan gaji tapi juga perusahaannya. Kalau perusahaannya lebih kecil dari perusahaan tempat ane kerja sekarang, harusnya ane dapet posisi lebih tinggi, gaji juga harus lebih tinggi. Kalau masih sekitar 1-5 tahun kerja biasanya naik gaji bisa sampai 30-70%, kalau yang udah pengalaman kerja di atas 5 tahun menurut ane bisa naik 30% udah ok banget. Kalau naik gajinya nanggung kalau ane sih mendingan sabar-sabar dikit gan.

4. THE BOSS

Bos ane dan bosnya bos ane. Ane sih biasanya cukup loyal sama kerjaan karena dari awal ane suka di dunia IT dan perusahaan multinasional. Biasanya ane mulai lirik-lirik ke tempat lain karena punya bos yang aneh, misalnya bos yang kurang kompeten, bos yang nggak menghargai anak buah atau kasar, yang model begitu ane nggak doyan. Liat juga tipikal bosnya bos ane kalau sama juga ga bisa diandelin, mendingan ane cari kerjaan ditempat lain atau posisi lain yang punya bos bisa bikin kita semangat kerja dan ngerasa dihargain. Iyalah , jaman sekarang SDM di tempat kerja bukan sekedar orang yang kerja terus dapet gaji, tapi merupakan sebuah ASSET perusahan untuk terus maju. Jadi carilah bos yang menganggap kita ASSET yang berharga.

Quote:


5. KESEMPATAN UNTUK BERKEMBANG SECARA KARIR

Sebaiknya memilih perusahaan yang memberikan kesempatan untuk berkembang secara karir. Karena ane betah di salah satu perusahaan tempat ane kerja dulu akhirnya ane tetep mau kerja disitu tapi dengan syarat ane bisa nyobain posisi lain. Nah ane ngadep ke bos, ane curhat pingin belajar hal baru di posisi lain, bos ane oke-oke aja, justru akan lebih bagus dong kalo suatu perusahaan punya employee dengan semangat kerja tinggi. Lalu ane ngadep bos lain yang ane incer posisinya terus ngadep HRD deh. Akhirnya pas ada lowongan kosong, emang harus nunggu 1,5 tahun sih,untuk bisa pindah posisi. Nah kalo agan kerja di perusahaan yang ngasih kesempatan buat berkembang, kalau agan bosen sama kerjaan sekarang, belum tentu juga harus pindah kerja, bisa juga tetep di perusahaan sekarang tapi pindah posisi aja selama bosnya mau nerima agan. Makanya nge-lobbynya mulai jauh –jauh hari gan. Kalo agan merasa mampu dan PeDe kenapa nggak...


Quote:

6. LOKASI KERJA

Nah ini juga penting buat ane. Secara Jakarta macet melulu, ane nggak kuat, kalo macet kepala suka migren , jadi kalau cari kerjaan sebisa mungkin yang deket sama tempat tinggal ane.



Kalau udah mulai dipikir-pikir, banyak perusahaan atau head hunter yang mulai deketin agan dan agan yakin banget mau pindah kerjaan di awal tahun, agan harus siapin beberapa hal :

emoticon-cystgemoticon-cystg emoticon-cystg

1. Update CV

Kalau ane , update CV selalu dilakukan hampir tiap bulan, supaya kalau ada head hunter atau perusahaan lain minta ane ga pake pusing lagi nyiapin CV.

2. Siap-siap dari sekarang

Ancang-ancang buat nyari lowongan bisa dari website perusahaan yang diincer bisa juga dari job fair. Kalau buat ane pindah kerja lebih baik dilakuin di awal tahun karena perusahaan tiap tahun ada yang namanya reshuffle posisi kerja dan mereka pasti juga membuat lowongan kerja baru. momen emas kaya gini nih yang harus benar – benar agan manfaatin dengan semaksimal mungkin buat say good bye sama kerjaan lama dan say hello sama kerjaan baru.Kalau agan maunya nunggu job fair agan harus sabar nunggu di awal tahun. Biasanya akan banyak perusahaan bikin job fair di bulan-bulan Februari sampai Mei.

3. Bikin Profil di Media Sosial

Bikin profil agan di media sosial dan juga website yang fokus dalam pencarian pekerjaan. Agan kudu mencantumkan detail mengenai prestasi dan pengalaman kerja sebelumnya, biasanya head hunter mencari talent untuk mengisi posisi jabatan yang kosong melalui website yang secara khusus untuk mengkoneksikan talent, professional, dan perusahaan.

4. Persiapan interview

Kalau udah pengalaman kerja, agak jarang agan disuruh tes psikotes lagi dari awal biasanya langsung ketemu sama HRD dan setelah itu bos yang buka lowongan kerjaan (biasanya disebutnya“user”). Makanya ane doyannya cari-cari kerjaan baru itu pas Desember jadi pas diminta ketemu buat interview pas bulan Desember itu ane lebih gampang cuti soalnya kantor ane juga banyak yang cuti, jadi proses interview di luar kantor ga bakalan ganggu kerjaan di perusahaan sekarang.

5. Momen Yang Tepat

Kalau memang agan udah keterima dan udah tandatangan penawaran kerjaan baru, agan kudu mempertimbangin yang namanya “momen yang tepat” buat hengkang dari kantor lama. Biasanya minimal 1(satu) bulan notice, jadi kalau agan awal January sudah mau di kantor baru berarti agan udah masukin permohonan resign paling lambat akhir November. Oiya tips nih gan, jangan pernah resign sebelum dapet offering dan tanda tangan ditempat baru ya gan.

6. Bonus Akhir Tahun

Selain itu jangan lupa agan juga harus nimbangin kapan bonus akhir tahun kantor agan yang lama bakal keluar, kagak mau dong kelewatan jatah bonus akhir tahun. Jadi pas resign sekaligus udah terima bonus agan kerja keras tahun kemarin.

7. Tahun Baru, Posisi Baru

Ada juga perusahaan yang baru mulai nyari orang di awal tahun karena memang posisi yang ditawarin posisi baru. Yang seperti begini prosesnya bakalan mirip agan harus selalu siap dengan CV yang selalu update.

So....., agan bisa timbang-timbang lagi, pilihan pindah kerja atau engga semuanya ada di pribadi agan, yang penting itu kita harus yakin kalau mau pindah kerjaan harus karena alasan yang tepat. Dan agan juga harus inget kesuksesan itu bukan kayak mie instant, sukses membutuhkan perjalanan panjangdan pastinya “NO PAIN NO GAIN”. Ok yah good luck buat agan-agan yang lagi mikir-mikir mau pindah kerjaan. Semoga thread pertama ane ini bisa kasih secerca asa buat agan semua. Keep positive thinking.

Quote:


Agan sista yang mau berbagi pengalaman, pingin nanya-nanya, curhat atau lagi nyari pencerahan mengenai perjalanan karier, yuk silahkan langsung tanya aja. Ane akan seneng banget berbagi ilmu dan pengalaman dengan agan sista sekalian.
emoticon-Requestemoticon-Request emoticon-Request


Twitter : @mayaarvini
Facebook : Maya Arvini & Career First
www.mayaarvini.com


Quote:
Diubah oleh mayaarvini 23-07-2015 16:26
0
124.6K
837
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan