embolisasiAvatar border
TS
embolisasi
[Kerja..Kerja] Utang Dolar Tinggi, Rupiah Terus Melemah
TEMPO.CO , Jakarta - Penguatan dolar Amerika Serikat dan merosotnya harga minyak dunia membuat rupiah terus melemah. Analis pasar uang, Lindawati Susanto, mengatakan tingginya permintaan dolar menjelang akhir tahun turut membebani pergerakan rupiah. (Baca juga: Harga Minyak Merosot, Rupiah Loyo.)

Menurut Linda, saat ini terjadi lonjakan permintaan dolar untuk pembayaran impor serta utang jatuh tempo, "Baik utang negara maupun swasta," kata dia kepada Tempo. Aksi beli dolar ini diperkirakan akan berlangsung hingga pekan kedua dan pekan ketiga Desember 2014. Dalam transaksi di pasar uang, Kamis 11 Desember 2014, rupiah melemah 12 poin (0,09 persen) ke level 12.350 per dolar AS. Linda mengatakan, lonjakan permintaan dolar di pasar domestik biasanya hanya terjadi di setiap akhir bulan dan rupiah kembali menguat di awal bulan berikutnya. Namun, untuk Desember, permintaan korporasi sudah melonjak di awal bulan demi mengantisipasi libur Natal. “Tekanan permintaan yang tinggi berpotensi menyeret rupiah ke level 12.400-12.500 di akhir tahun,” tuturnya. (Baca juga:IHSG Diprediksi Melemah Hari Ini.)

Selain utang korporasi, Linda mengatakan dolar semakin perkasa setelah pasar tenaga kerja di Amerika terus meningkat. Di lain pihak, rencana bank sentral AS (The Fed) menaikkan suku bunga deposito tahun depan mendorong pelaku pasar untuk berburu dolar. Tekanan terhadap euro, yen, dan rubel ikut memperlemah berimbas ke rupiah. Dalam perlambatan ekonomi, kata Linda, gairah investor untuk membeli aset berisiko akan berkurang. “Investor memilih mencari aman dengan membeli dolar,” Hari ini, Jumat 12 Desember 2014, rupiah diperkirakan berada di kisaran 12.300-12.400 per dolar. Dalam jangka pendek, intervensi bank sentral tidak akan terlalu berpengaruh terhadap laju rupiah. Pasalnya, tekanan rupiah dari eksternal ataupun internal terlalu kuat.

http://m.tempo.co/read/news/2014/12/12/092628011/Utang-Dolar-Tinggi-Rupah-Terus-Melemah

Kerja yang bener lah, jgn KELAYAPAN mulu emoticon-Mad
Ayo pinokio mikirrr, kerjaa emoticon-Mad
0
1.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan