alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54f12ff4902cfec81e8b456f/beberapa-keunikan-tinggal-di-derah-perbatasan

Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan

permisi gan, ane mau share beberapa keunikan tinggal di daerah perbatasan. bukan perbatasan desa atau kecamatan ya, tapi perbatasan negaraemoticon-Ngakak (S)
Sekedar informasi ane tinggal di pulau sebatik, kab.nunukan, Kalimantan Utara, daerah ane terbelah oleh garis batas Indonesia dan Malaysia.
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
Tinggal di daerah perbatasan memiliki beberapa keunikan yang mungkin tidak di temukan di daerah lain.
1. Produk Malaysia lebih banyak di jual daripada produk Indonesia
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
Di daerah ane produk Malaysia lebih banyak di jual gan dari sembako, sayur buah, daging.dll berasal dari malaysia, maklum lebih belanja di Malaysia lebih efisien karena jarak dan biaya. Pedagang Cm butuh waktu 30 menit ke Malaysia dengan speedboat.bandingkan klo harus belanja ke Indonesia, ibukota kabupaten aja yang terdekat harus di tempuh sekitar 2 jam dan transport lebih mahal.emoticon-Cape d... (S)
2. Berlaku 2 mata uang
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
Karena banyak di jual produk Malaysia Di sebatik berlaku dua mata uang rupiah dan ringgit, jadi jangan heran klo beli barang pake rupiah kembaliannya pke ringgit atau sebaliknya.emoticon-Ngakak (S) Saran ane kalo barang Malaysia beli pke ringgit karena klo pke rupiah kita kena kurs dan biasanya kurs di pedagang lebih mahal krn pembulatan ke atas, contoh 3.300/RM klo di pedagang jd 3.500, di sini uang pecahan di bawah 200 perak gak laku.emoticon-Hammer2
3. Di sebatik pake 2 bahasa
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
Bahasa disini maksudnya bukan bahasa yang full Malaysia gan, cm pencampuran beberapa kata dan logat. Di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia logatnya sangat kental dengan logat Malaysia, beberapa teman ane juga begitu klo ketemu jadi lucu sendiri karena bahasanya. Mereka lebih senang menyebut beberapa benda pke bahasa Malaysia seperti seluar=celana , tuala+handuk, kerete= mobil dll.emoticon-Ngakak (S)
4. Hasil bumi di jual ke malaysia
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
ini yang paling miris semua hasil bumi seperti perkebunan , perikanan, rumput laut semua di jual ke malaysia lewat pelabuhan tikus, tentu saja tidak resmi, mau gimana lagi yang paling dekat dan biaya murah ya di jual ke malaysia, kalo di daerah indonesia terdekat dari sebatik pangsa pasarnya belum cukup besar dan biaya pengiriman lebih mahalemoticon-Berduka (S)
5. Klo liburan lebih sering ke Malaysia
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
Ini yang paling keren, klo ada teman yang nanya liburan kemana bilang aja ke luar negeri emoticon-Cool , soalnya lebih mudah cm pke lintas batas bisa ke Malaysia meski Cuma ke sabah, tapi sekarang perizinan melintas susah, lintas di tiadakan jadi harus pake pasport dan mesti ngurus lagi ke nunukanemoticon-Turut Berduka . Klo mau nekat dari sebatik ke Malaysia harus lewat pelabuhan tikus pagi2 buta dengan resiko di tangkap pihak imgrasi Malaysia.emoticon-Takut (S)
Meski sampai sekarang warga sebatik sangat bergantung pada produk malaysia sampai ada slogan lucu di yang mengatakan GARUDA DI DADAKU, RINGGIT DI KANTONG KU, PRODUK MALAYSIA DI PERUT KU.emoticon-Ngakak (S) tapi kita tetap cinta indonesia emoticon-I Love Indonesia (S) , kami masyarakat sebatik dan perbatasan lain yang ada di indonesia berharap pemerintah lebih memperhatikan pembangunan di daerah perbatasan sehingga kami tidak terlalu bergantung pada negara lain.Sekian share dari ane gan, semoga bisa menambah informasi. semoga berkenanemoticon-Blue Guy Cendol (L)
Beberapa keunikan tinggal di derah perbatasan
Diubah oleh ryanlfc285
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nice info gan....
ane blm pernah kesono gan....
Wah kata2 terakhirnya sedwp bener didengar, yg semangat gan, tetap cinta indonesia tanah air beta, rate aja ah
burung garudanya gagah bener
Quote:

klo ada waktu silahkan datang berkunjung gan emoticon-Shakehand2
Quote:

thanks gan
Quote:

salah satu icon sebatikemoticon-Cool
jangan sampai kau lupa bahwa kau orang indonesia ya kawand emoticon-DP


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di