alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Begini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah
1.88 stars - based on 67 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54a4e2b41a99753a348b456d/begini-potret-ganti-tahun-masehi-di-serambi-mekkah

Begini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah

Begini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah

KIBLAT.NET, NAD — Ada yang berbeda dengan perayaan tahun baru Masehi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dibanding daerah lainnya. Beberapa hari sebelum pergantian tahun Masehi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah bersama MPU kota Banda Aceh menerbitkan surat edaran yang isinya melarang segala bentuk perayaan tahun baru Masehi. Salah satu alasannya, perayaan tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam dan juga adat-istiadat masyarakat Aceh.

Lalu, bagaimana suasana penghujung tahun Masehi 2014 semalam?

Dari pantauan kiblat.net di Banda Aceh, semalam suasana kota tersebut terlihat seperti biasanya. Tidak ada aktivitas menonjol. Semua jenis acara dilarang, termasuk pengajian dan zikir akbar. Hingga pukul 21.00 waktu setempat, suasana di Simpang Lima Peunayong juga lengang. Demikian pula hingga pukul 00.00, kota Banda Aceh steril dari perayaan tahun baru Masehi.

Sedangkan di ruas jalan Sultan Iskandar Muda yang merupakan jalur utama untuk masuk ke pantai Ule Lee, terlihat aparat memblokir jalan tersebut. Sayang, waktu belum mengijinkan kiblat.net untuk datang kewilayah Sabang Pulau Weh dan di Simpang Lima Kota Banda Aceh. Di dua tempat yang merupakan kawasan etnis Cina tersebut, dari tahun ke tahun selalu digelar perayaan tahun baru Masehi.

Pemandangan serupa juga terlihat di kota Langsa. Di tengah rintik hujan, terlihat sekawanan Polisi Syariat yang mengawasi agar masyarakat Muslim di kota tersebut tidak merayakan tahun baru Masehi. Di kota tersebut, kiblat.net sama sekali tidak mendengar suara petasan dan kembang api lazimnya daerah lain yang merayakan. Beberapa restoran besar pun tutup dini.

Potret berbeda terlihat di kota Kuala Simpang. Sekitar pukul 23.00 beberapa titik massa mulai terlihat bersiap-siap untuk merayakan tahun baru Masehi. Bahkan terlihat beberapa truk mengangkut massa dari kawasan pedesaan ke pusat kota. Memang sudah ada edaran dari pemerintah daewrah tentang larangan memperingati tahun baru Masehi, namun larangan itu terbukti tidak efektif. Selengkapnya

Reporter: Fauzy (Banda Aceh) dan Abu Faiz Fathuddin (Langsa-Tamiang)
Editor : Hamdan

Update foto:
Begini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah
Begini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah
Begini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
Itu baru muslim sejatiemoticon-Kiss
Diubah oleh bulkybiya
salut
Langsa ada zikir akbar dan letusan mercon tuh emoticon-Stick Out Tongue
kasian
bagi islam2 KTP pasti terlihat cupu seperti ini karena tak ikut tradisi kafir
org indonesia paling mudah ditipu dengan yang sampul2 macam gini... ga ada jaminan kalau lewatin tahun baru spt ini lantas daerahnya dianggap "suci"...
gila bro gua cuma ikut tahun baruan eh gua kena macet dari jam 1 sampe jam 5 pagi.
Mantaps ini lah akidah yang murni
Quote:


memang gak di jamin gan...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

tapi yang penting AQIDAH kita bersih dari gitu-gituan. IMAN kita tetap terjaga. lagi pula ngapain ikut perayaan tahun baru, emang bisa jamin kalo ikut gituan nanti kita menjadi lebih baik kelakuannya... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
coba daerah ane begini jugaemoticon-Big Grin
Quote:



emang ente bisa jamin kalau ga rayain tahun baru rame2 itu lantas ga lakuin dosa? hehe.. justru lebih berbahaya...
masuk kamar, ngunci pintu, nyetel bokep... itu yang lebih bahaya... bisa disebut MUNAFIK.. di luar nampak bagus IMANNYA.. di dalamnya penuh DOSA..
Taon baru yg penting mabookkk bray emoticon-Angkat Beer
haram hukumnya pake ploduk2 kapir atheis juga dong biar manteb konsisten emoticon-Embarrassment

ps : ane muslim, no sara.
Quote:


L O L
Quote:


gak ada satupun orang yang minta dianggap suci. emoticon-Cape d... (S)

mereka cuman menjalankan keyakinan agama mereka sendiri untuk kehidupan yang lebih baik. begitu juga elo menjalankan keyakinan elo sendiri. tiap individu pun beda beda gan cara pandangnya. gak bisa cara pandang elo dipaksakan ke orang lain. saling hormat menghormati adalah yg terbaik. supaya damai. emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh tole_90
Quote:


Perayaan tahun baru mah gak ada hubungannya dengan agama. Gak bakal ngaruh juga dengan kelakuan kedepannya. Sama seperti perayaan lain lah. Contoh perayaan syukuran kelahiran. Apakah kalau kelahiran tidak dirayakan makan kelakuannya jadi buruk? Gak ngaruh lah. Tapi kenapa tetap dirayakan? Atau perayaan pas baru dapet kerjaan. Klo dirayakan, apakah kerjaannya jadi lebih baik daripada gak dirayakan? Gak ngaruh juga kan. Tapi,kenapa juga gak ada larangan melakukannya? Atau yang paling banyak dirayakan tuh ulang tahun. Ngaruh? Dilarang?

Terus bagaimana dengan hari non keagamaan lain yang dikasih hari libur? Hari buruh misalnya. Ada ngaruhnya ke perilaku atau karakter atau keimanan seseorang? Gak ada juga. Dilarang? Kagak.

Tahun baru hanya peristiwa biasa. Kenapa mesti dibesar2kan dengan larangan begitu? Apakah dengan dilarang justru dapat membuat karakter lebih baik daripada kalau dirayakan?
Quote:


langsung jadi gini deh bray emoticon-NgakakBegini Potret Ganti Tahun Masehi di Serambi Mekkah

Quote:

http://news.detik.com/read/2015/01/0...lakaan?9922032
Diubah oleh kodokteotekdung
Biarin aja tiap daerah punya peraturan masing2, ane mah nanggapinnya sante aje
emoticon-Cool
Bgus aceh
emoticon-Recommended Seller
Quote:


coba browse aja trit2 lain... org yang ngerayain Tahun baru dianggap ga punya empatilah, mabok2an.. semua digeneralisir..

hehe... ane punya teman di bb.. lalu kaitkanlah
1. kalau main kembang api dianggap ikutin tradisi majusi
2. kalau niup terompet itu ngerusak akidah... dianggap tradisi kafir Yahudi.. hehe... padahal ditinjau dari aspek theologis.. ya sutralah...

memang tidak minta org anggap suci scr eksplisit , tapi MERENDAHKAN orang yang ngerayain itu berarti meninggikan diri seolah2 lebih suci ..


Quote:


setau ane, yang dilakukan di Aceh udah punya unsur pemaksaan... kata "Dilarang merayakan" itu sudah dianggap pemaksaan...
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di