StrapKolektor
TS
StrapKolektor
[INTRODUCING] Athaya Vintage AV002 – Lamafa Diver Watch
Salam kenal dan hormat agan2 semuanya....

Melanjutkan perjuangan membuat memproduksi jam, izinkan saya untuk sharing model ke-2 dari Athaya Vintage Watch (AV) yang akan segera di release..

Jam model kedua AV diberi nama dan kode Athaya Vintage AV002 – Lamafa Diver Watch.

Nama “Lamafa” diambil dari seorang pemburu paus tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia.

Sedikit cerita tentang Lamafa. Jika selama ini Anda mengganggap diri Anda yang paling berani, cobalah datang ke Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata di Nusa Tenggara Timur. Masyarakat desa ini memiliki tradisi ekstrim, yaitu berburu paus hanya dengan menggunakan tombak. Setelah melihat dengan mata kepala sendiri, mungkin Anda akan berpikir lagi tentang arti sebuah keberanian.

Tradisi berburu paus oleh masyarakat Lamalera telah dilakukan sejak abad ke-16. Tradisi ini dilakukan secara turun-temurun dilakukan oleh penduduk pria Lamalera yang sudah dewasa serta dianggap memiliki kemampuan (biasanya setiap keluarga mewakilkan satu anggota keluarganya). Namun tidak semua orang Lamalera memiliki kemampuan berburu paus.



Ada 3 jabatan dalam memburu paus, Lamuri, Matros dan Lama Fa. Lamuri yaitu juru kemudi. Matros adalah sebutan untuk kru kapal, dan Lama Fa yaitu orang yang akan berdiri di ujung kapal dan akan menombak paus. Hanya yang memiliki bakat atau keturunanlah yang diperbolehkan menjadi Lama Fa dan Lamuri.

Yang menarik, tidak semua paus dibantai habis oleh para Lama Fa ini. Masyarakat Lamalera pantang berburu ikan yang masih kecil dan ikan yang sedang hamil. Para Lama Fa pun tidak menangkap paus biru karena paus biru diyakini pernah menolong leluhur Lamalera. Masyarakat Lamalera hanya memburu 1-2 ekor paus saja. Saat ini, kegiatan berburu paus dilakukan pada Festival Baleo, awal bulan Mei hingga akhir Oktober. Pada saat musim masa Lefa, yaitu saat laut sedang tenang. Di luar bulan itu, mereka tidak memburu paus.

Meskipun para Lama Fa mempertaruhkan nyawanya saat berburu paus, hasil buruan yang diperoleh bukanlah milik pemburu itu sendiri. Daging buruan dibagikan kepada seluruh penduduk untuk kebutuhan makanan desa selama satu tahun. Pembagian berdasarkan besar kecilnya jasa wakil anggota keluarga mereka dalam proses perburuan pausnya. Selain hasil daging, masyarakat juga memanfaatkan minyak paus sebagai minyak urut, bahan obat dan bahan bakar untuk pelita atau lampu teplok. Bagi masyarakat Lamalera laut merupakan sumber utama pencaharian. Dengan kearifan lokal, mereka lebih mengerti bagaimana seharusnya menghargai laut. (Sumber : http://www.bosskeren.com/)

Untuk menghormati dan menghargai salah satu tradisi Indonesia yang sangat berharga dan hebat ini, Athaya Vintage Watch memutuskan untuk memberi nama jam edisi ke-2 dengan nama “Lamafa” yang merupakan Jam model Diver dengan water resistant sampai dengan 200 meter. Jam Lamafa, terinspirasi dari Jam Vintage Seiko 6105-8110 yang merupakan salah satu legenda diver watch yang pernah ada, dan bisa dikatakan design Lamafa mengacu pada model Vintage Seiko 6105 ini, dengan memberikan sedikit sentuhan, perubahan dan beberapa improvisasi design yang ditujukan agar memberikan kesan Modern Vintage yang lebih kental agar bisa diterima bagi para Seiko Lover khususnya dan para penggemar Jam umumnya.

Adapun Spesifikasi detail dari AV002 Lamafa Diver Watch adalah sbb :
• Case Material & Finishing : SS 316L, Brushed.
• Case Dimension : +/- width 44.30 x Lug to Lug tip 48.00 x Total Thickness including glass 13.50
• Lug size : 20mm
• Glass : Domed Sapphire with Colorless AR Coating.
• Bezel : SS 316L, 120 clicks, Unidirectional.
• Crown : SS 316L, Screw down Triple o-ring with AV Logo.
• Caseback : SS 316L, Screw down with engraved design and AV Logo.
• Movement : Seiko Instrument Automatic NH35A Hacked second.
• Strap : Rubber Strap with length 140/80 and brushed diver style buckle.
• Water Resistant : 200 meter
• Dial : Available in Blue & Black sunburst with AV Lamafa design
• Hands : Silver AV Lamafa design
• Luminova : Swiss C1 Superluminova on Dial, Hands and Bezel pip.
• Packaging : Athaya Vintage Handmade leather travel case.

Variant dan Model yang tersedia :
• Black insert, Black sunburst dial with Date and Black rubber strap.
• Black insert, Black sunburst dial without Date and Black rubber strap.
• Blue insert, Blue sunburst dial with Date and Blue rubber strap.
• Blue insert, Blue sunburst dial without Date and Blue rubber strap.

Saat ini jam sedang dalam proses produksi dan rencananya akan mulai dipasarkan di Bulan April 2015. Informasi lebih lanjut dari Athaya Vintage AV002 – Lamafa Diver Watch bisa di cekidot di : http://shop.athayavintage.com/collec...fa-diver-watch

Dan berikut beberapa penampakannya, dan penampakan komplit bisa di cek langsung di TKP : http://www.athayavintage.com/gallery...fa-diver-watch















Caseback Engraving pada Varian Black


Caseback Engraving pada Varian Blue


Luminova Shoot




Strap


Mudah2an jam edisi ke-2 Athaya Vintage ini bisa diterima di kalangan penggemar Jam, sekaligus memiliki harapan tersirat untuk memperkenalkan keindahan Budaya Indonesia di dunia international.

Regards,

Adrian @Athaya Vintage
WhatsApp : S E N S O R6281118
tata604
tata604 memberi reputasi
1
8.3K
31
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan