bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
halooo agan semua ... apa kabar ni gan ...
semoga ... "Bayu Animation Online Class" bisa menjadi sarana kumpul, share, dan belajar kita semua ...

akan ada 3 threads, Attach Detach and Merging, Object Hierarchy, dan TIPs n TRICKs ... semoga kita bisa gokil gokilan bareng ya gan ... emoticon-thumbsup



BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Basic Modeling /Attach Detach and Merging

Attach Detach and Merging (as Vertex operation),
sambil review Box Modeling kita tambahin Attach Detach tool ya gan ...

Attach dan Detach dua tool yg sangat sangat berguna, terutama untuk modeling yg sifat nya modular, atau bekerja secara modul, sebagai contoh funiture, dimana kursi yg dr kayu harus ditambah bantalan, atau yg lebih simple gelas dan gagang pegangannya.

Attach kita gunakan utk menggabungkan dua object atau lebih menjadi satu, bahkan antara object dan sub/object menjadi satu, antara dua sub/object atau lebih menjadi satu.

sedangkan Detach digunakan sebaliknya, yaitu utk memisahkan suatu object menjadi beberapa bagian object atau sub/object menjadi beberapa sub/object.

Attach dan Detach dapat kita gunakan pada Edit Mesh dan Edit Poly, dua modifier ini berfungsi sama sebagai sub/object operation, Edit Poly adalah sub/object operation terbaru dengan tambahan Paint Deformation tools

Merging ... kita akan menggunakan Weld tool utk merge vertices, bisa digunakan kalau kita mengaktifkan vertex dan edge mode pada Edit Mesh dan Edit Poly modifier,
Weld tool kita gunakan untuk menyatukan dua atau lebih vertex atau edge



Projects n Exercises

Attach Detach and Merging - Big Bottle


01. agan bisa buat dua buah object box, satu utk body bottle, satu lg utk pegangan atau handle bottle nya, buat seperti gambar diatas ya gan samain length, width, height nya, samain juga semua segment nya.


02. utk mulut botolnya agan bisa extrude bagian polygon atasnya, lalu tarik ke atas secukupnya, lalu kecilkan dgn scale tool, lalu extrude yg kedua kali utk sambungan pegangan botol. agan bisa extrude beberapa kali lagi utk membuat mulut kecil botolnya.
jangan lupa utk mendelete edges yg mengarah ke atas, seperti pada gambar ya gan ... supaaya kalau smoothing jadinya benar benar bulat mulut botolnya.
03. utk handle nya agan cukup menggunakan Bend modifier, tapi agan hrs adjust Gizmo dan Center dr Ben tool nya juga supaya bisa pas posisi awal dan akhir handle pada body botol nya.
04. utk handle bagian bawah nya agan perlu buat sedikit lebar, dengan select vertex bagian bawahnya, lalu agan scale sampai sesuai dengan lebar bagian body botol nya.


05. Attach ... utk menyatukan antara body dan handle nya agan bisa menggunakan attach di Edit Poly modifier.
06. Merge ... utk menyatukan vertex yg behimpitan supaya hasil akhirnya tidak bolong maka kita perlu gunakan Weld tool. simple ... select vertex yg mau di gabung lalu click Weld Setting tool,
// nanti akan keluar threshold setting ... maksudnya threshold adalah jarak antara beberap vertex yg akan dijadikan satu gan ... kalau di isi kedegedan bisa jadi semua jadi satu vertex aja gan, tapi kalau ke kecilan bisa jadi nga akan ke merge vertex vertex nya gan ...
// tapi gan sebelumnya agan harus delete semua polygon yg berhadapan antara dua bagian polygon yg akan agan merge vertex nya ... hati hati disini ya gan ...
07. terakhir setelah digabung antara body dan handle nya agan tinggal apply Mesh Smooth modifier aja gan ... selesai ...
// tetapi kalau agan mau meng edit lagi tinggal balik ke Edit Poly modifier aja lagi gan ... simple aja gan ...



Attach Detach and Merging - Mug


01. sama sperti Big Bottle ni gan ... utk Mug kita juga perlu dua object satu utk gelas nya, satu lg utk handle nya gan ... langsung samaain aja ya gan ...


02. utk gelasnya agan apply Edit Poly modifier, edit pakai vertex mode supaya bentuk Mug nya seperti di gambar ya gan ... itu cuma pakai scale aja ko gan ...
03. jangan lupa delete polygon bagian atasnya ya gan ... supaya bolong gan ... kalau nga bolong bgmn minumnya dong gan ...
04. handle nya ni gan ... enaknya editnya dr samping, jangan dr perspective ya gan ... apply Edit Poly modifier dulu, lalu bentuk handle nya seperti terlihat pada gambar ...


05. balik lg ke gelasnya, utk membuat ketebalan gelasnya agan clone ... ambil object copy ... jangan instance atau reference.
06. dr vertex mode agan scale supaya lebih kecil dr object gelas yg pertama, jangan lupa agan harus tarik keatas dua baris vertex yg paling bawah supaya ketebalan nya terjaga antara bagian dinding gelas dan bagian dasar gelas nya


07. setelah itu agan attach bagian luar gelas dan bagian dalam nya supaya jadi satu bagian, lalu select semua edges bagian atas extrude dan scale sampai bagian atasnya tertutup
08. lalu agan attach dengan bagian handle nya ... biar nempel gan ... kalau nga minum susah megang Mug nya dong ...
09. utk Merging ... biasa gan pakai Weld tool ajahhhh ... jangan lupa nge delete polygon yg berhimpitan ya gan ... kalau nga nanti nga bisa di Weld gan ...
10. terakhir apply Mesh Smooth ajahhhhhhhhh ... perhatiin setting nya ya gan ...





okay gan ... bgmn bisaaaa ... ? bisa lahhh ...
kalau bingung atau ragu langsung tanya disini aja gan ...

jangan lupa juga lihat post threads selanjutnya ... juga TIPs n TRICKs


cheers ... SEMANGAT ANIMASI INDONESIA ... emoticon-2 Jempol
0
17.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan