papakimpoilagiAvatar border
TS
papakimpoilagi
Tips belanja aman batu permata di ebay, agar tidak tertipu
hai gans.
menjamurnya hobi batu cincin baik akik atau batu mulia saat ini, membuat harga batu alam baik asli indonesia maupun import melonjak. baik di pasar batu mulia di kota2 besar maupun di lapak lapak online semisal FJB kaskus.
kondisi ini banyak membuat agan2 yang mengincar batu dengan harga murah beralih ke lapak luar negeri, salah satunya ebay.

seperti pada umumnya yang sudah diketahui oleh kolektor2 atau agan yang sudah paham dengan batu mulia, membeli di ebay adalah gambling. tidak sedikit buyer kecewa karena batu yang dibeli tidak sesuai deskripsi/foto. baik itu ternyata imitasi, batu jenis berbeda, atau cacat. walaupun ada buyer protection dari ebay sendiri, tapi itu tidak terlalu menolong, malah banyak buyer yang cuma bisa gigit jari karena ebay cenderung membela seller. syukur2 kalau ketemu seller yang mau ngasih refund 100%.

ane pengen share tips dan trik buat agan semua agar ga ketipu, berikut tips dari ane berdasarkan batu batu yang populer.

Spoiler for Diamond:


Spoiler for sapphire/safir dan ruby:


Spoiler for Emerald:


Spoiler for Bacan Chrysocolla:


Spoiler for Opal/kalimaya:


itu aja sih, memang masih banyak lagi sebenarnya jenis2 batu mulia, namun secara garis besarnya sama aja. perlu kecermatan dan kehati2an dalam membeli.
zharki
zharki memberi reputasi
1
14.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan