wakawaka2012Avatar border
TS
wakawaka2012
[mau ngapain????]Budi Gunawan Menang Gugatan, Relawan Jokowi Rapatkan Barisan
Budi Gunawan Menang Gugatan, Relawan Jokowi Rapatkan Barisan

TEMPO.CO, Yogyakarta - Bekas barisan relawan pendukung Presiden Joko Widodo khawatir dengan dampak dimenangkannya gugatan praperadilan calon Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Budi Gunawan.

"Kami akan rapatkan barisan kembali untuk mewaspadai dampak panjang akibat putusan gugatan yang mencederai akal sehat itu," ujar bekas koordinator pendukung Jokowi dari kelompok Pilih Jokowi (Pilkowi) Yogyakarta, Agus Widhartono, kepada Tempo, Senin 16 Februari 2015.

Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengabulkan gugatan Budi Gunawan atas penetapannya sebagai tersangka oleh KPK, membuat relawan khawatir penegakan hukum di awal pemerintahan Jokowi akan cacat dan terancam bubar.

"Bisa jadi semua tersangka korupsi baik di daerah dan pusat nanti ramai-ramai mengajukan praperadilan dan upaya pemberantasan korupsi mandeg," kata dia.

Setelah putusan itu keluar, relawan akan kembali menguatkan barisan guna memberi dorongan pada Jokowi agar tak terjebak terlalu lama dalam polemik KPK versus Polri. "Jokowi harus menjaga KPK jangan sampai terdeligitimasi terlalu jauh lagi, dengan tidak melantik Budi Gunawan," kata dia.

Para relawan pun mempersiapkan kembali dukungan rakyat nonpartisan guna menekan Jokowi agar segera memilih calon Kapolri dengan rekam jejak bersih dan bukan titipan partai. "Kami akan turun ke jalan lagi karena ini sudah menjadi situasi darurat, KPK bisa terancam akibat putusan pra peradilan itu," kata Agus.

Aktivis Jogja Corruption Watch, Baharuddin Kamba, menyatakan tak habis pikir dengan putusan praperadilan itu. "Ini menjadi sirene peringatan bagi aktivis dan lembaga antikorupsi bahwa gugatan serupa dapat diajukan para tersangka korupsi di daerah," kata dia.

Kamba menuturkan, citra Jokowi sebagai presiden dengan rekam jejak bersih akan segera sirna jika nekat melantik Budi Gunawan, yang status tersangkanya sudah dilepaskan. "Jokowi sudah sepatutnya mendengar suara rakyat, bukan partai yang memaksanya melantik Budi Gunawan," ujarnya.

PRIBADI WICAKSONO

http://www.tempo.co/read/news/2015/0...patkan-Barisan

klo si bg jdi dilantik,emang panastak pada bisa ngapain???? emoticon-Ngakak (S)

paling juga ngeles sama belain si jokwi,padahal si jokwi sendiri loh yg dulu ngajuin bg jdi calon kapolri tunggal emoticon-Malu (S)
0
2.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan